Inilah Empat Wanita Ahli Surga! - IBTimes.ID
Perspektif

Inilah Empat Wanita Ahli Surga!

3 Mins read

Wanita Inspiratif

Wanita Ahli Surga – Jika berbicara mengenai wanita yang inspiratif, tentu sangat banyak sekali wanita yang inspiratif di dunia ini. Tidak hanya di zaman modern, tetapi juga di zaman Rasulullah Saw atau di zaman sebelumnya.

Dalam Islam, disebutkan ada empat wanita yang tak hanya inspiratif, tetapi empat wanita ini juga dijamin Allah Swt. Menjadi ahli surga. Hal ini disebutkan dalam hadis riwayat dari sayyidatina ‘Aisyah RA menyebut bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Pemuka wanita surga ada empat, yaitu; Maryam binti Imran, Fatimah binti Rasulullah, Khadijah binti Khuwailid dan Asiyah”.

Hadis ini diyakini sahih dan diakui kebenarannya. Lantas, siapa saja wanita inspiratif yang sekaligus ahli surga?

Wanita Ahli Surga (1): Maryam

Maryam adalah tokoh wanita inspiratif yang hebat yang dijadikan ketua ahli surga umat Islam. Sampai-sampai terdapat surah dalam Al-Qur’an yang bernama surah Maryam. Maryam adalah anak dari Hannah binti Faqudz dan Imran. Kisah keluarganya juga dikisahkan dalam surah Al-Imran.

Maryam binti Imran atau yang sering umat muslim kena sebagai ibu dari Nabi Isa AS ini adalah sosok wanita yang sangat mulia. Beliau adalah sosok yang selalu menjaga harga dirinya dan taat beribadah kepada Allah Swt.

Karena kemuliaannya ini Allah menganugerahkan seorang bayi laki-laki (Nabi Isa AS) saat beliau masih gadis. Hal ini terdapat pada surat At-Tahrim ayat 12 yang berbunyi :

وَمَرْيَمَ ابْنَتَ عِمْرٰنَ الَّتِيْٓ اَحْصَنَتْ فَرْجَهَا فَنَفَخْنَا فِيْهِ مِنْ رُّوْحِنَا وَصَدَّقَتْ بِكَلِمٰتِ رَبِّهَا وَكُتُبِهٖ وَكَانَتْ مِنَ الْقٰنِتِيْنَ

Artinya: “Dan Maryam putri Imran yang memelihara kehormatannya, maka Kami tiupkan ke dalam rahimnya sebagian dari roh (ciptaan) Kami; dan dia membenarkan kalimat-kalimat Tuhannya dan kitab-kitab-Nya; dan dia termasuk orang-orang yang taat.”

Memang sangat tidak mungkin hamil tanpa seorang suami. Tetapi karena kekuasaan Allah, maka apa yang tidak mungkin bisa menjadi mungkin. Saat mengandung Nabi Isa AS adalah masa yang sulit bagi Maryam. Banyak sekali orang yang menggunjingnya.

Baca Juga  Mengapa Harus Lebanon?

Meski begitu, beliau sangat sabar, ikhlas, dan teap taat kepada Allah Swt. Dan saat Nabi Isa AS telah lahir, beliau mengasuh dan mendidik dengan baik dan penuh kesabaran. Karena kemuliaan, kesucian, dan ketaatannya kepada Allah, Maryam dicatat oleh Allah sebagai wanita ahli surga

Wanita Ahli Surga (2): Khadijah Binti Khawailid

Wanita kedua ahli surga adalah Khadijah binti Khawailid. Khadijah adalah istri pertama Rasulullah SAW. Khadijah hidup di zaman di mana kelahiran bayi wanita di anggap aib.

Namun tidak begitu dengan Khuwalid, keluarganya menyambut kelahiran Khadijah dengan sukacita. Walaupun Khadijah dilahirkan di tengah keluarga terpandang dan bergelimang harta, tidak membuat Khadijah menjadi sosok yang sombong. Justru keistimewaan Khadijah menjadikannya sosok yang rendah hati.

Keutamaan Khadijah binti Khuwailid adalah wanita teladan yang memenuhi kewajiban untuk taat kepada suaminya Nabi Muhammad Saw. Khadijah selalu mencari keridaan suaminya. Khadijah rela memberikan semua hartanya di jalan dakwah rasulullah dan senantiasa mendukung dan membenarkan apa yang di katakan dan menjadi wahyu Rasulullah meskipun orang lain mendustakannya.

Khadijah adalah wanita yang begitu mulia dan ia mau bersama-sama berjuang di jalan Allah bersama sang suami. Atas semua yang telah beliau lakukan, beliau dikatakan sebagai ahli surga. Bahkan malaikat Jibril pernah menyampaikan salamnya kepada Rasulullah untuk Khadijah dan mengatakan bahwa surga adalah tempat untuknya.

“Ya Rasulullah, Khadijah sebentar lagi akan datang membawa bejana berisi lauk, makanan atau minuman. Kalau ia sudah datang, sampaikan salam dari Allah dan dariku untuknya. Berikan kabar gembira, bahwa rumahnya kelak adalah surga.” (HR Bukhari dan Muslim).

Wanita Ahli Surga (3): Fatimah binti Rasulullah

Fatimah Az- Zahra adalah putri ke 4 Rasulullah. Ibunya adalah Khadijah binti Khuwalid. Beliau adalah seorang anak yang patut dan taat pada orang tuanya. Ia juga merupakan istri dari Ali Bin Abi Thalib yang tak lain adalah sahabat Rasulullah.

