Perspektif

Masjid sebagai Pusat Perlawanan, Bukan Penularan

2 Mins read

Sebagian masyarakat sepertinya melihat masjid masih sebagai tempat ibadah ritual semata, hanya jadi tempat salat, tadarusan dan ngaji. Padahal sebagaimana dicontohkan Nabi dan para sahabat, masjid merupakan ajang berkreasi, berkoordinasi, latihan perang, dan memikirkan solusi atas persoalan yang terjadi di masyarakat.

Karena masjid diposisikan hanya sebagai tempat ibadah ritual, maka di masa pandemi ini terjadi benturan antara protokol penanganan covid dan aktivitas masjid, di mana protokol penanganan covid mewajibkan physical distancing sementara masjid jadi tempat berkumpulnya masyarakat untuk menjalankan ritual. Apalagi masih banyak pengurus masjid yang memegang prinsip “tidak takut corona tapi takut Allah”. Di sini, masjid justru berpotensi menjadi kantong-kantong penularan covid.

Akan jadi lain bila kita melihat masjid secara lebih substantif, yaitu sebagai jaringan jamaah atau umat sekaligus wahana untuk memberi solusi atas persoalan yang ada. Dengan demikian, alangkah bagus kalau institusi masjid jadi pusat perlawanan terhadap covid, misalnya pusat edukasi kesehatan masyarakat, pusat jaringan pengamanan ekonomi bagi masyarakat yang ekonominya terdampak parah dan lain sebagainya. Bukankah ini juga bentuk ibadah juga?

Takmir dan jamaah bisa saling berbagi panduan secara online, ataupun menfotokopi selebaran mengenai bagaimana melindungi diri dari covid lalu menyebarkannya ke jamaah yang tidak punya akses media online. Takmir dan jamaah bisa terhubung secara online untuk saling berbagi dukungan moral, saling ta’awun untuk menjaga keselamatan bersama, berbagi doa, saling mengingatkan kepada yang baru mudik dari luar kota dan lain sebagainya.

Masjid menjadi jejaring yang bisa menjadi sumber informasi covid bagi setiap jamaah. Tentu semua itu sangat bisa dilakukan dengan tetap mengindahkan prosedur keselamatan bersama, setidaknya tidak melakukan pertemuan secara fisik.

Baca Juga  Sikap Politik Komikus dan Islamisme
***

Masjid sebagai jaringan jamaah bisa digunakan untuk berbagi informasi mengenai siapa saja jamaah yang sangat tertekan secara ekonomi. Sangat sulit memenuhi kebutuhan sehari-hari bahkan yang sampai mempertaruhkan jiwa dengan bekerja di luar rumah. Setelah itu bisa dilanjutkan dengan aktifitas infak jamaah masjid untuk membantu yang mengalami kesulitan.

Apakah masjid hanya bermanfaat untuk jamaahnya? Tentu masjid bisa memberi manfaat bagi siapa saja, termasuk masyarakat yang tidak rutin berjamaah di masjid tersebut. Barokah masjid bisa meluas ke mana saja, tanpa disekat ruang dan tembok bangunan. Inilah masjid yang substantif.

Aktivitas ritual kemasjidan masih bisa terus berjalan. Kalau yang tahlil, bisa tahlil online. Atau bisa juga tadarusan online. Kuliah keagamaan semacam kultum bisa pakai Zoom atau sarana lain, tetap dalam lingkup jamaah masjid itu. Hal jelas sudah dilaksanakan kantong-kantong masyarakat seperti kampus dan sekolah yang menyelenggarakan kuliah online. Tentu masjid juga bisa. Saya tidak punya kapasitas ilmu keagamaan untuk mewacanakan salat berjamaah online, misalnya Jum’atan online seperti dibuka oleh Ust. Wawan Gunawan Abdul Wahid, seorang anggota Divisi Fatwa Majelis Tarjih PP Muhammadiyah. Namun kalau kajian agama online dan tadarus online tentu tidak ada hambatan dari sisi keagamaan.

***

Ringkasnya, kita perlu mengembalikan cara pandang kita terhadap masjid kembali ke cara pandang yang luas, yaitu memandang masjid tidak hanya sebagai bangunan dan tempat yang disekat oleh tembok. Tapi memandang masjid sebagai jejaring jamaah atau kantong komunitas dan budaya yang sangat fungsional untuk menyelesaikan persoalan masyarakat, termasuk menjadi pusat-pusat perlawanan terhadap covid.

Memakmurkan masjid bukan hanya dibatasi pada salat jumat dan kegiatan berkumpul lainnya, karena hal ini justru membahayakan jamaah, tapi memakmurkan masjid dengan menjalankan fungsinya sebagai jejaring jamaah dan beribadah dalam cara yang luas. Dengan demikian, kita tetap memakmurkan masjid di tengah deraan covid dengan cara yang lebih fungsional dan tidak mengundang kemudharatan.

Baca Juga  3 Kesalahan Bukber Ramadhan yang Sering Dilakukan

Jadikan masjid sebagai ajang mendapat solusi, bukan sebagai wahana menularkan infeksi.

Editor: Yahya FR
17 posts

About author
Santri Nogotirto. Dokter Spesialis Anestesi
Articles
Related posts
Perspektif

Moderasi Hilirisasi Haji

3 Mins read
Dalam beberapa tahun terakhir, hilirisasi haji telah menjadi sorotan penting di Indonesia. Berangkat dari visi untuk memberikan pelayanan haji yang berkualitas dan…
Perspektif

AI dan Masa Depan Studi Astronomi Islam

4 Mins read
Kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) merupakan program komputer yang dirancang dan dihadirkan untuk dapat meniru kecerdasan manusia, termasuk kemampuan pengambilan keputusan,…
Perspektif

Pendidikan sebagai Dasar Pembentuk Nilai Hidup

3 Mins read
“Pendidikan (opvoeding) dan pengajaran (onderwijs) merupakan usaha persiapan dan persediaan untuk segala kepentingan hidup manusia, baik dalam hidup bermasyarakat maupun hidup berbudaya…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This will close in 0 seconds