Akidah

Akidah dan Tauhid Sebagai Prinsip Ketuhanan dalam Islam

4 Mins read

Akidah dan tauhid dapat menentukan hubungan antara hamba dan Tuhannya. Kebahagiaan hidup di dunia ini dapat terwujud jika dilandasi pengetahuan tentang Allah. Kebutuhan hamba kepada Allah harus melebihi segala kebutuhannya kepada yang lain. Akidah tauhid juga membuat orientasi hidup muslim jelas, terarah, dan mantap. Sehingga, tidak akan bimbang dan ragu-ragu.

Akidah yang benar merupakan kunci kemenangan dan keberuntungan dalam hidup di dunia dan akhirat. Dengan akidah yang benar dan kuat, mukmin hanya takut kepada Allah. Selain-Nya, semua itu kecil dan hina (yang Maha Besar dan Kuasa hanyalah Allah). Dengan demikian, berakidah tauhid adalah mengikatkan iman dalam hati, pikiran, lisan, dan perbuatan hanya kepada Allah perlu dibuktikan dengan amal saleh dengan dilandasi oleh ilmu yang memadai.

Kedudukan Akidah dalam Islam

Dalam ajaran Islam, akidah memiliki kedudukan yang sangat penting. Ibarat suatu bangunan, akidah adalah pondasinya. Sedangkan ajaran Islam yang lain, seperti ibadah dan akhlak adalah sesuatu yang dibangun di atasnya.

Rumah yang dibangun tanpa fondasi adalah suatu bangunan yang sangat rapuh. Tidak usah ada gempa bumi atau badai, bahkan untuk sekadar menahan atau menanggung beban atap saja, bangunan tersebut akan runtuh dan hancur berantakan.

Dalam istilah umum, akidah memiliki makna keyakinan yang kuat dan kokoh. Maka, akidah yang benar merupakan landasan bagi tegaknya agama dan diterimanya suatu amal.

Akidah secara bahasa berasal dari kata ‘aqd yang berarti mempererat, mengokohkan, dan mengikat dengan kuat. Secara istilah, akidah adalah keyakinan yang kuat, yang tidak dimasuki oleh keraguan.

Dengan demikian, akidah Islam berarti keimanan yang kuat kepada Allah Ta’ala dengan melaksanakan kewajiban berupa tauhid dan taat kepada-Nya. Demikian juga beriman kepada malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, para rasul-Nya, hari akhir, dan beriman kepada qada dan qadar, serta mengimani semua tentang prinsip-prinsip agama (ushuluddin), perkara-perkara yang ghaib, berita yang disebutkan dalam Al-Qur’an maupun sunah, baik ‘ilmiyyah (sebagai pengetahuan yang harus diyakini) maupun ‘amaliyyah (pengetahuan yang harus diamalkan).

Baca Juga  Tarmizi Taher: 'MATI' di Era Klenik

Dasar-dasar Akidah Islam

1. Al-Qur’an

Dasar akidah yang paling utama adalah Al-Qur’an. Al-Qur’an adalah firman Allah Swt. yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad saw. melalui malaikat Jibril yang berisi pedoman hidup bagi manusia agar selamat dunia akhirat.

Melalui Al-Qur’an inilah Allah Swt. menuangkan firman-firman-Nya berkenaan dengan konsep akidah yang benar dan harus diyakini serta dijalani secara mutlak oleh semua umat Islam. Untuk memahami Al-Qur’an secara lebih rinci, umat muslim diperintahkan untuk mengikuti ajaran-ajaran Rasulullah saw., karena semua perilaku Rasulullah adalah contoh nyata yang dapat dijadikan pedoman hidup bagi setiap muslim.

2. Hadis

Hadis disebut juga sunnah, merupakan perkataan, perbuatan, ketetapan dan persetujuan dari Nabi Muhammad saw. yang dijadikan landasan syariat Islam. Hadis dijadikan dasar hukum akidah yang kedua setelah Al-Qur’an.

Tauhid Sebagai Prinsip Ketuhanan dalam Islam

Tauhid adalah keyakinan bahwa Tuhan penguasa alam semesta hanyalah satu, tidak beranak, tidak beristri, dan tidak bersaudara. Satu, dan hanya Allah Swt. Para ulama mengkaji pembagian tauhid berdasarkan Al-Qur’an didasari dari salah satu ayat, yang mana ayat tersebut mewakili makna dari tauhid. Ayat yang dimaksud adalah QS. Maryam ayat 65, yang berbunyi :

رَبُّ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَمَا بَيْنَهُمَا فَاعْبُدْهُ وَاصْطَبِرْ لِعِبَادَتِهِ هَلْ تَعْلَمُ لَهُ سَمِيّاً

“Rabb (yang menguasai) langit dan bumi dan segala sesuatu yang ada di antara keduanya, maka sembahlah Dia dan berteguh hatilah dalam beribadah kepada-Nya. Apakah kamu mengetahui ada seorang yang sama dengan Dia (yang patut disembah)?” (QS. Maryam: 65)

Berdasarkan ayat di atas, para ulama menjabarkan makna dari tauhid menjadi tiga bagian. Ketiga bagian tersebut adalah sebagai berikut:

Dalam firman-Nya (رَبُّ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ) “Rabb (yang menguasai) langit dan bumi“ merupakan penetapan tauhid rububiyah.

Dalam firman-Nya (فَاعْبُدْهُ وَاصْطَبِرْ لِعِبَادَتِهِ) “maka sembahlah Dia dan berteguh hatilah dalam beribadah kepada-Nya” merupakan penetapan tauhid uluhiyah.