Baca Juga  Hanya Penulis Gengsian dan Nggak Kreatif yang Takut Miskin (Tanggapan untuk Wahyudi Akmaliah)

Fatimah adalah wanita yang sangat mulia. Sayyidah Fatimah Az-zahra sangat menjaga auratnya terhadap yang bukan mahrom. Selain itu, perilaku dan ucapannyan sama seperti Rasulullah. Aisyah pernah berkata, “Aku tidak pernah melihat seseorang yang perkataannya dan pembicaraannya yang menyerupai Rasulullah selain Fatimah”

Fatimah adalah anak yang paling dicintai Rasulullah sampai sampai beliau bersaba, “Fatimah adalah darah dagingku, apa yang menyusahkannya juga menyusahkanku dan apa yang mengganggunya juga menggangguku.”

Fatimah dikenal sebagai wanita muslim yang begitu sabar, penuh keimanan, cerdas, dan taat pada suami. Fatimah juga merupakan seorang wanita yang begitu mulia dan mampu menjaga cintanya dengan sangat baik untuk suaminya saja.

Saking mulia dan baiknya ia, kisah cinta Fatimah bersama suami menjadi kisah cinta yang begitu mengetuk hati dan menjadi kisah cinta paling romantis bagi umat muslim.

Wanita Ahli Surga (4): Asiyah

Wanita keempat yang menjadi ahli surga adalah Asiyah binti Muzahim adalah perempuan Bani Israil keturunan para nabi. Beliau adalah ibu dari Nabi Musa AS. Beliau juga istri Firaun, raja yang sangat kejam yang menyebut dirinya Tuhan.

Walaupun suaminya disebut sebagai Tuhan ia tetap pada pendiriannya untuk menyembah hanya kepada Allah SWT. Kisah asiyah dalam mempertahankan keimanannya diabadikan oleh allah dalam surat Tahrim ayat 11

وَضَرَبَ اللّٰهُ مَثَلًا لِّلَّذِيْنَ اٰمَنُوا امْرَاَتَ فِرْعَوْنَۘ اِذْ قَالَتْ رَبِّ ابْنِ لِيْ عِنْدَكَ بَيْتًا فِى الْجَنَّةِ وَنَجِّنِيْ مِنْ فِرْعَوْنَ وَعَمَلِهٖ وَنَجِّنِيْ مِنَ الْقَوْمِ الظّٰلِمِيْنَۙ

Artinya: “Dan allah membuat perumpamaan istri firaun bagi orang orang yang beriman, ketika ia berkata: Ya Allah, bangunkanlah aku rumah di sisimu dalam surga, dan selamatkan aku dari firaun dan perbuatannya, dan selamatkanlah aku dari kaum yang zhalim”.

Saat Firaun mengancam akan menyiksa dan membunuhnya jika ia tidak mau menyembah Firaun, Asiyah tetap teguh pada pendiriannya untuk menyembah Allah. Asiyah tetap yakin bahwa Allah adalah satu-satunya Tuhan yang patut ia sembah dan tak ada yang lain selainNya.

Baca Juga  Membela Agama, Membela Planet Bumi

Keteguhan Asiyah inilah yang akhirnya membuatnya tercatat sebagai wanita mukmin yang dijamin akan ditempatkan di sisi terbaikNya yakni surga.

Itulah para wanita inspiratif sekaligus wanita yang dijamin oleh Allah sebagai wanita ahli surga. Semoga bisa menjadi inspirasi untuk kita semua agar menjadi wanita yang mulia dan menjadi penghuni surga. Aamiin.

Editor: Rozy

Nur Laili Kiftiyah
1 posts

About author
Mahasiswi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Articles
Related posts
Perspektif

Inside Out: Diri Sendiri yang Nggak Sendirian

4 Mins read
Pernahkan pembaca sekalian mendengar ungkapan “be yourself” atau “ikuti kata hatimu”? Ternyata, ungkapan sederhana ini nggak sesederhana kedengarannya. Bukan karena kita sulit…
Perspektif

Bagaimana Cara Menjadi Kritis Sekaligus Humanis?

4 Mins read
Kritis adalah kata yang semakin sering kita dengar dalam beberapa waktu terakhir. Di media massa, dalam retorika politisi, pada ceramah guru, dan…
Perspektif

Masa Depan Rekomendasi Jakarta 1438/2017

3 Mins read
Rekomendasi Jakarta 1438/2017 – “𝘉𝘢𝘩𝘸𝘢 𝘳𝘦𝘬𝘰𝘮𝘦𝘯𝘥𝘢𝘴𝘪 𝘑𝘢𝘬𝘢𝘳𝘵𝘢 2017 𝘪𝘯𝘪 𝘱𝘢𝘥𝘢 𝘱𝘳𝘪𝘯𝘴𝘪𝘱𝘯𝘺𝘢 𝘮𝘦𝘳𝘶𝘱𝘢𝘬𝘢𝘯 𝘱𝘦𝘳𝘣𝘢𝘪𝘬𝘢𝘯 𝘥𝘢𝘯/𝘢𝘵𝘢𝘶 𝘱𝘦𝘯𝘺𝘦𝘮𝘱𝘶𝘳𝘯𝘢𝘢𝘯, 𝘴𝘦𝘳𝘵𝘢 𝘥𝘢𝘱𝘢𝘵 𝘮𝘦𝘯𝘫𝘢𝘥𝘪 𝘱𝘦𝘭𝘦𝘯𝘨𝘬𝘢𝘱 𝘬𝘳𝘪𝘵𝘦𝘳𝘪𝘢 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘵𝘦𝘭𝘢𝘩…

Tinggalkan Balasan