Fadhilah Sholat Tahajud: Kandungan Surat Al-Isra' Ayat 79 - IBTimes.ID
Tafsir

Fadhilah Sholat Tahajud: Kandungan Surat Al-Isra’ Ayat 79

2 Mins read

Sholat tahajud merupakan sholat sunnah muakad yang dilakukan oleh Rasulullah di waktu malam atau pada sepertiga malam. Meski hukumnya sunnah, semasa hidup, Rasulullah tidak pernah meninggalkan sholat tersebut. Selain itu, fadhilah sholat tahajud ialah satu-satunya sholat sunnah yang disebutkan di dalam Al-Quran, yaitu pada Q. S. Al-Isra’ ayat 79 :

وَمِنَ ٱلَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِۦ نَافِلَةً لَّكَ عَسَىٰٓ أَن يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحْمُودًا

Artinya, “Dan pada sebagian malam, lakukanlah sholat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu. Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.”

Pandangan Tafsir Al-Qur’an tentang Sholat Tahajud

وَمِنَ ٱلَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِۦ نَافِلَةً لّكَ

Dari ayat tersebut, Rasulullah mempunyai kewajiban tambahan yang dikhususkan untuk beliau, yaitu melaksanakan sholat tahajud. Sholat tahajud juga menjadi perintah pertama melaksanakan sholat lail (sholat malam) setelah sholat wajib 5 waktu.

Kata فَتَهَجَّدْ (tahajud) memiliki asal mufrodnya dari kata هجود (hujud ) yang berarti tidur. Sehingga sholat tahajud  dapat berarti  meninggalkan tidur untuk melaksanakan salat. Dari pengertian tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa pelaksanaan sholat tahajud adalah sholat yang dilaksanakan pada malam hari setelah terbangun dari tidur. Sholat tahajud sangat dianjurkan dilakukan pada waktu sepertiga malam. 

Kata نَافِلَةً لّكَ yang berarti fadhu tambahan. Sholat tahajud menjadi sholat tambahan yang dikhususkan bagi Rasulullah, sedangkan bagi umat menjadi ibadah sunnah saja dan tidak ada kewajiban untuk melaksanakan. Namun sangat disayangkan apabila tersebut diabaikan, karena memiliki fadhilah sholat tahajud sangatlah besar. 

عَسَىٰٓ أَن يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحْمُودًا

Kata عسى (‘asa) biasanya berarti harapan (tauqi’). Kata عسى (harapan) apabila disertai dengan kata yang menunjukkan Allah Swt. maka harapan tersebut menjadi harapan yang mengandung kepastian. Apabila Rasulullah melaksanakan apa yang diperintahkan oleh Allah, maka Allah akan menempatkan Rasulullah pada hari kiamat di tempat yang terpuji (مَقَامًا مَّحْمُودًا). Menurut analisis Quraish Shihab, beliau menyatakan bahwa yang dimaksud maqam terpuji (مَقَامًا مَّحْمُودًا) adalah syafaat Rasulullah di hari kiamat (hari kebangkitan). 

Baca Juga  Beribadah 500 Tahun, tapi Masuk Neraka

Dari penafsiran di atas, sangat jelas bahwa Allah memperintahkan manusia untuk melaksanakan sholat tahajud pada malam hari. Waktu pelaksanaannya yaitu setelah sholat Isya dan sebelum adzan sholat Subuh. Sedangkan untuk jumlah rakaat, dilaksanakan dua rokaat salam, dan jumlah rokaatnya tidak ada batasan (semampunya).

Fadhilah Sholat Tahajud untuk Manusia

Selain manfaat yang telah disebutkan, menurut saya, fadhilah sholat tahajud melingkupi kesehatan tubuh hingga kehidupan sehari-hari, antara lain :

  1. Terkabulkan nya doa kita

Karena salah satu waktu yang mustajab untuk berdoa adalah pada waktu sepertiga malam. Pada malam itu, malaikat turun ke bumi untuk mencatat doa umat manusia dan doa tersebut akan disampaikan kepada Allah Swt.

  1. Sarana penghapus dosa-dosa kita

Sholat tahajud adalah salah satu cara kita untuk mendekatkan diri kepada Allah. Selain itu, waktu tersebut baik untuk mengingat, menyesali, dan memohon ampunan atas segala dosa-dosa kita selama hidup.

  1. Mendapatkan jaminan surga

Ada salah satu hadis yang diriwayatkan oleh Rasulullah bersabda :

“Wahai manusia, sebarkanlah salam, beri makanlah, sambung tali kasih, sholat malam lah saat orang terlelap, maka masuklah surga dengan selamat,” (HR. Al-Hakim, Ibnu Majah, At-Tirmizi).

Dari hadis tersebut, salah satu sholat malam saat manusia terlelap adalah sholat tahajud yang dilaksanakan pada malam malam hari atau sepertiga malam. 

  1. Terjaga dari penyakit paru-paru

Gerakan sholat dapat memberikan efek positif bagi sistem tubuh kita. Salah satunya pada saat kita takbiratul ihram, gerakan tersebut dapat membuka paru-paru lebih lebar yang dapat memperlancar aliran udara tubuh kita menuju paru-paru.

  1. Membuat pikiran kita tidak mudah stres 

Sholat tahajud apabila dilakukan dengan ikhlas dan tuma’ninah (tenang) dapat memperbaiki kondisi emosional. Ia juga dapat mengurangi beban pikiran yang berat. Hal tersebut menjadikan kita tidak mudah stres dan hati kita lebih tenang.

Baca Juga  Syarat Mutlak Menjadi Pemimpin itu "Mumpuni", Bukan Muslim

Dengan kita melaksanakan perintah sholat 5 waktu, dan sholat sunnah lainnya, seperti sholat tahajud akan mencegah dari perbuatan keji dan mungkar.

Menurut pendapat saya, sebagai umat di zaman yang modern ini, sholat tahajud merupakan sholat sunnah yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan. Ia adalah salah satu ibadah sunnah yang tidak pernah ditinggalkan oleh Rasulullah semasa hidupnya dan mempunyai manfaat sangat banyak bagi kesehatan dan kehidupan sehari-hari bagi kita. 

Editor: Shidqi Mukhtasor

Avatar
1 posts

About author
Mahasiswi IIQ An-Nur Yogyakarta
Articles
Related posts
Tafsir

Hermeneutika Schleiermacher: Memahami Teks Lebih Baik Ketimbang Penulisnya?

3 Mins read
Lahirnya Hermeneutik Literalisme dalam pembacaan teks-teks otoritatif pada kitab suci banyak memberikan pengaruhnya dalam mendorong praktik-praktik munculnya gerakan fundamentalisme dan radikalisme di…
Tafsir

Fitrah Manusia itu Adalah Citra Ilahi!

8 Mins read
Kekhalifahan Manusia dan Hasrat Primrodial Tuhan Ketika puncak karir sudah mentereng, ia masuk pada fase redup dengan purnabakti. Saat hasrat materialisme terpuaskan…
Tafsir

Inilah Makna Sebenarnya Diinul Qayyim

4 Mins read
Diinul Qayyim Diinul Qayyim (Qs. Al-Bayinah: 5) adalah agama yang tegak dan adil, atau maknanya agama yang lurus lagi pertengahan (wasatiyah). Ada…

Tinggalkan Balasan

Mari Kolaborasi
Mari Berkolaborasi bersama kami "IBTimes.ID - Cerdas Berislam" dan para kontributor lainnya untuk memproduksi narasi Islam yang mencerahkan.
Donasi dapat melalui Bank Mandiri 137-00-5556665-3 a.n Litera Cahaya Bangsa