SMAMIO GKB: Potret Sekolah Berkemajuan - IBTimes.ID
Wawancara

SMAMIO GKB: Potret Sekolah Berkemajuan

3 Mins read

Interview Isa Iskandar

Baru-baru ini, kami mendengar kabar bahwa Majelis Dikdasmen Pimpinan Cabang Muhammadiyah Gresik Kota Baru (PCM GKB) sedang merintis sekolah baru. Dalam  tempo waktu tiga tahun berjalan, dan belum pernah meluluskan siswa, Muhammadiyah 10 GKB yang dikenal dengan SMAMIO mampu memiliki gedung yang megah dan indah, serta mendapatkan “Akreditasi A”.

Sebelumnya Majelis Dikdasmen GKB telah sukses melahirkan Sekolah Berkemajuan yang diminati oleh masyarakat, terutama kelas menengah urban, mulai dari SD Muhammadiyah GKB Plus, SMP Muhammadiyah 12 GKB, SD Muhammadiyah GKB 2, dan terahir SMAMIO. Karena itu redaksi islamberkemajuan.id kali ini mewawancarai Bapak Isa Iskandar selaku Kepala Sekolah, sebagai tokoh penting dalam kesuksesan sekolah ini. Berikut adalah wawancara kami!

Sejak kapan dan berapa lama Bapak berkecimpung dalam pendidikan Muhammadiyah GKB?

Sejak tahun 2001, dalam proses sebelum sekolah didirikan dan dilanjut menjadi waka kurikulum 2001, tahun  2002 sebagai kepala sekolah SMP Muhammadiyah 12 GKB Gresik selama 2 periode berturut-turut. Saya harus patuh pada sistem manajeman kepemimpinan, bahwa 2 periode selesai. Saya lanjut menjadi Litbang 3 Sekolah (SDM GKB 1, SD GKB 2 dan SMP Muhammadiyah 12 GKB, sekaligus selama 2 tahun Saya melanjutkan studi S2 di UNESA Jurusan Teknologi Pendidikan, dan tahun 2011-2015 Saya kembali menjadi Kepala Sekolah di SMP Muhammadiyah 12 GKB, dan sejak 2015 mejadi Kepala Sekolah di SMA Muhammadiyah 10 GKB. (SMAMIO).

Apa yang membuat Bapak bertahan dan terus berjuang memajukan pendidikan di Muhammadiyah GKB?

Pendidikan itu dakwah pencerahan. Selama manusia lahir dan hidup membutuhkan asupan pendidikan. Muhammadiyah GKB memiliki manajemen yang unik dalam mengelola pendidikan dan ini sangat cocok dengan gaya saya, dimana manajemen yang selalu update dan mengikuti kebutuhan organisasi. Selalu ada ruang untuk improve belajar baik secara formal atau non-formal dalam bentuk training atau workshop.

Menurut Bapak, apa yang membuat pendidikan Muhammadiyah GKB begitu diminati oleh masyarakat?

Pendidikan itu jasa dan jasa bertumpu pada kekuatan service. Pendidikan di Muhammadiyah GKB itu mengedepankan  service (melayani) kebutuhan masyarakat. Dalam arti yang luas bisa dalam bentuk: (1) Al-Islam yang mengajarkan sumber Alqur’an dan Sunnah, pembiasaan-pembiasaan positif, hafalan Alqur’an dll; (2) Kurikulum, berupa ketuntasan materi belajar dan penguatan persiapan memasuki Perguruan Tinggi.

Baca Juga  Wahhabisme dan Muhammadiyah: Mengurai Titik Beda

Apa keunikan pendidikan khas Muhammadiyah GKB?

Sinergi empat sekolah yaitu  SDM GKB 1, SDM GKB 2, SMPM 12 dan SMAM 10 GKB untuk saling menguatkan dan menebar semangat kemajuan. Dengan sinergi kita akan meraih kesuksesan bersama, saling melengkapi dan mendorong kemajuan institusi pendidikan.

Apa yang melatar belakangi berdirinya Muhammadiyah GKB, mendirikan SMAMIO?

Pendirian SMAMIO sesuai dengan amanah dalam Rapat Kerja (Raker) PCM GKB. Karena Majelis Dikdasmen PCM GKB sudah memiliki sekolah level SD-SMP yang diminati masyarakat, maka dirasa perlu karena dorongan dan tuntutan masyarakat untuk mendirikan SMA sebagai kelanjutannya.

Bagaimana Bapak merintis sekolah ini? Apa saja langkah-langkah yang ditempuh sehingga bisa maju dengan cepat?

Tentu yang paling utama adalah niat yang benar dan diwujudkan dengan kesungguhan perbuatan. Melakukan sinergi yang baik antar sekolah dengan Majelis Dikdasmen serta mesolidkan antara Kepala Sekolah, Waka dan Guru. Hal yang tak kalah penting adalah perencanaan dalam (Rencana Kerja dan Anggaran Sekolah (RKAS) yang SMART dan disetujui oleh Dikdasmen. Kita harus kreatif, update selalu ada yang baru, adaptif dalam menghadapi perubahan-perubahan dari luar.

