Fikih

Antara Zakat Pertanian dan Buah-buahan, Bolehkah Digabung?

3 Mins read

Zakat Pertanian – Zakat merupakan salah satu rukun Islam kelima yang harus dilakukan setiap umat Islam. Secara bahasa, zakat berasal dari kata zaka yang artinya berkah, bersih, dan baik. Sedangkan secara istilah fiqh, zakat adalah sejumlah harta tertentu yang diwajibkan Allah untuk diserahkan kepada orang-orang yang berhak.

Dikatakan zakat, karena dari harta yang dikeluarkan akan bertambah banyak, menjadi lebih berarti, serta melindungi kekayaan dari kesengsaraan.

Pada umumnya, zakat terbagi menjadi dua, yakni zakat fitrah dan mal. Adapun zakat pertanian, adalah termasuk zakat mal, karena sebagian besar merupakan zakat yang harus dikeluarkan dari harta tertentu. Sehingga, di sini zakat pertanian sering diartikan sebagai zakat yang harus dikeluarkan dari hasil pertanian berupa biji-bijian, buah-buahan, bisa dimakan, bisa disimpan, bisa ditakar, awet, dan kering.

Dalil tentang Zakat Pertanian

Dasar masyru’iyah zakat pertanian, terdapat dalam firman Allah Swt yang berbunyi:

وَهُوَ الَّذِي أَنْشَأَ جَنَّاتٍ مَعْرُوشَاتٍ وَغَيْرَ مَعْرُوشَاتٍ وَالنَّخْلَ وَالزَّرْعَ مُخْتَلِفًا أُكُلُهُ وَالزَّيْتُونَ وَالرُّمَّانَ مُتَشَابِهًا وَغَيْرَ مُتَشَابِهٍ ۚ كُلُوا مِنْ ثَمَرِهِ إِذَا أَثْمَرَ وَآتُوا حَقَّهُ يَوْمَ حَصَادِهِ ۖ وَلَا تُسْرِفُوا ۚ إِنَّهُ لَا يُحِبُّ الْمُسْرِفِينَ

Artinya: “Dan Dialah yang menjadikan kebun-kebun yang berjunjung dan yang tidak berjunjung, pohon korma, tanam-tanaman yang bermacam-macam buahnya, zaitun dan delima yang serupa (bentuk dan warnanya) dan tidak sama (rasanya). Makanlah dari buahnya (yang bermacam-macam itu) bila dia berbuah, dan tunaikanlah haknya di hari memetik hasilnya (dengan disedekahkan kepada fakir miskin); dan janganlah kamu berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan.” (QS. Al-An’am: 141).

Dalam ayat di atas, diriwayatkan dari Anas bin Malik dan Ibnu Abbas ra, Thawus, al-Hasan, Ibnu Zaid, adh-Dhahhak dan Said al-Musayyib, sebagaimana disebutkan oleh Imam al-Qurthubi bahwa kalimat “tunaikan haknya” mengandung makna sebagai kewajiban untuk mengeluarkan zakat dari hasil panennya.

Baca Juga  Tidurnya Orang Berpuasa: Ibadah atau Dosa?

Macam-macam Zakat Pertanian

Pada zaman Rasulluah Saw, zakat yang dikarenakan pada produk pertanian, setiap panen dan mencapai nisab ini, terdiri dari gandum, jewawut, kurma, dan anggur. Abu Dardah meriwayatkan bahwa Abu Musa dan Muadz diutus oleh Rasulullah ke Yaman untuk mengajari agama Islam. Beliau memerintahkan kepada mereka berdua supaya tidak menarik zakat (pertanian), kecuali dari empat macam; gandum, jewawut, kurma, dan anggur.

Ibnu Mandzur berkata, “Menurut Ibnu Abdilbar, para ulama’ telah sepakat bahwa zakat pertanian yang wajib adalah gandum, jewawut, kurma, dan anggur.” Di dalam riwayat Ibnu Majah, Rasulullah menetapkan zakat untuk gandum, jawawut, kurma, anggur, dan jagung.” Di dalam mata rantai sanad ini ada Muhammad bin Ubaidilah al-‘Arzami, seorang yang riwayatnya diabaikan.

