Apa Saja Keutamaan Shalat Subuh? - IBTimes.ID Ibadah
Ibadah

Apa Saja Keutamaan Shalat Subuh?

2 Mins read

Shalat subuh ialah salah satu shalat wajib dari salat lima waktu yang dilakukan mulai fajar hingga matahari terbit. Tak heran banyak sekali hadist yang mendorong mereka untuk melaksanakan shalat yang agung ini, shalat yang agung ini memiliki daya tarik tersendiri, karena kedudukannya dalam islam dan nilainya yang tinggi dalam syariat.

Rasulullah SAW mengetahui waktu shalat subuh memang waktu yang paling sulit, sebagian banyak orang yang telah meninggalkan waktu shalat subuh, dikarenakan banyak Muslim yang memilih melanjutkan tidurnya sampai matahari terbit dan meninggalkannya.

Jika di teruskan akan menjadi kebiasaan. Padahal shalat subuh merupakan kewajiban bagi setiap umat muslim untuk melaksanakannya.

Bahkan dikatakan “Orang yang meninggalkan shalat, meremeh-remehkan shalat dan meninggalkan shalat entah itu sengaja maupun tidak maka sungguh ia telah kafir secara tegas” Hadist Riwayat Imam At-Tabhrani . Namun jika alasan ia tidak melaksanakan shalat dikarenakan malas semata, maka ia dihukumi muslim tapi berdosa.

Keutamaan Shalat Subuh

Shalat subuh memiliki banyak sekali keutamaan, yakni, pertama, Pahala shalat malam satu malam penuh. Kedua, Sumber cahaya di hari kiamat. ketiga, Mendapatkan rahmat dan ridha Allah SWT, karena waktu subuh adalah waktu yang paling baik untuk menjemput rahmat dan ridha Allah SWT. Keempat,  Surga yang di janjikan. Kelima, Berada dibawah lindungan Allah SWT. Keenam, dilapangkan rezekinya. Ketujuh, sebagai tolak ukur keimanan. Dan Kedelapan, melihat Allah.

Keutamaan shalat subuh yang lain adalah Allah akan memberikan pahala yang melebihi keindahan dunia dan isinya, sebagaimana telah disebutkan dalam satu riwayat Imam At-Thurmudzi, “dari aisyah ra telah bersabda Rasulallah SAW, dua rakaat shalat fajar lebih indah daripada dunia dan isinya.”

Baca Juga  Menegakkan Amar Ma’ruf dan Nahi Munkar dalam Kehidupan Bermasyarakat

Begitupula, Allah telah memberikan jaminan terhadap orang yang melaksanakan shalat subuh, seperti yang dikatakan pada hadist Rasulallah SAW, bahwa orang yang melakukan shalat subuh akan dijamin oleh Allah.

“Siapa yang menunaikan shalat Subuh maka ia barada dalam jaminan Allah. Maka, jangan kamu mencari jaminan Allah dengan sesuatu (selain dari shalat), yang pada saat kamu mendapatkannya justru kamu tergelincir ke dalam api neraka.” (HR Muslim).

Tidak hanya itu, ternyata shalat subuh akan lebih baik jika dilakukan dengan cara berjamaah, karena akan pahala akan berlipat ganda. Shalat subuh juga disaksikan oleh para malaikat, karena dari segi kesehatan ternyata juga berguna untuk mencegah berbagai penyakit.

Banyak sekali keutamaan yang didapat di waktu Subuh. Salah satu keutamaannya adalah Rasulullah SAW mendoakan umatnya yang bergegagaas dalam melaksanakan shalat subuh, sebagaimana disebutkan dalam suatu hadist,

“Ya Allah berkahilah umatku selama mereka senang bangun subuh.” (HR Tirmidzi, Abu Daud, Ahmad dan Ibnu Majah).

Meraih Keutamaan

Lantas bagaimana cara meraih keutamaan shalat tersebut? yang pertama agar kita bisa meraih keutamaan dari shalat ,sebelum itu lakukanlah beberapa hal terlebih dahulu, yakni : Yang pertama : tentu saja kita harus bangun pagi sebelum shubuh.

Terkadang sulit sekali untuk segera bangun, karena tentu kalah dengan rasa nyaman berada di bawah selimut dan memilih lanjut tidur. Itulah kekuatan bisikan syetan. Dalam hal tersebut kita bisa menanganinya, bagaimana? Ada beberapa tahap agar kita bisa menangani kejahilan tersebut ;

Pertama, ingatlah Allah saat mendengar alarm, dan segeralah bangun tak lupa juga membaca do’a “alhamdu lil-laahil-ladzii ahyaanaa ba’da maa aamaatanaa wa ilaihin nusyuur” (segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah mematikannya, dan kepada-Nya kami kembali). Memang tahap ini sangat sulit dikarenakan masih ngantuk berat, tetapi bagaimanapun caranya kita harus melakukan tahap ini.

Baca Juga  Dekonstruksi Budaya Korup: Langkah Awal Cegah Korupsi

Kedua, segeralah berwudlu, wudlu adalah sesuatu yang dahsyat karena pusat syaraf sangat sensitif terhadap air segar. Dalam ribuan syaraf sangat penting pada saat kita berwudhu, karena kita menerima rangsangan air segar dengan sentuhan tangan.

Terakhir, lakukanlah shalat sunnah (salat sunnah qabliyah) terlebih dahulu sebelum subuh, karena hal ini sangat di anjurkan ketika azan berkumandang sebelum shalat subuh. Shalat sunah qabliyah memiliki keutamaan sangat besar melebihi dunia dan isinya.

Itulah manfaat manfaat yang tentang shalat subuh, ingatlah sabda sang Rasul:

“Sesungguhnya kalian akan melihat Rabb kalian sebagaimana kalian melihat bulan ini, atau kalian tidak akan kesusahan untuk melihat.Nya. apabila kalian mampu untuk tidak meninggalkan shala sebelum terbit matahari dan shalat sebelum terbenam matahari, maka lakukanlah.” (HR Bukhari).

Editor: Dhima Wahyu Sejati

Dini Putri Wulandari
2 posts

About author
Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Articles
Related posts
Ibadah

Bagaimana Shalat Mengajarkan Karakter Islami?

3 Mins read
Agama Islam yang begitu indah ini mengandung banyak ajaran yang bukan hanya berkutat pada urusan ukhrawi sahaja, namun juga masuk padanya segala…
Ibadah

Khasiat dan Keutamaan Istighfar

3 Mins read
Dari Ibnu Abbas r.a. bahwa ia mendengar Rasulullah saw. bersabda, “Siapa yang memperbanyak istighfar maka Allah akan menjadikan untuknya kelapangan dari setiap…
Ibadah

Takwa, Bukan Soal Ibadah Ritual Semata

4 Mins read
Di dalam konsep agama, iman (faith) memegang peranan pokok dan mendasari segala keseluruhan sistem tata nilai dan perbuatan yang dilakukan oleh manusia….

Tinggalkan Balasan

Mari Kolaborasi
Mari Berkolaborasi bersama kami "IBTimes.ID - Cerdas Berislam" dan para kontributor lainnya untuk memproduksi narasi Islam yang mencerahkan.
Donasi dapat melalui Bank Mandiri 137-00-5556665-3 a.n Litera Cahaya Bangsa