Berdzikir Pagi dan Petang Hari - IBTimes.ID
Doa

Berdzikir Pagi dan Petang Hari

2 Mins read

Sebelum membahas berdzikir pagi dan petang hari, hadits berikut tentang dzikir dapat menjadi bahan perenungan;

“Perumpamaan orang yang berdzikir (mengingat) Rabbnya dan yang tidak berdzikir, bagaikan orang yang hidup dan orang yang mati,” (HR. Bukhari: 6407; dan Muslim: 779).

Hadits di atas mengingatkan kita untuk terus selalu mengingat Allah, baik dengan cara berdzikir ataupun berdoa. Zikir harusnya menjadi kebutuhan bagi setiap manusia. Dengan berdzikir, hati akan selalu hidup. Begitu juga sebaliknya. Berdzikir dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja, selama tempat dan waktu yang dilarang. Zikir sendiri dapat diucapkan secara lisan maupun dalam hati.

Islam merupakan agama yang memiliki beragam kelengkapan zikir dalam seharinya. Dari bangun tidur di pagi hari hingga tidur lagi di malam hari. Meski demikian ada waktu-waktu tertentu yang dianjurkan untuk berzikir. Di antaranya berdzikir pagi hari dan sore hari.

Anjuran Dzikir Pagi dan Petang

Anjuran atau perintah dzikir di pagi hari dan sore hari terdapat dalam Al-Quran pada Surat Al-Ahzab: 41-42 :

(42) يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اذْكُرُوا اللَّهَ ذِكْرًا كَثِيرًا(41) وَسَبِّحُوهُ بُكْرَةً وَأَصِيلًا

(41) Wahai orang-orang yang beriman! Ingatlah kepada Allah, dengan mengingat (nama-Nya) sebanyak-banyaknya
(42) Dan bertasbihlah kepada-Nya diwaktu pagi dan petang

Selain dalam Al-Qur’an, Rasulullah juga menyebutkan keutamaan berdzikir di pagi dan sore hari, yakni:

Aku duduk bersama orang-orang yang berdzikrullah Ta’ala mulai dari (waktu) sholat shubuh hingga terbit matahari lebih aku cintai daripada memerdekakan empat orang budak dari putra Nabi Isma’il. Dan aku duduk bersama orang-orang yang berdzikrullah mulai dari (waktu) sholat Ashar sampai terbenam matahari lebih aku cintai daripada memerdekakan empat orang budak” (HR. Abu Dawud: 3667, dihasankan oleh Syaikh Al-Albani).

Baca Juga  Doa Agar Selamat dari Bahaya Dajjal

Berdoa di pagi hari dapat dilakukan setelah sholat Subuh hingga menjelang terbit matahari. Sedang untuk sore hari dapat dilakukan setelah sholat Ashar sampai terbenam matahari. Ada banyak manfaat yang akan didapatkan ketika seseorang rutin berdzikir di pagi dan sore hari. Mulai dari mendapat kasih sayang Allah, mendapat ampunan doa, anugrah rasa sabar, amalan paling disukai Rasulullah, rasa tenang, pahala sepert haji dan umrah, syafaat di hari akhir, hingga mengingatkan kehidupan setelah kematian.

Zikir di Pagi Hari

Berikut dzikir yang dapat dilakukan di pagi hari:

اَللَّهُمَّ بِكَ أَصْبَحْنَا، وَبِكَ أَمْسَيْنَا، وَبِكَ نَحْيَا، وَبِكَ نَمُوْتُ وَإِلَيْكَ النُّشُوْرُ.

“Ya Allah, dengan rahmat dan pertolongan-Mu kami memasuki waktu pagi, dan dengan rahmat dan pertolongan-Mu kami memasuki waktu sore. Dengan rahmat dan pertolongan-Mu kami hidup dan dengan kehendak-Mu kami mati. Dan kepada-Mu kebangkitan (bagi semua makhluk).” 

Kemudian dilanjutkan dengan membaca Sayyidul Istigfar:

اَللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ، خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ، أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ، وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ.

“Ya Allah, Engkau adalah Rabbku, tidak ada ilah yang berhak disembah kecuali Engkau, Engkaulah yang menciptakanku. Aku adalah hambaMu. Aku akan setia pada perjanjianku pada-Mu (yaitu menjalankan ketaatan dan menjauhi larangan, pen) semampuku dan aku yakin akan janji-Mu (berupa pahala). Aku berlindung kepada-Mu dari kejelekan yang kuperbuat. Aku mengakui nikmat-Mu kepadaku dan aku mengakui dosaku. Oleh karena itu, ampunilah aku. Sesungguhnya tiada yang mengampuni dosa kecuali Engkau.” 

Waktu Petang

Sedangkan di waktu petang, dapat membaca bacaan berikut:

اَللَّهُمَّ بِكَ أَمْسَيْنَا، وَبِكَ نَحْيَا، وَبِكَ نَمُوْتُ، وَإِلَيْكَ النُّشُوْرُ

Baca Juga  Doa Ketika Marah dan Takut

Allāhumma bika amsainā, wa bika nahyā, wa bika namūtu, wa ilaikan nusyūr.

“Ya Allah, dengan-Mu aku bersore hari, dengan-Mu kami hidup, dengan-Mu kami mati. Hanya kepada-Mu (kami) kembali,” (HR Abu Dawud, At-Turmudzi, Ibnu Majah, dan lainnya).

Kemudian dilanjutkan dengan Sayyidul Istigfar seperti yang telah dituliskan di atas.

Editor: Sri/Nabhan

Avatar
1 posts

About author
Seorang mahasiswa
Articles
    Related posts
    Doa

    Doa Keluar Rumah dan Artinya

    1 Mins read
    Dari masa ke masa, manusia adalah makhluk yang berevolusi soal rumah. Dahulu, manusia purba tinggal di goa, seiring berjalannya waktu dan adanya…
    Doa

    Doa Shalat Istikharah Lengkap dan Artinya

    1 Mins read
    Pernahkah anda berada dalam keadaan yang membingungkan dan dilematis untuk memilih satu pilihan? Keadaan ini mungkin kita jumpai saat berada di antara…
    Doa

    Doa Minta Hujan Lengkap dan Artinya

    1 Mins read
    Cuaca sedang panas-panasnya dan jarang hujan dalam kemarau panjang? Atau sudah musim hujan namun jarang hujan? Tentu kita mengharapkan hujan yang membawa…

    Tinggalkan Balasan