Report

Wayang Disebut Haram, Abdul Mu’ti: Media Dakwah yang Efektif

1 Mins read

IBTimes.ID – Pimpinan Pusat Muhammadiyah menyayangkan pernyataan Ustadz Khalid Basalamah tentang wayang.

Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu’ti menyebut bahwa dalam sejarah dakwah Islam, wayang merupakan media dakwah yang efektif dan membumi.

“Wayang merupakan media dakwah yang efektif, membumi, serta dapat diterima oleh semua kalangan,” ujarnya, Selasa (15/2/2022).

Ia juga menyebut bahwa wayang merupakan wujud kreativitas seni dan inkulturasi nilai-nilai Islam. Nilai-nilai tersebut, imbuhnya, turut membentuk budaya luhur bangsa.

Menurut Mu’ti, seni budaya seperti wayang perlu dipopulerkan. Hal tersebut merupakan bagian dari pelestarian budaya bangsa.

“Sekarang ini, kesenian yang berbasis dan mengakar di masyarakat justeru perlu dipopulerkan sebagai bagian dari pelestarian budaya luhur bangsa,” imbuhnya.

Ia menyebut pernyataan Ustadz Khalid menunjukkan pemahaman yang dangkal tentang wayang.

Sebelumnya, Ustaz Khalid Basalamah menyebut bahwa permainan wayang dilarang dalam ajaran agama Islam. Meski demikian, ulama lulusan Arab Saudi itu menyebut kesenian wayang tetap bisa dikenang sebagai tradisi peninggalan nenek moyang.

“Kalau memang ini (wayang) peninggalan nenek moyang kita, mungkin kita bisa kenang dulu, oh ini tradisi orang dulu seperti ini. Tapi kan bukan berarti itu harus dilakukan, sementara dalam Islam dilarang. Harusnya kita tinggalkan.”

Reporter: Yusuf

Print Friendly, PDF & Email
Baca Juga  Salah Satu Tanda Jodoh adalah Bergetarnya Hati
869 posts

About author
IBTimes.ID - Cerdas Berislam. Media Islam Wasathiyah yang mencerahkan
Articles
Related posts
Report

Subi Nur Isnaini: Peran Perempuan dalam Moderasi Beragama

1 Mins read
Facebook Telegram Twitter Linkedin email IBTimes.ID – Pengamat Timur Tengah, Subi Nur Isnaini menyebut bahwa perempuan punya peran penting dalam menyebarkan dan…
Report

Saptoni: Memahami Media, Menebar Maslahat

1 Mins read
Facebook Telegram Twitter Linkedin email IBTimes.ID – Saptoni, pegiat Centre for The Study of Islam and Social Transformation (CISFROM) menyampaikan bahwa media…
Report

Tim PPK Kopma "Surya Kencana" UMPO Dirikan 5 Pojok Literasi di Desa Bringinan

2 Mins read
Facebook Telegram Twitter Linkedin email IBTimes.ID, Ponorogo | 5 Pojok Literasi sebagai upaya menuju desa cerdas yang dilaksanakan oleh Tim Program Penguatan…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *