Feature

Samudera Keilmuan Gus Dur

3 Mins read

Keilmuan Gus Dur I Para ulama identik dengan keilmuan, secara hirarkis ulama merupakan pewaris para Nabi. Dalam salah satu hadis Nabi dikatakan bahwa, ulama itu adalah pewaris para Nabi. Secara keilmuan, para ulama mewarisi keilmuan dari para Nabi dan para sahabat Nabi. Semangat dalam mengais ilmu para ulama tidak pernah surut dalam kehidupannya.

Semangat dalam pencarian ilmu, para ulama itulah yang menjadikan peradaban Islam masa lalu sangat maju. Suatu peradaban keilmuan dan kualitas keimanan yang menjadi usungan para cerdik cendekia pada masa itu.

Prof Syafi’i Ma’arif yang akrab dipanggil Buya Syafi’i menyebut, peradaban fikri dan dzikir. Kedua model peradaban ini adalah model peradaban yang tahan banting dengan sejarah. Dengan menjadikan kedua model peradaban ini sebagai basis dalam membangun masyarakat, niscaya akan bertahan dan maju. Seperti yang kita lihat dalam peradaban masa kejayaan Islam masa lalu.

Dalam konteks keindonesiaan, peran ulama dalam membangun peradaban keilmuan. Mereka senantiasa berada di garda terdepan dalam memajukan model peradaban, seperti diwariskan oleh ulama-ulama terdahulu.

Setidaknya ada dua organisasi Islam yang banyak memberikan kontribusi terhadap kemajuan keilmuan di Indonesia, yaitu NU dan Muhammadiyah. Di samping juga ada organisasi yang lain di luar kedua organisasi tersebut.

Kedua pemimpin organisasi tersebut, NU dan Muhammadiyah adalah ulama besar yang banyak mewarnai pemahaman keislaman di Indonesia. Di antaranya adalah Gus Dur panggilan akrab KH Abdurrahman Wahid, dan Buya Syafii panggilan akrab Prof Dr Syafi’i Ma’arif, dan ulama-ulama atau cendekiawan-cendekiawan lainnya yang dimiliki kedua organisasi tersebut.

Di antara ulama dan cendekiawan yang paling familiar di NU yaitu Gus Dur. Banyak sebutan yang disandang atau disematkan kepada seorang Gus Dur. Ada yang menyebut Kyai, Ulama, Cendekiawan, Politikus, Budayawan, Seniman, Pengamat Bola, Sastrawan, Tokoh Kontroversial dan sebutan-sebutan lainnya.

Baca Juga  Sharing is Caring: Cerita Tentang #DiRumahAja

Label-label itu ada semuanya ada dalam diri seorang Gus Dur. Sosok seorang ulama tradisional karena penguasaannya terhadap kitab-kitab klasik yang menjadi rujukan di pesantren-pesantren tradisional.

Gus Dur lahir di pesantren tradisional dan besar dalam pergumulan dengan kitab kuning yang menjadi dasar keilmuan pesantren-pesantren tradisional. Pengembaraan Gus Dur dari satu pesantren ke pesantren yang lain adalah untuk menambah keilmuan yang ada di pesantren, karena antara satu pesantren dengan pesantren lainnya ada kesamaan dan ada perbedaan orientasi.

Hampir seluruh pesantren-pesantren tradisional punya kurikulum yang sama khususnya pembacaan kitab-kitab klasik seperti ilmu tata bahasa Arab, fiqh, hadis, ushul fiqh, tafsir. Itu adalah ilmu-ilmu dasar yang menjadi kurikulum inti dari pesantren tradisional dengan tetap menjadikan referensi atau rujukan oleh para pimpinan pesantren tradisional.

Disinilah yang menjadi kekuatan alumni-alumni pesantren tradisional karena sangat terbiasa dengan pembacaan kitab-kitab klasik. Kelebihan yang dimiliki oleh seorang Gus Dur di samping penguasaan dengan referensi kitab-kitab klasik, ia juga sangat familiar dengan ilmu-ilmu sosial modern.

Gus Dur dikenal sangat kuat daya bacanya sejak di pesantren sampai pengembaraan intelektualnya ke luar negeri. Dia tidak hanya mengkonsumsi buku-buku yang berbau agama, tetapi buku-buku filsafat, sastra, seni, politik, budaya, dia baca. Itu yang menjadi orientasinya ketika berada di Mesir dan Irak sewaktu menuntut ilmu di sana.

Di Mesir, Gus Dur lebih banyak menghabiskan waktunya di perpustakaan. Daya otodidak dalam belajar sangat kuat dalam diri Gus Dur. Setelah merasa cukup di Mesir, Gus Dur lalu pindah ke Baghdad. Salah satu kota yang dikenal sebagai pusat keilmuan pada waktu itu. Baghdad dikenal dalam sejarah sebagai pusat peradaban Islam pada masa Bani Abbasiyah, dan mengalami kehancuran karena diserbu oleh tentara Mongol.