Dan dalam firman-Nya (هَلْ تَعْلَمُ لَهُ سَمِيّاً) “Apakah kamu mengetahui ada seorang yang sama dengan Dia?” merupakan penetapan tauhid asma’ wa shifat.

Tiga Macam Tauhid

Sehingga, dapat diketahui bahwa pembagian tauhid dibagi menjadi tiga. Yaitu tauhid rububiyah, tauhid uluhiyah, dan tauhid asma’ wa shifat. Berikut adalah penjelasannya.

Baca Juga  Tauhid Rasional Muhammad Abduh: Telaah Kitab Risalah Tauhid

1. Tauhid Rububiyah

Tauhid rububiyah adalah tauhid yang mengingatkan kita harus percaya bahwa penciptaan, pengurusan, dan pemerintahan alam semesta dan segala isinya hanyalah Allah dan tidak ada yang lain. Hal ini sejalan dengan QS. Al A’raf ayat 54 yang berbunyi.

أَلاَلَهُ الْخَلْقُ وَاْلأَمْرُ تَبَارَكَ اللهُ رَبُّ الْعَالَمِينَ

“Ingatlah, menciptakan dan memerintahkan hanyalah hak Allah.” (QS. Al-A’raf: 54).

Menegaskan bahwa tidak ada selain Allah adalah penyebab terbentuknya alam semesta beserta isinya. Dan tidak ada selain Allah pula yang memerintah alam semesta.

2. Tauhid Uluhiyah

Tauhid uluhiyah memiliki makna sebagai tauhid Ibadah. Yaitu tidak ada makhluk selain Allah yang berhak diibadahi dan tidak ada makhluk selain Allah yang berhak untuk disembah. Hal ini sejalan dengan QS. Luqman ayat  30:

ذَلِكَ بِأَنَّ اللهَ هُوَ الْحَقُّ وَأَنَّ مَايَدْعُونَ مِن دُونِهِ الْبَاطِلُ

”Demikianlah, karena sesungguhnya Allah, Dialah yang hak dan sesungguhnya yang mereka seru selain Allah adalah batil.” (QS. Luqman: 30)

Yang mana memiliki makna bahwa haram hukumnya menyembah selain Allah, karena hal tersebut merupakan perkara yang bathil dan tidak boleh dilakukan.

3. Tauhid Asma’ wa Shifat

Tauhid asma’ wa shifat adalah memercayai Allah atas nama-nama yang telah ditetapkan oleh-Nya sendiri. Dan tidak mengingkari nama-nama tersebut. Percaya bahwa nama-nama tersebut benar tanpa mengilustrasikan (takyif), menyerupakan dengan sesuatu (tamtsil), menyimpangkan makna (tahrif), atau bahkan menolak nama atau sifat tersebut. Contoh adalah Al-Bashiir yaitu Allah Maha Melihat, maka begitulah adanya. Hal ini sejalan dengan makna dari QS. Asy-Syuura ayat 11 yang berbunyi:

لَيْسَ كَمِثْلِهِ شَيْءٌ وَهُوَ السَّمِيعُ البَصِيرُ

”Tidak ada sesuatupun yang serupa dengan-Nya, dan Dialah Yang Maha Mendengar lagi Maha Melihat.” (QS. Asy-Syuura: 11)

Baca Juga  Hijrah dari Tauhid Ilahiyah ke Tauhid Insaniyah

Allah Selalu Mengawasi Kita

Makna dari tauhid asma’ wa shifat adalah memercayai Allah atas segala nama dan sifat yang Allah miliki. Tentunya, dalam mempelajari pengertian akidah, tauhid, serta pembagiannya dalam Islam, dapat menjadikan kita lebih paham atas ajaran Allah dan lebih pula menambah keimanan karena dalam mengamalkan ajaran tiga bagian tauhid, kita akan mengetahui bahwasanya Allah selalu mengawasi atas segala perbuatan kita.

Juga membenarkan ajaran-ajaran Islam yang disampaikan karena segala sesuatunya menjadi saling berhubungan. Sehingga, kita sebagai umat muslim harus berhati-hati dalam bertindak, karena Allah juga menjanjikan siksa yang pedih bagi mereka yang melalaikan aturan-Nya.

Editor: Lely N

Dita Salsabila
1 posts

About author
Mahasiswi ITB Ahmad Dahlan
Articles
Related posts
Akidah

Ragam Makna Iman dan Tauhid, Mana yang Lebih Tepat?

3 Mins read
Tauhid merupakan prinsip dasar iman di dalam Islam yang membedakan dirinya dengan segenap agama lain. Bahwa Allah itu esa, tidak berbilang, tidak…
Akidah

Jangan Jadikan Agama Sebagai Alat Pendangkal Akidah!

4 Mins read
Semua agama di dunia ini mempunyai hal-hal yang dianggap suci (the Sacred), misalnya, kitab suci, nabi, dan lain-lainnya. The Sacred menurut M. Amin Abdullah, dalam bukunya Multidisiplin, Interdisiplin, dan Transdisiplin, merupakan Nonfalsifiable Postulated Alternate Realitie. Pada artian lain, disebut dengan hal yang tidak bisa dipermasalahkan, difalsifikasi, dan diverifikasi oleh siapapun.
Akidah

Kesadaran Beriman Orang-Orang Modern

3 Mins read
Di era saat ini, teknologi mengalami perkembangan yang sangat luar biasa. Kemajuan teknologi merupakan bukti dari keberhasilan sains modern. Namun, dibalik kemajuan…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This will close in 0 seconds