Kalam

Harun Nasution: Antara Akal dan Wahyu Tidak Bertentangan

2 Mins read

Harun Nasution merupakan seorang tokoh muslim Indonesia yang lahir di Sumatra Utara, 23 September 1919 dan meninggal di Jakarta, 18 September 1998. Ia pernah mengajar di beberapa Universitas; Universitas Negeri Jakarta (UNJ), IKIP Jakarta, Universitas Nasional (UN), IAIN Syarif Hidayatullah.

Ia juga terkenal sebagai seorang penulis, beberapa bukunya yaitu Filsafat Agama, Teologi Islam, Akal dan Wahyu dalam Islam, Sejarah Pemikiran dan Gerakan, Islam Rasional, dan Islam Sitinjau dari Berbagai Apeknya.

Riwayat Pendidikannya, ia pernah menempuh di Belanda Hollandsche Indiansche School (HIS), di Bukittinggi Modern Kweekschool (MIK), di Mesir Universitas al-Azhar dan Universitas Amerika. Ia juga pernah menempuh pendidikan di Kanada McGill University. Sedangkan untuk pendidikannya tentang agama seperti halnya sholat, puasa, mengaji dan ibadah lainnya beliau belajar dari lingkungan keluarganya.

Gagasan Harun Nasution

Dari beberapa gagasan Harun Nasution yang menjadi salah satu fokusnya tentang hubungan akal dan wahyu. Di dalam al-Qur’an sudah dijelaskan bahwa kedudukan akal itu sangat tinggi. Dalam pandangan Islam, baik dalam aspek apapun seperti bidang filsafat, ilmu Kalam, bahkan fiqh, teks wahyu tetap dipercaya kebenarannya dan posisinya berada di atas akal.

Dalam konteks ini akal akan tetap patuh pada teks wahyu karena akal itu dipergunakan untuk mengetahui/menafsirkan teks wahyu. Bukan malah sebaliknya yaitu menentangnya. Yang dipertentangkan dalam sejarah ajaran Islam adalah penafsiran antar satu teks wahyu dengan teks wahyu yang lainnya, bukan akal dan wahyu. Kesimpulannya disini bahwa yang diperdebatkan sebenarnya adalah pendapat dari satu akal ulama dengan akal ulama yang lain.

Menurut Harun yang sangat menentukan antara pantas atau tidaknya pengetahuan/pemahaman seseorang tentang ajaran Islam, ditentukan oleh sedikit banyaknya kontribusi akal terhadap sistem doktrin dari suatu aliran. Berhubungan dengan akal, bukan hanya soal wahyu, Harun Naution pernah menulis, “tekad atau kekuatan manusia itu dilambangkan oleh akal. karena dengan akal, manusia memiliki sebuah kesanggupan untuk menaklukkan makhluk lainnya”.

Baca Juga  Ketika Pendosa Menjadi Objek Kajian Ilmu Kalam

Kesanggupan yang dimiliki oleh akal manusia itu dapat digunakan untuk menaklukkan kekuatan yang ada disekitarnya atau yang ada pada makhluk lainnya. Ketika akal yang dimiliki oleh manusia itu bertambah tinggi maka secara otomatis kesanggupan dalam mengalahkan makhluk lain juga bertambah. Begitupun sebaliknya, apabila akal yang dimiliki oleh manusia bertambah lemah maka bertambah lemah pula kesanggupannya untuk menaklukkan kekuatan yang lainnya.

Harun Nasution menjelaskan dalam sejarah Islam bahwa akal manusia itu memiliki kedudukan yang tinggi dan sering dipergunakan. Dan itu bukan hanya terjadi pada perkembangan kebudayaan dan ilmu pengetahuan saja. Namun hal itu juga terjadi pada perkembangan dari ajaran-ajaran Islam, didalam al-Qur’an sudah dijelaskan tentang perintah pemikiran akal.

Pembaru Teologi

Predikat Harun Nasution dalam pembaharuan teologinya itu didasarkan pada keadaan umat Islam Indonesia saat itu. Banyak terjadi kemunduran dan juga keterbelakangan, dan semua itu disebabkan oleh adanya kesalahan dalam pemikiran teologinya. Pemikiran ini serupa dengan pemikiran pembaharu sebelumnya seperti Muhamad Abduh, Sayid Amer, dan Rashid Ridho. Mereka berpandangan bahwa kaum muslim harus kembali kepada doktrin agama Islam yang sesungguhnya.

Menurut pandangan Harun Nasution, apabila kaum muslim ingin merubah nasib mereka maka mereka juga sudah sepatutnya untuk mengubah pemikiran teologi mereka yang berwatak keinginan bebas rasional serta juga otonom. Maka teori pembaharuan ini juga sudah tidak diherankan apabila kemudian hari ditemukan teologi Mu’tazilah dalam khasanah Islam klasik itu.

Editor: Dhima Wahyu Sejati

Siti Maslukhah
1 posts

About author
Mahasiswi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Articles
Related posts
Kalam

Inilah Tujuh Doktrin Pokok Teologi Asy’ariyah

3 Mins read
Teologi Asy’ariyah dalam sejarah kalam merupakan sintesis antara teologi rasional, dalam hal ini adalah Mu’tazilah serta teologi Puritan yaitu Mazhab Ahl- Hadits….
Kalam

Lima Doktrin Pokok Teologi Mu’tazilah

4 Mins read
Mu’tazilah sebagai salah satu teologi Islam memiliki lima doktrin pokok (Al-Ushul al-Khamsah) yaitu; at-Tauhid (Pengesaan Tuhan), al-Adl (Keadilan Tuhan), al-Wa’d wa al-Wa’id…
Kalam

Asal Usul Ahlussunnah Wal Jama'ah

2 Mins read
Ahlussunnah Wal Jama’ah merupakan pemahaman tentang aqidah yang berpedoman pada Sunnah Rasulullah Saw dan para sahabatnya. Ahlussunnah Wal Jama’ah berasal dari tiga…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This will close in 0 seconds