Sedangkan dari madzhab Hanafi, Syafi’i dan Hambali, menyatakan bahwa tanaman yang wajib dikeluarkan zakatnya adalah tanaman yang oleh petani memang sengaja ditanam sebagai harta yang diusahakan untuk nafkah. Adapun tanaman yang tumbuh dengan sendirinya di tanah seseorang, meskipun pada akhirnya jika dijual bisa memberikan pemasukan bagi pemiliknya, tidak perlu ada kewajiban untuk mengeluarkan zakat.

Ketentuan Nisab

Ada dua kategori yang harus di lakukan untuk mengeluarkan zakat pertanian. Jikalau tanaman dialiri dengan air hujan, maka zakat yang harus dikeluarkan sebanyak 10%, sedangkan tanaman yang dialiri dengan media peralatan, maka zakat yang dikeluarkan sebesar 5%.

Syarat hasil pertanian yang harus dikeluarkan zakatnya adalah jika telah mencapai haul dan nisabnya, yakni sebesar 652,8 kg. Adapun jika tidak mencapai nisab, maka tidak diharuskan untuk zakat. Diriwayatkan dalam hadits yang artinya:

“Tanaman yang dialiri dengan air hujan dan mata air atau tumbuh sendiri, zakatnya adalah sepersepuluh (1/10). Sedangkan yang dialiri melalui telaga (saluran air yang sengaja dibuat), zakatnya adalah seper dua puluh (1/20)”. (HR. Bukhari).

Baca Juga  Imam Abu Hanifah: Tokoh Pendiri Mazhab Hanafi

Waktu Pembayaran

Tentunya, zakat pertanian ini tidak dikeluarkan setiap tahun, akan tetapi setiap kali panen. Sebagaimana sudah jelas ditegaskan dalam firman Allah yang berbunyi:

وَآتُوا حَقَّهُ يَوْمَ حَصَادِهِ

Artinya: “Dan tunaikanlah haknya di hari memetik hasilnya (dengan disedekahkan kepada fakir miskin).” (QS. Al-An’am: 141).

Kalimat: “tunaikanlah haknya di hari memetik hasilnya” adalah lafadz yang secara tegas menyebutkan bahwa pada hari di mana seseorang memanen hasil tanamannya, maka di hari itu juga harus ditunaikan zakatnya.

Hasil Pertanian dengan Buah-buahan Digabung?

Tinjauan terkait penggabungan hasil pertanian dengan buah-buahan, para ulama’ telah sepakat bahwa keberagaman buah yang bermacam-macam boleh dikumpulkan menjadi satu (agar mencapai nisab) walaupun kualitas dan warnanya berbeda. Macam-macam anggur, gandum, dan biji-bijian boleh juga dicampur menjadi satu.

Mereka juga sepakat bahwa barang perniagaan bisa dicampur dengan uang dan begitu pula sebaliknya (agar mencapai nisab). Namun, Imam Syafi’i tidak membolehkan mencampurkan barang perniagaan, kecuali dengan barang-barang sejenisnya, karena nisab barang-barang tersebut diperhitungkan berdasarkan kadar jual beli.

Dengan demikian, uraian di atas dapat disimpulkan bahwa menggabungkan hasil pertanian dengan buah-buahan. Walaupun banyak yang berpendapat setuju, tentunya ada pula yang tidak menyetujuinya, dan hal ini sangat wajar. Maka dari itu, lebih spesifiknya adalah mengambil yang lebih baik dan jangan terlalu fanatik.

Editor: Soleh

M. Zulfikar Nur Falah
22 posts

About author
, Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an dan Sains Al-Ishlah
Articles
Related posts
Fikih

Hukum Jual Beli Sepatu dari Kulit Babi

2 Mins read
Hukum jual beli sepatu dari kulit babi menjadi perhatian penting di kalangan masyarakat, terutama umat Islam. Menurut mayoritas ulama, termasuk dalam madzhab…
Fikih

Hukum Memakai Kawat Gigi dalam Islam

3 Mins read
Memakai kawat gigi atau behel adalah proses merapikan gigi dengan bantuan kawat yang dilakukan oleh dokter gigi di klinik. Biasanya, behel digunakan…
Fikih

Hukum Musik Menurut Yusuf al-Qaradawi

4 Mins read
Beberapa bulan lalu, kita dihebohkan oleh polemik besar mengenai hukum musik dalam Islam. Berawal yang perbedaan pendapat antara dua ustadz ternama tanah…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This will close in 0 seconds