Qarana dalam Al-Qur’an: Waspadai Cocokologi Menyesatkan!

 Qarana dalam Al-Qur’an: Waspadai Cocokologi Menyesatkan!
Sumber Foto: BBC            

Hari ini saya menjumpai satu tulisan di grup berwibawa yang di-upload oleh anggota grup. Karena tulisan itu menyesatkan saya pun tuliskan koreksi. Dua jam kemudian, saya diberitahu istri saya bahwa tulisan itu pun ada di grup alumni pesantrennya. Saya tambah kaget bahwa tulisan itu muncul di Grup Alumni S-2 perguruan swasta terbaik di Yogyakarta.

Memperhatikan kemungkinan tersebarnya tulisan tersebut secara meluas berikut bagian dari tulisan tersebut diikuti dengan koreksi yang saya tulis.

——————–

“MASYA ALLAH INIKAH ARTI QORONA DALAM ALQUR’AN??

Ini ada di surat al Ahzab ayat 33.

Silahkan dibuka bagi yg tidak berhalangan

Saya jadi penasaran dengan arti Qarana, saya sengaja membuka kamus al-Qur’an. Saya dapati lafald Qarana (قَرْنَ) ada di QS. Al Ahzaab: 33. Saya jadi tercengang ketika melihat potongan ayat tersebut.

وَقَرْنَ فِيْ بُيُوْتِكُنَّ وَلَا تَبَرَّجْنَ تَبَرُّجَ الْجَاهِلِيَّةِ الْاُوْلٰى وَاَقِمْنَ الصَّلٰوةَ وَاٰتِيْنَ الزَّكٰوةَ وَاَطِعْنَ اللّٰهَ وَرَسُوْلَهٗ ۗاِنَّمَا يُرِيْدُ اللّٰهُ لِيُذْهِبَ عَنْكُمُ الرِّجْسَ اَهْلَ الْبَيْتِ وَيُطَهِّرَكُمْ تَطْهِيْرًاۚ – ٣٣

Dan hendaklah kamu tetap di rumahmu dan janganlah kamu berhias dan (bertingkah laku) seperti orang-orang jahiliah dahulu, dan laksanakanlah salat, tunaikanlah zakat dan taatilah Allah dan Rasul-Nya. Sesungguhnya Allah bermaksud hendak menghilangkan dosa dari kamu, wahai ahlulbait dan membersihkan kamu sebersih-bersihnya

Pesannya sangat jelas bahwa lafadz Qarana mengandung arti perintah untuk tinggal. Tinggalnya dimana? Dirumah-rumahmu, di keluargamu, karena kata Nabi rumahku adalah sorgaku. Rumah kalian adalah sorga kalian semua…”

——————————

𝐓𝐚𝐧𝐠𝐠𝐚𝐩𝐚𝐧:

Pertama, tulisan seperti di atas tidak akan muncul kala dulu penulis belajar ilmu tashrif, sehingga bisa bedakan antara tsulatsi mujarrad قرن (qarana) dengan وقر (waqara). Kesalahan mendasar dan pun terjadi ketika penulis menghilangkan huruf “wawu” untuk fi’il waqarna (وقرن). Sehingga terbaca qarna bukan qarana. Padahal sesuai klaimnya, dia merujuk kamus Al-Qur’an.

Baca Juga  Bom Waktu PDB

Kedua, pada kata kerja قرن huruf “nun” itu adalah lam fi’il. Sedangkan pada kata kerja وقرن huruf nun itu jadi fail dari kata kerja perintahnya. Nun di akhir itu fail muannats mukhathabah untu yang kalau dikongkritkan dalam kata ganti yang menyendiri jadi انتن. Dengan demikian Huruf wawu itu fa fiil, qaf ain fiil ra lam fiil وقر itu bermakna tinggal di rumah. To sit gravely at home.

Ketiga, sedangkan قرن itu artinya mengikat, menyatukan. Kata قرينة itu istilah lain untuk istri (زوجة) karena istri selalu menyatu dengan suaminya. Sedangkan kata قرين itu entitas jin yang selalu menemani setiap orang.

Demikian disampaikan untuk menjadi pelajaran bersama. Moga bermanfaat.

Editor: Yahya FR

IBTimes.ID - Dihidupi oleh jaringan penulis dan editor yang memerlukan dukungan untuk bisa menerbitkan tulisan secara berkala. Agar kami bisa terus memproduksi artikel-artikel keislaman yang mencerahkan, silakan sisihkan sedikit donasi untuk keberlangsungan kami.

Transfer Donasi ke
Mandiri 137-00-5556665-3
A.n Litera Cahaya Bangsa

Wawan Gunawan Abdul Wahid

Wawan Gunawan Abdul Wahid

Devisi Fatwa Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah

Related post

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *