Beranda Report Hard News Hilman Latief : LazisMu-MDMC Luncurkan Program Ramadhan yang Mencerahkan

Hilman Latief : LazisMu-MDMC Luncurkan Program Ramadhan yang Mencerahkan

IslamBerkemajuan.id, Yogyakarta – Lembaga Amil, Zakat, Infak, Shadaqah Muhammadiyah (LazisMu) dan Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) dalam rangka menyambut Ramadan 1440 H meluncurkan program-program filantropi Islam. Pada agenda yang dilaksanakan Senin (29/4) di Gamping, Sleman, D.I Yogyakarta tersebut LazisMu bersama MDMC mendorong agenda-agenda yang mencerhkan secara spiritual, sosial-ekonomi, dan kemanusiaan.

Program-program ini masuk ke dalam tema besar “Ramadhan yang Mencerahkan”. Bertujuan untuk berbagi kepada saudara-saudara yang membutuhkan di seluruh kantor wilayah, daerah, dan kantor layanan dalam penerapan semangat rahmatan lil ‘alamin.  “Tema ini didasari pada nilai-nilai Islam yang pengejawantahannya menjunjung tinggi prinsip amanah, adil, ihsan dan kasih sayang dengan etika welas asih,” terang Direktur Utama LazisMu Hilman Latief.

Selama bulan Ramadhan 1440 H LazisMu mencanangkan program Back to Masjid, Indonesia Mobile Clinic (IMC), Kado Ramadhan dan MudikMu Aman. Masjid merupakan pusat pemberdayaan dan dakwah sosial yang harus diperhatikan, terutama di kawasan terpencil, tertinggal, dan terdepan serta kantong-kantong kemiskinan desa dan kota.  78 masjid se-Indonesia menjadi target program ini.

Sementara itu, tradisi mudik di Indonesia merupakan aktivitas rutin yang perlu mendapat perhatian. Lazismu menyiapkan 80 posko layanan mudik nasional bagi pemudik yang merasa lelah dan memerlukan keamanan beristirahat selama perjalanan. Program ini menjadi salah satu unggulan Lazismu telah dilaksanakan sejak tahun 2017 sampai sekarang.

Di samping program-program Ramadhan, LazisMu juga akan menyalurkan bantuan kepada guru-guru, bekerjasama dengan Alfamart melalui program Peduli Guru dan bantuan school kit. LazisMu juga menyediakan layanan kesehatan melalui program nasional Indonesia Mobile Clinic dengan target penerima manfaat selama Ramadhan 10.900 jiwa.

Sedangkan program Kado Ramadhan merupakan aksi kepedulian selama bulan suci untuk meringankan kebutuhan hidup masyarakat dhuafa. Kado Ramadhan dilaksanakan untuk membantu menunaikan ibadah puasa dan menyambut hari lebaran dengan target nasional 366.518 penerima manfaat.

Selain terkait Ramadhan, Lazismu juga meluncurkan Gudang Kemanusiaan bekerja sama dengan Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC). Gudang ini diperuntukkan sebagai sarana untuk mengumpulkan dan mendistribusikan instrumen bantuan kemanusiaan jika bencana terjadi juga dirancang sebagai wahana edukasi kebencanaan.

“Gudang kemanusiaan ini tidak boleh sepi direncanakan akan ditata sebagai kawah candradimuka untuk edukasi sosial kebencanaan dan kemanusiaan,” ujar Ketua LPB PP Muhammadiyah Budi Setiawan. (nabhan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read

Prawoto Mangkusasmito: Guru Muhammadiyah Menjadi Ketum Partai Masyumi

Oleh: Mu'arif*   Lahir di Tirto, Grabag, Magelang, pada 4 Januari 1910, Prawoto Mangkusasmito adalah putra dari Supardjo Mangkusasmito dan Suendah. Menempuh Pendidikan dasar di Hollands...

“Islam Berkemajuan” ala Buya HAMKA

Oleh: Mu’arif Buya HAMKA merupakan ulama Muhammadiyah yang berhasil meninggalkan warisan intelektual Islam yang besar berupa tafsir Alqur’an, yaitu Tafsir Al-Azhar. Selain itu memiliki gagasan...

Manusia Angka

Oleh: Faris Ibrahim*   Cukup aneh bukan? Manusia bisa memprediksi dengan tepat kapan Mars akan berada di langit‒ bahkan untuk seratus tahun ke depan. Namun, lucunya,...

MDMC Sampaikan Strategi Kebijakan Penanggulangan Bencana di Forum ASEAN

IBTimes.ID - Singapura (21/08) – Setelah Juni lalu diminta berbicara di PBB, pada tanggal 21 Agustus 2019, Dr. Rahmawati Husein, Wakil Ketua Lembaga Penanggulangan...

Kompleksitas Papua I: Adakah Faktor Amerika?

Oleh: Hasnan Bachtiar Masalah konflik Papua sebenarnya rumit. Lebih rumit dari bayangan kita selama ini. Karenanya, hal ini tidak bisa didudukkan sebagai sekedar masalah pelanggaran...