Data Terbaru Agama dengan Jumlah Pemeluk Terbesar di Dunia 2021: Kristen Nomor Satu, Islam Nomor Dua - IBTimes.ID
Report

Data Terbaru Agama dengan Jumlah Pemeluk Terbesar di Dunia 2021: Kristen Nomor Satu, Islam Nomor Dua

2 Mins read

Agama Terbesar di Dunia – Di dunia ini, terdapat ratusan bahkan ribuan agama yang diyakini oleh manusia sejagad. Meskipun ada beberapa golongan manusia yang memilih untuk tidak beragama atau terafiliasi dengan agama apapun, namun jumlah manusia yang memeluk agam tertentu masih jauh lebih banyak.

Bagi para pemeluk agama, agama menjadi salah satu entitas yang sangat penting untuk dimiliki dalam kehidupan. Ia menjadi sumber ketenangan ketenangan jiwa, spirit kehidupan, dan tempat tempat berharap dan bergantung kepada zat yang lebih tinggi. Karenanya, tak heran kalau agama menjadi bagian dari kebutuhan primer bagi para pemeluknya.

World Population Review,   menerangkan bahwa para pemeluk agama itu pasti selalu meyakini bahwa terdapat zat yang lebih kuat daripada dirinya. Dewa, Tuhan, Allah, misalnya, tergantung agama atau kepercayaan apa yang mereka anut.

Ia juga memberikan definisi dari agama. Yaitu sistem organisasi, tingkah laku, kepercayaan, pandangan atas dunia, tempat suci, perkiraan, etika, moral, dan pemikiran yang ditulis.

Agama dengan Jumlah Pemeluk Terbesar di Dunia

World Population Review merilis data terkait jumlah pemeluk agama di dunia. Ia juga mendata jumlah orang yang memilih untuk tidak menganut agama dan memperoleh data sebanyak 1,2 miliar jiwa.

Adapun jumlah pemeluk agama di dunia ini, diurutkan dari yang paling banyak, menurut data terbaru dari World Population Review, adalah sebagai berikut:

1. Kristen

Agama terbesar di dunia 2021 adalah Kristen. Agama yang dianut hampir 2,4 miliar orang ini menurut World Population Review terbagi menjadi teologi Barat dan Timur.

Kristen mempunyai enam cabang yang dipilih tiap pemeluknya. Cabangnya adalah Catholicism, Protestantism, Eastern Orthodoxy, Anglicanism, Oriental Orthodoxy, dan Assyrians.

Di negara-negara berikut ini, jumlah pengikut Kristen mencapai angka 93 persen:

Kepulauan Samoa, Armenia, Barbados, Timor Timur, El Salvador, Yunani, Kiribati, Malta, Marshall Islands, Micronesia, Papua New Guinea, Paraguay, Peru, Romania, Samoa, San Marino, Tonga, Venezuela.

Baca Juga  Yulianti Muthmainnah: Zakat Harus Diberikan untuk Korban Kekerasan Seksual

2. Islam

Jumlah pemeluk Islam di Maldives, Arab Saudi, dan Mauritania berkisar 100 persen. Di bawah mereka, ada 13 negara dengan jumlah muslim 95 persen total populasinya.

Muslim dalam artikel ini merujuk pada sunni dan syiah. Ini daftar negara-negara tersebut:

Afghanistan, Algeria, Comoros, Iran, Irak, Libya, Maroko, Pakistan, Somalia, Sudan, Tunisia, Turki, Yaman.

Data pada World Population Review juga mencatat 50 negara yang mayoritas penduduknya muslim. Yang dimaksud dengan mayoritas adalah jumlah populasi muslim yang mencapai 50 persen total penduduk.

3. Hindu

agama Hindu menyebar ke seluruh dunia melalui Asia Tenggara. Asalnya dari subkontinen India dan dipandang sebagai darma atau cara hidup.

Ada empat bagian utama agama Hindu. Mereka adalah Shaktism, Vaishnavism, Smartism, dan Shaivism.

Pengikut agama Hindu terbesar ada di India dan jumlahnya mencapai 1,053 milair orang. Ini diikuti Nepal dengan rasio 81,3 persen. Daftar negara dengan pemeluk agama Hindu terbesar lainnya adalah:

Bangladesh, Indonesia, Pakistan, Sri Lanka, Amerika, Malaysia, Inggris, Mauritius.

4. Buddha


Agama Buddha dianut sekitar 507 juta orang di seluruh dunia. Agama ini berasal dari India berdasarkan ajaran Sang Buddha. Adapun, China memiliki jumlah pemeluk Buddha terbanyak di dunia.

Di China penganutnya kira-kira mencapai 244 juta. Jumlah itu diikuti Thailand sebesar 64,4 juta, dan Jepang 45,8 juta.

Dari segi persentase Kamboja adalah yang tertinggi, yakni sebesar 96,9 persen. Lalu, diikuti Thailand sebesar 93,2 persen dan Myanmar 87,9 persen.

5. Agama Lain dan Ateisme

Di sejumlah negara lain, agama tradisional China masih dipraktikkan. Konfusianisme dan Taoisme masih diterapkan di negara-negara ini:

China, Hong Kong, Makau, Taiwan.

Agama tradisi wilayah itu juga dipraktikkan sejumlah negara yang lain. Contohnya adalah Guinea-Bissau dan Haiti yang penganutnya sebesar 50 persen.

Negara-negara lain yang mempraktikkan agama asli adalah:

Benin, Burundi, Kamerun, Pantai Gading, Sudan, Togo.

Baca Juga  PPIM UIN Jakarta Launching Penelitian Tren Beragama di Indonesia

Di samping agama-agama di atas, ateisme juga diterapkan masyarakat di beberapa negara. Penganut ateisme terbanyak ada di Estonia, Republik Ceko, dan Jepang. Jumlah mereka 75 persen populasi.

Negara lainnya dengan jumlah ateisme terbanyak adalah:

Denmark, Prancis, Hong Kong, Makau, Norwegia, Swedia, Vietnam.

Editor: Yahya FR


Print Friendly, PDF & Email
Admin
186 posts

About author
IBTimes.ID - Kanal Moderasi Islam. Sebuah kanal media online yang mempunyai prinsip moderasi Islam’ (Wasathiyah) yang memadukan doktrin keislaman, perkembangan keilmuan (sains), dan nilai keindonesiaan.
Articles
Related posts
Report

Daftar Tiga Pesantren Berwawasan Lingkungan di Indonesia

4 Mins read
IBTimes.ID – Belakangan, sebagian kelompok agama mulai memperhatikan isu-isu lingkungan. Di Muhammadiyah, muncul Kader Hijau Muhammadiyah (KHM), Majelis Lingkungan Hidup (MLH), dan…
Report

Hanifiyah Samhah: Agama yang Lurus dan Toleran

2 Mins read
IBTimes.ID – Identitas keislaman di Indonesia semakin menguat. Di beberapa titik, umat Islam melakukan gerakan mengaji Alquran di ruang publik. Seiring turunnya…
Report

Silaturahmi Menumbuhkan Sikap Welas Asih dan Persaudaraan Abadi

2 Mins read
IBTimes.ID – Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir menyebut bahwa silaturahmi harus dapat menumbuhkan rasa welas asih, murah hati, dan persaudaraan abadi….

Tinggalkan Balasan