Siapakah Orang yang Paling Mulia? - IBTimes.ID
Report

Siapakah Orang yang Paling Mulia?

1 Mins read

Setiap manusia pasti saling berlomba untuk mencapai derajat yang mulia, atau minimal ingin disebut mulia oleh orang lain. Lantas, seperti apa orang yang mulia itu? Berikut ulasan Ustadz Hamim Ilyas dalam mendefinisikan orang yang mulia.

Orang yang Paling Mulia, Orang yang Paling Bertakwa

Orang yang paling mulia adalah orang yang paling bertakwa (al-Hujurat, 49: 13). Dan orang yang paling bertakwa adalah orang yang mendermakan hartanya untuk membersihkan sampai menjadi bersih (yatazakka) (al-Lail, 92: 17-18)

Al-Lail tidak menyebutkan obyek yang dibersihkan sampai menjadi bersih. Tidak ada penyebutan ini menunjukkan bahwa cakupan obyek luas (‘adamu dzikril maf’uli bih yadullu ‘alal ‘umum).

Keluasaan cakupan obyek menurut Imam Ibnu Katsir meliputi “membersihkan sampai menjadi besih”:

1. Dirinya (nafsahu) bersih “dari kufur nikmah, kikir, sombong, malas, pesimis, egois dan sifat-sifat tercela lain.”

2. Hartanya (malahu) bersih dari “hak-hak pihak lain yang melekat padanya (hak-hak fakir, miskin, ibnus sabil, publik, dan lain-lain)”

3. Agamanya (ma atahu Allah min din) bersih dari “kedustaan berupa menerlantarkan anak yatim dan orang miskin (dlu’afa’ dan mustadl’afin) (surah Al-Ma’un)”

4. Dunianya (wa dunyan). Penyenggaraan kehidupan dunia misalnya:

Penyelenggaraan pendidikan bersih dari ilmu yang tidak meninggikan derajat semua bidang kehidupan (al-Mujadilah, 58: 11) dan tidak mengembangkan spiritualitas khasyyatullah (Fathir, 35: 28)

Penyelenggaraan negara bersih dari ketidakadilan, ketidakmakmuran, pencemaran/kerusakan lingkungan hidup, dan kejahatan yang tidak terkendali (baldatun thayyibatun wa Rabbun Ghafur)

Mewujudkan masyarakat bersih dari kebodohon, kemiskinan dan keterbelakangan (ummatan wasatha)

Semoga kita termasuk orang yang paling mulia dengan menjadi orang yang paling bertakwa melalui kedermawanan untuk kegunaan-kegunaan di atas. Amin.

Editor: Yusuf

Baca Juga  Enam Gaya Pemimpin Modern
Hamim Ilyas orang mulia
Redaksi
185 posts

About author
IBTimes.ID - Cerdas Berislam. Media Islam Wasathiyah yang mencerahkan
Articles
Related posts
Report

Investigasi: Kegiatan Bawah Tanah Eks HTI di UNESA Pasca Pembubaran

4 Mins read
Masuknya era reformasi pada tahun 1998 ternyata membuat organisasi masyarakat (Ormas) Islam semakin bangkit untuk muncul ke permukaan dengan lebih terbuka. Pada…
Report

Haedar Nashir: Duka Cita untuk Jalaluddin Rakhmat

1 Mins read
IBTimes.ID – Ketua Umum PP Muhammadiyah, Prof Haedar Nashir, menyampaikan duka cita atas meninggalnya Cendekiawan Muslim, Dr H Jalaluddin Rakhmat, M.Sc., pada hari Senin…
Report

Kang Jalal, Ulama Syiah Indonesia Wafat

1 Mins read
IBTimes.ID -Cendekiawan Muslim Jalaluddin Rakhmat (71 tahun) dilaporkan wafat di Rumah Sakit Santosa Internasional Bandung pada Senin (15/2) pukul 15.45 WIB. dilansir…

Tinggalkan Balasan

Mari Kolaborasi
Mari Berkolaborasi bersama kami "IBTimes.ID - Cerdas Berislam" dan para kontributor lainnya untuk memproduksi narasi Islam yang mencerahkan.
Donasi dapat melalui Bank Mandiri 137-00-5556665-3 a.n Litera Cahaya Bangsa