Doa Sebelum Belajar dan Artinya - IBTimes.ID
Doa

Doa Sebelum Belajar dan Artinya

1 Mins read

Belajar adalah sebuah proses yang membuat manusia dapat menjadi lebih baik dari waktu ke waktu. Bagi manusia yang baik, setiap orang adalah guru, setiap tempat adalah sekolah, dan setiap pengalaman adalah pembelajaran. Belajar pun memiliki kemuliaan dalam ajaran agama Islam. Lalu, bagaimana doa sebelum belajar dan artinya?

Doa Sebelum Belajar dan Artinya

رَضِتُ بِااللهِ رَبَا وَبِالْاِسْلاَمِ دِيْنَا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيَا وَرَسُوْلاَ رَبِّ زِدْ نِيْ عِلْمًـاوَرْزُقْنِـيْ فَهْمًـا

(Radhitu billahi rabba, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin-nabiyya wa rasula, Rabbi zidni ‘ilma warzuqni fahma)

Artinya: “Aku ridho Allah Swt sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rasul, Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik.”

Manusia yang mau belajar adalah manusia yang berusaha menjadi lebih baik, meskipun jalannya sulit. Tidak ada ceritanya belajar itu mudah. Dalam sejarah, orang-orang yang belajar hanya sedikit jumlahnya karena membutuhkan, waktu, tenaga, pikiran, dan harta yang begitu banyak untuk belajar. Namun, dari sedikit orang itu, merekalah yang membawa peradaban manusia terus maju dan berkembang dari waktu ke waktu.

Jika tidak ada orang yang belajar, maka tidak akan ada teknologi, gedung tinggi, konservasi lingkungan, dan keharmonisan antara manusia dan alam. Karena seluruh terobosan sepanjang keberadaan manusia di Bumi merupakan hasil proses belajar oleh banyak orang dari waktu ke waktu.

Jangan dikira belajar hanya menjadi kelebihan dalam dunia Barat dan kemajuannya. Dalam Islam, orang yang menuntut ilmu memiliki tempat yang spesial. Orang yang tidak hanya beriman namun juga berilmu mendapatkan “kenaikan beberapa derajat” seperti dijelaskan dalam Q.S. Al-Mujadalah: 11. Sementara itu, memiliki ilmu yang bermanfaat bagi orang banyak menjadi sebuah amal yang akan terus mengalir bahkan jika kita sudah wafat kelak.

Baca Juga  Doa untuk Orang Sakit

Lebih spesialnya lagi, orang yang menuntut ilmu dilindungi oleh para malaikat sampai selesai menuntut ilmu. Sehingga, jika kita menuntut ilmu tidak hanya berbuat baik melainkan juga memiliki nilai jihad. Hal ini tentu harus menjadi motivasi kita agar senantiasa bersemangat dalam belajar. Semoga doa sebelum belajar dan artinya ini menjadi penambah semangat bagi kita semua dalam menuntut ilmu.

Editor: Nabhan

Redaksi
218 posts

About author
IBTimes.ID - Cerdas Berislam. Media Islam Wasathiyah yang mencerahkan
Articles
Related posts
Doa

Doa untuk Orang Meninggal Laki-Laki dan Perempuan

2 Mins read
Ketika seorang muslim meninggal, baik laki-laki maupun perempuan, kita hendaknya berbicara yang baik dan mendoakannya. Lalu, bagaimanakan doa untuk orang meninggal laki-laki…
Doa

Empat Doa Melancarkan Rezeki

1 Mins read
Sebelum membahas doa melancarkan rezeki/doa rezeki lancar, kita perlu memahami konsep rezeki terlebih dahulu. Rezeki adalah hal yang dinanti oleh siapapun. Ia…
Doa

Doa Shalat Dhuha dan Artinya

1 Mins read
Doa shalat dhuha yang digunakan seorang muslim dan muslimah setelah mengerjakan shalat dhuha. Adapun bacaan doa shalat dhuha dan artinya sebagai berikut….

Tinggalkan Balasan

Mari Kolaborasi
Mari Berkolaborasi bersama kami "IBTimes.ID - Cerdas Berislam" dan para kontributor lainnya untuk memproduksi narasi Islam yang mencerahkan.
Donasi dapat melalui Bank Mandiri 137-00-5556665-3 a.n Litera Cahaya Bangsa