Empat Menteri Muhammadiyah: Ini Klarifikasi Haedar Nashir

0
21875
Empat Menteri Muhammadiyah: Ini Klarifikasi Haedar Nashir
Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir. Sumber: Detik

IBTimes.id — Presiden RI Joko Widodo telah mengumumkan susunan Menteri Kabinet Indonesia Maju pada Rabu pagi (23/20/2019) di Istana Kepresidenan Jakarta. Muhammadiyah sendiri mengutus kadernya, yaitu Muhadjir Effendy di posisi Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK). Namun, seperti diberitakan Gatra.com pada Rabu sore (23/10/2019) Muhammadiyah dikabarkan mengutus empat kadernya dalam Kabinet Indonesia Maju.

Pada paragraf pertama berita tersebut ditulis:
“Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir meminta empat kader Muhammadiyah yang menjadi menteri di Kabinet Indonesia Maju di periode kedua Presiden Joko Widodo agar on fire bertugas membangun karakter bangsa. Pesan ini disampaikan Haedar di kediamannya di Kasihan, Bantul, Rabu (23/10).”

Setelah dikonfirmasi ulang, ternyata bukan seperti itu yang dimaksud oleh Haedar. Ia lebih menekankan pada kesesuaian empat kementerian dengan arah gerak Muhammadiyah.

“Maaf jawaban saya waktu wawancara ada empat kementerian yang dekat dengan bidang Muhammadiyah, yaitu dikbud (pendidikan dan kebudayaan), agama, kesehatan, dan sosial,” ujar Haedar melalui pesan singkat kepada redaksi IBTimes pada Rabu sore (23/10/2019).

Lebih lanjut lagi, Haedar menegaskan tidak mengatakan Muhammadiyah mendapatkan empat kursi menteri diisi oleh kader Muhammadiyah. “Bukan empat menteri Muhammadiyah. Wartawan keliru tangkap pesan,” tandas Haedar mengakhiri tanggapannya.

Di sisi lain, Haedar menegaskan keyakinannya terhadap integritas kader yang masuk kabinet. Hal ini disebabkan kader-kader Muhammadiyah adalah orang terpilih dengan profesionalitas yang teruji.

“Muhammadiyah ini menempatkan orang saja untuk rektor, untuk direktur rumah sakit itu betul-betul kita pilih betul. Ketiga orientasi tindakan, kebijakan dan langkah Muhammadiyah itu suka bekerja, sedikit bicara banyak bekerja,” ucap Haedar dilansir Detik.com pada Rabu siang (23/10/2019).

Sementara itu, setelah pengumuman kabinet, Muhadjir yang pada periode sebelumnya mengamban amanah sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI segera melakukan serah terima jabatan kepada Mendikbud RI yang baru, Nadiem Makarim. (nabhan)

Baca Juga  Muhammadiyah Gelar Penanaman Mangrove di Ekspedisi Destana Tsunami

IBTimes.ID - Kanal Islam Berkemajuan, dihidupi oleh jaringan penulis yang memerlukan dukungan untuk bisa menerbitkan tulisan secara berkala. Agar kami bisa terus memproduksi artikel-artikel keislaman yang mencerahkan masyarakat, silakan sisihkan sedikit donasi untuk keberlangsungan kami.

Transfer Donasi Kamu ke Rekening

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here