Kita membangun deferensiasi yang sesuai dengan visi Muhammadiyah dan kebutuhan pelanggan, dalam hal ini adalah orang tua. Guru sebagai motor penggerak harus loyal, cerdas dan kreatif, dibentuk dengan berbagai strategi melalui training, workshop, gathering dan kajian ideologi Muhamadiyah. Selanjutnya yang juga penting adalah mengelola kehebatan dan keunikan siswa sesuai dengan keberbakatannya.

Apa ciri khas dan keunggulan SMAMIO? Apa saja program-program unggulan sekolah ini?

Pertama, Al-Islam, seperti: Tahfidz, Spiritual Jurney, KM3 (Kader Mubaligh Muda Muhammadiyah) sekarang 7 siswa sudah khutbah Jum’at di masjid masyarakat, Spiritual Motivation, Religion Day, Pembiasaan Sholat Berjamaah dan Dhuha Bersama.

Baca Juga  Azyumardi Azra: Pancasila Ideologi Ramah Agama

Kedua, Inspiration Class, seperti: Public Speaking, Musik, Robotik, Software Rekayasa, Cooking, Jurnalistik, Psikologi Club dll.

Ketiga, kami telah membangun networking dalam bentuk MoU dengan PTN seperti: Institute Sepuluh November (ITS), Universitas Brawijaya Malang (UB), UNESA Surabaya, UMSida Sidoarjo. Untuk memperkuat ini, kami melakukan program Visit Kampus ke ITS Surabaya, UB Malang, UNAIR Surabaya, UI Jakarta, ITB, UGM Yogyakarta, UNS Surakarta, UNPAD, UMM Malang, UNY Yogyakarta, NUS Singapura, IIUM Malaysia dll.

Keempat, Guest Teacher, biasanya kami mengundang dari dosen-dosen senior dan praktisi untuk update keilmuan dan pengalaman dll, serta Sharing Nigh kami hadirkan mahasiswa sukses dari Perguruan Tinggi ternama untuk memberikan inspirasi dan motivasi kepada siswa.

Kelima, CR -10 (Creative Research 10), dan Busines Center

Lalu, bagaimana SMAMIO bisa meraih akreditasi A padahal masih sangat baru, dan belum meluluskan siswa, bisakah Bapak memberikan tips-tips supaya menjadi inspirasi sekolah-sekolah lain?

Kita melakukan kerja keras berbasis sistem, artinya bekerja tidak asal-asalan. Kita tidak menunda-nunda khususnya masalah administrasi, karena biasanya sering kita bilang “sebentar”, akhirnya administrasi menumpuk. Selanjutnya, gunakan teknologi untuk akses kemudahan, misalnya dokumen digital, mobil learning, dll.

Oh ya di SMAMIO punya koordinator PSMPM (Pengembangan Sistem managemen dan Penjaminan mutu) yang selalu uptodate dengan kebutuhan manajemen ISO dan Akreditasi.

Oh ya, apa modal SMAMIO sehingga pencaya diri dengan optimis bersaing dengan sekolah-sekolah lain?

Yang jelas SDM yang loyal dan kreatif sangat penting. Kemudian pelanggan/ orang tua yang loyal, sehingga ketika Penerimaan Peserta Didik Baru  (PPDB) SMAMIO menjadi pilihan  masyarakat. SMAMIO memiliki tim adaptif, kami tidak menunggu perubahan, tetapi menjemput perubahan. Ini mungkin yang dimaksud “Islam berkemajuan” oleh Muhammadiyah. Kuncinya adalah semangat, kompak, tidak pernah merasa puas karena itu kami terus belajar, sehingga mampu memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan: masyarakat.

Baca Juga  Hilman Latief: Akuntabilitas Lembaga Filantropi Islam
Avatar
1023 posts

About author
IBTimes.ID - Cerdas Berislam. Media Islam Wasathiyah yang mencerahkan
Articles
Related posts
Wawancara

Zakiyuddin Baidhawy: Tips IJIMS IAIN Salatiga Menjadi Jurnal Terindeks Scopus Q1 di SJR

5 Mins read
IJIMS (Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies) adalah jurnal di Program Pasca Sarjana IAIN Salatiga. Untuk saat ini, IJIMS telah terindeks…
Wawancara

Kebangkitan Konservatisme Islam: dari Spiritualisasi Islam ke Politisasi Islam

4 Mins read
Aksi 212 masih menjadi sorotan bagi kalangan peneliti dan akademisi, baik di dalam maupun luar negeri. Beragam teori muncul untuk menjelaskan bagaimana…
Wawancara

KOKAM dan BANSER: Bangkitnya Milisia Islam?

3 Mins read
Sejak awal Pilpres 2014 hingga puncaknya pada aksi 212, barisan KOKAM dan BANSER tampak solid dengan sikap responsif terhadap isu-isu politik yang…

Tinggalkan Balasan

Mari Kolaborasi
Mari Berkolaborasi bersama kami "IBTimes.ID - Cerdas Berislam" dan para kontributor lainnya untuk memproduksi narasi Islam yang mencerahkan.
Donasi dapat melalui Bank Mandiri 137-00-5556665-3 a.n Litera Cahaya Bangsa