Baca Juga  Mufassir Asal Suriah, Syekh Ali Ash-Shabuni Wafat

Apa yang dilakukan Gus Dur di pusat peradaban itu adalah sama ketika berada di Mesir. Ia memanfaatkan waktu yang sangat berharga untuk mendalami sejarah peradaban Islam, khususnya kajian kesusasteraan Arab dan sejarah peradaban dunia.

Secara formal, Gus Dur tidak menyelesaikan studi di perguruan tinggi seperti yang dilakukan oleh teman-temannya. Tapi dia lebih tertarik mendalami keilmuan secara bebas lewat pembelajaran otodidak dan memanfaatkan daya kuat pembacaannya terhadap sesuatu ilmu.

Itu adalah modal  besar yang dimiliki oleh Gus Dur, karena tidak pernah kendor dalam pengkajian keilmuan. Suatu warisan dari ulama-ulama terdahulu dalam semangat untuk memperdalam suatu keilmuan. Dalam pencarian ilmu yang merupakan warisan dari berbagai ulama klasik pada zaman dulu, mereka melakukan perjalanan beratus-ratus kilometer hanya untuk menambah pundi-pundi keilmuan yang mereka miliki.

Warisan keilmuan yang telah diwariskan oleh para ulama terdahulu itu telah diteladankan kepada generasi kita pada hari ini. Kontinuitas keilmuan dari generasi ke generasi terus bersambung tanpa terputus sampai hari ini. Semangat tetap dipertahankan dalam proses pencarian ilmu, namun ada perbedaan-perbedaan cara atau metode yang ditempuh oleh pencari ilmu atau proses intelektual dalam menempuh pencarian ilmu. Suatu ironi bilamana ulama-ulama atau cendekiawan-cendekiawan hari ini mengalami stagnan dalam proses melahirkan karya-karya keilmuan.

Fasilitas-fasilitas dalam menciptakan karya tulis pada masa lalu itu sangat terbatas. Namun dalam realitas, mereka tidak terkendala dengan fasilitas yang minim. Justru mereka dapat berkarya dengan fasilitas yang sangat terbatas. Dibandingkan dengan hari ini, kita dimanjakan oleh banyak fasilitas untuk dapat menghasilkan karya yang lebih produktif, namun kita tidak gunakan peluang yang begitu terbuka bagi kita.

Gus Dur bukan hanya mahir dalam menghasilkan karya tulis. Semasa pulang dari Timur Tengah, Gus Dur banyak melakukan aktivitas dalam dunia tulis menulis. Di samping itu, ia juga sangat piawai dalam memberikan fasilitas kemanusiaan terhadap berbagai kelompok yang  butuh terhadap pendampingan kemanusiaan.

Baca Juga  Warga Muhammadiyah Tidak Lucu dan Itu Sah-sah Saja

Dalam pergaulan sosial kemanusiaan, Gus Dur sangat aktif dalam memberikan bantuan pendampingan terhadap kelompok-kelompok pinggiran yang mengalami rasa ketidakadilan di tengah-tengah komunitas kebangsaan.

Itulah Gus Dur, suatu model atau prototipe yang multidimensi. Manusia langka yang dibutuhkan kiprahnya dalam memberikan bantuan yang solutif terhadap negara atau bangsa yang majemuk ini. Gus Dur telah meneladankan kepada kita semua, saatnya kita melanjutkan.

Editor: Soleh

Avatar
40 posts

About author
Kepala Madrasah Aliyah Nuhiyah Pambusuang, Sulawesi Barat.
Articles
Related posts
Feature

Rakernas dan Dinamika Dunia Wakaf

4 Mins read
Jogja, Jumat 1 November 2024. Pukul 05.30 pagi dengan sebuah mobil dari Ringrud Selatan Jogja kami menuju Kartasura. Di perjalanan ikut bergabung…
Feature

Perkuat Toleransi Sejak Dini: Cerita Pesantren Muhammadiyah Terima Kunjungan SMA Kristen

2 Mins read
Kunjungan studi yang dilakukan oleh para siswa Sekolah Kanisius Jakarta ke pesantren Muhammadiyah Al-Furqon, sejak Rabu, 30/10/2024 sampai Jum’at, 1/11/2024 merupakan sebuah…
Feature

Tasawuf di Muhammadiyah (1): Lahirnya Neo-Sufisme

4 Mins read
Ketika mendiskusikan tasawuf di Muhammadiyah, maka yang dibicarakan adalah tasawuf bentuk baru atau Neo-Sufisme. Muhammadiyah sendiri—dalam hal ini tokoh-tokohnya—tidak menolak sepenuhnya tentang…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This will close in 0 seconds