Perkuat Layanan, Kemenag Berangkatkan Gelombang Terakhir Petugas Haji
News

Perkuat Layanan, Kemenag Berangkatkan Gelombang Terakhir Petugas Haji

1 Mins read

IBTimes.ID – Kementerian Agama RI berangkatkan Petugas haji gelombang terakhir ke Arab Saudi, Minggu (19/6/2022) malam.

Gelombang terakhir petugas haji kali ini terdiri dari 156 orang yang nantinya akan memperkuat Petugas Haji Indonesia yang telah lebih dahulu berada di tanah suci.

“Mereka ini akan memperkuat tim di tiga wilayah yang sebelumnya telah berangkat, Jedah, Mekkah dan Madinah,” kata Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kementerian Agama, Prof Hilman Latief, usai melepas keberangkatan petugas di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Minggu (19/6/2022) malam.

Dari 156 petugas, sebanyak 80 orang ditugaskan di Mekkah, 16 orang di Jeddah, dan 60 orang di Madinah.

Adapun petugas sektor Mekkah dan Jeddah berangkat Minggu malam, sementara petugas Madinah direncanakan menyusul pada Senin (20/6/2022) pagi.

Mereka akan bertugas di sejumlah sektor, mulai membantu jemaah di bidang akomodasi, transportasi, katering, administrasi umum, sampai mengabarkan informasi dan edukasi seputar ibadah haji.

“Kita memang berangkatkan tidak dalam satu waktu, karena jemaah kan juga belum di sana semua. Bergiliran datang mengalir dan memperkuat,” kata Hilman.

Hilman mengatakan, meski tahun ini jumlah kuota jemaah berkurang, tapi ada sejumlah fasilitas yang diterima jemaah mengalami penambahan.

“Misalnya katering, sekarang makan 3 kali sehari, sebelumnya hanya dua kali. Rotasi makanan menjadi lebih padat, sehingga ini tentu memerlukan tenaga yang lebih juga di sana,” ujar Hilman.

Pada tahun ini, Indonesia memberangkatkan sekitar 100 ribu jamaah. Sementara, petugas haji yang diberangkatkan sekitar 1.900 orang.

Mantan Wakil Rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta ini mengingatkan agar petugas yang diberangkatkan bisa menjaga nama baik Indonesia.

“Anda semua ditugaskan melayani jemaah, jadi layanilah jemaah dengan baik. Harus siap menerima komplain, dan harus siap menindaklanjutinya,” kata dia.

Baca Juga  Imbauan bagi Jamaah Haji Indonesia di Makkah dan Madinah

Reporter: Yusuf

Print Friendly, PDF & Email
778 posts

About author
IBTimes.ID - Cerdas Berislam. Media Islam Wasathiyah yang mencerahkan
Articles
Related posts
News

Syeikh Yusuf Qardhawi Meninggal Dunia

1 Mins read
IBTimes.ID – Ulama besar asal Mesir Yusuf Qardhawi meninggal dunia, Senin (26/9/2022). Dilansir dari Arrahmah, kabar tersebut dirilis di akun Facebook milik…
News

KH Jeje Zaenudin Terpilih sebagai Ketua Umum Pimpinan Pusat Persis

1 Mins read
IBTimes.ID – KH. Dr. Jeje Zaenudin terpilih sebagai Ketua Umum Pimpinan Pusat Persatuan Islam (Persis) masa jihad 2022-2027 di Muktamar Persis ke-XVI….
News

Muktamar Pemikiran Buya Syafii Maarif Akan Digelar di Bulan November 2022

3 Mins read
IBTimes.ID – Maarif Institute akan menggelar Festival Pemikiran Ahmad Syafii Maarif (ASM) selama delapan bulan ke depan, Oktober 2022-Mei 2023.  Direktur Program Maarif…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.