Tajdida

Surat-menyurat Dua Tokoh Muda NU-Muhammadiyah

2 Mins read

Berbeda organisasi dan pemahaman merupakan hal biasa bagi tokoh-tokoh umat Islam pada masa lalu. Berdebat terbuka atau polemik di surat kabar mereka lakukan tanpa mengurangi kehangatan saat bertemu di satu kesempatan. Ada yang lebih tinggi dari organisasi yaitu ukhuwah islamiyah.

Ada kisah saling menghormati antara tokoh NU dan Muhammadiyah, yaitu antara KH Idham Chalid (pernah Ketum PBNU) dan Haji Abdul Malik Karim Amrullah yang dikenal Buya Hamka.

Konon kedua tokoh itu pernah berjamaah salat Subuh. Kiai Idham menjadi imam. Meskipun ia orang NU, memilih tidak membaca qunut karena jemaah di belakangnya ada Buya Hamka. Sebaliknya, ketika Buya Hamka menjadi imam salat Subuh, ia justru membaca qunut.

Jauh sebelumnya, di tahun 1940, saat menjadi pengarang Pedoman Islam di Medan, Buya Hamka juga mengapresiasi pandangan Ketua Umum Hoopdbestuur Nahdlatoel Oelama KH Mahfudz Shiddiq tentang ijtihad dan taqlid. Apresiasi itu disampaikannya dalam bentuk surat.

Berikut surat Buya Hamka untuk kiai asal Jember tersebut yang dimuat Berita Nahdlatoel Oelama No 17 tahun 9 edisi 4 Juli 1940 dengan ejaan yang disesuaikan:

Isi Surat Buya Hamka

YTH K. Mahfudz Shiddiq

Assalamau’alaikum wr.wb.

Karangan kiai yang akhir, ijtihad dan taqlid sudah saya terima, dan saya baca isinya dengan teliti. Setelah saya baca dan banding, dalam garis besarnya, boleh dikatakan bersamaan paham kita dalam hal ini. Karena menyatakan paham sebagai paham kiai inilah, maka saya mendapatkan pukulan dari kiri dan kanan sehingga dituduh tidak “kaum muda” lagi.

Moga-moga karangan kiai ini tersiarlah sebanyak-banyaknya dalam kalangan umat kita sehingga tidak terdapat lagi ifrath demikian juga tafrith di dalam memahamkan agama.

Kalau tidak ada halangan insya Allah akan saya bicarakan (resensi) di dalam Pedoman Islam. Sambutlah salam saya.

Wassalam

H. Abdulmalik K.A.

Pengarang Pedoman Islam di Medan

Mereka kemudian mengarahkan sasarannya kepada tradisi umat Islam Nusantara yang telah berkembang berabad-abad. Istilah bidah, kolot, tradisional, tua pun mulai dilekatkan untuk membedakan dengan mereka yang mengklaim murni, baru, modern, dan muda. Jargon mereka, kembali ke Al-Qur’an dan hadis.

Baca Juga  107 Tahun Muhammadiyah: Mendesak Hadirnya Kesadaran Ekologis dan Ontologis

Sasaran itu tiada lain diarahkan kepada NU sebab dengan tegas di AD/ART NU menyebutkan sebagai kalangan yang bermazhab bepegang kepada salah satu dari empat mazhab.

Tentu saja ulama-ulama NU mempraktikkan bermazhab itu bukan tanpa dalil dari Al-Qur’an dan hadis juga. Diserang oleh kalangan lain, para kiai NU mengemukakan argumentasi-argumentasinya. Salah satunya dalam majalah Berita Nahdlatoel Oelama.

KH Mahfudz Shiddiq, yang pada musa mudanya pernah nyantri dari Mekkah dan Tebuireng tampil sebagai pembela bermazhab dengan mengupas ijtihad dan taqild di majalah itu.

Penulis: Abdullah Alawi
Selengkapnya, klik di sini
Editor: Yahya FR
Avatar
1005 posts

About author
IBTimes.ID - Cerdas Berislam. Media Islam Wasathiyah yang mencerahkan
Articles
Related posts
Tajdida

Islam Berkemajuan: Agar Umat Bangkit dari Kemunduran

7 Mins read
Islam Indonesia: Berkemajuan tapi Pinggiran Pada 2015 terjadi dua Muktamar mahapenting: (1) Muktamar Islam Nusantara milik Nahdlatul Ulama, (2) Muktamar Islam Berkemajuan…
Tajdida

Ketika Muhammadiyah Berbicara Ekologi

4 Mins read
Apabila dicermati secara mendalam, telah terjadi degradasi nilai-nilai manusia, nampakyna fungsi utama manusia sebagai khalifah fil ardh penjaga bumi ini tidak nampak…
Tajdida

Siapa Generasi Z Muhammadiyah Itu?

3 Mins read
Dari semua rangkaian kajian dan dialog mengenai Muhammadiyah di masa depan, agaknya masih minim yang membahas mengenai masa depan generasi Z Muhammadiyah….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *