Muhammad Ali Taher, Politikus Dermawan Muhammadiyah - IBTimes.ID
Ar Rasikhuna fil Ilmi

Muhammad Ali Taher, Politikus Dermawan Muhammadiyah

2 Mins read

Siapa yang tidak mengenal sosok Dr. H. M Ali Taher Parasong, SH., M.Hum, yang biasa dipanggil Ali Taher beberapa tahun belakangan ini?

Pendidikan

Dr. H. M Ali Taher Parasong, SH., M.Hum lahir di Lamakera, Solor Timur, Flores Timur, 9 Februari 1961. Masa pendidikan dasarnya ia selesaikan di SDN Slipi I Petang Jakarta. Ia lulus pada tahun 1974, kemudian melanjutkan sekolahnya di tingkat Sekolah Menengah Pertama di SMP Muhammadiyah 26 Jakarta dan lulus tahun 1977. Ia melanjutkan Sekolah Menengah Atas di SMAN 26 Jakarta Barat dan lulus tahun 1981.

Ali Taher melanjutkan S1 di Universitas Muhammadiyah Jakarta, lulus 1987. Setelah itu ia lanjut sekolah S2 di Universitas Tarumanagara Jakarta,  lulus tahun 2002, hingga beliau melanjutkan studi master S3 di Universitas Padjajaran Bandung, lulus 2012 dan saat ini Ali Taher menjadi Anggota Komisi VIII DPR RI dari Fraksi PAN .

Kontribusi di Muhammadiyah & Politik

Kiprah Ali Taher di Muhammadiyah yaitu ia pernah menjadi Anggota Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik PP Muhammadiyah pada tahun 2005 sampai dengan 2010, Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Provinsi Banten 2005 sampai 2010, Penasehat Majelis Ekonomi PP Muhammadiyah tahun 2010 – 2015, dan Penasehat Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Banten pada tahun 2010 sampai 2015.

Di PAN, ia menjadi Wakil Sekjend DPP PAN tahun 2005 – 2010, serta pernah menjadi salah satu Anggota Bidang Hukum dan Perundang-undangan MUI Pusat tahun 2005 – 2010. Bahkan ia menjadi Ketua DPP PAN periode pada tahun 2010 sampai dengan 2015.

Ia menjadi anggota Komisi VIII DPR RI dari Fraksi PAN. Sebelum itu, ia menjadi salah satu Dosen di Universitas Muhammadiyah Jakarta sejak tahun 1987. Fahri Hamzah, Komisi VIII DPR RI sebelumnya mengingatkan kepada Ketua Komisi VIII yang baru bahwa masih banyak tugas-tugas yang harus dievaluasi dan diselesaikan.

Baca Juga  Walaupun Dihujat, Mas Dawam Tetap Muhammadiyah Sampai Akhir Hayat

Salah satunya adalah evaluasi pengawasan pelaksanaan Ibadah Haji. Menurut Fahri, pengawasan pelaksanaan haji harus dilakukan tidak hanya pada saat pelaksanaan Ibadah Haji saja, tetapi harus diawasi juga pada saat persiapan pelaksanaan Ibadah Haji. Karena pelanggaran juga dapat terjadi pada saat persiapan Pelaksanaan Ibadah Haji tersebut.

Setelah selesai dilantik, M. Ali Taher yang berasal dari Fraksi PAN DPR RI menyampaikan permohonan kepada seluruh Anggota Komisi VIII DPR RI yakni berupa dukungan, do’a, saran, masukan, dan kritik dalam mengemban jabatan yang diamanatkan kepadanya.

Saat menjadi seorang politisi Partai Amanat Nasional yang kini menjabat sebagai Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) DPR RI, ia pernah mengunjungi kampung halamannya di Desa Petuntawa Kecamatan Ile Ape Kabupaten Lembata. Kedatangannya bersama Wakil Menteri Agama Republik Indonesia Dr. H. Zainut Tauhid Sa’adi, M.Si beserta rombongan salah satunya untuk melihat keinginan dan menjalakan amanah dari orang tuanya.

Ia hadir disini untuk meneruskan perjuangan ayahnya yang pernah membangun masjid, dan kemudian direhab dan dibangun kembali olehnya di salah satu desa bernama Riang Bao. Pembangunan masjid ini sebagai bhaktinya terhadap ayah tercinta yang tinggal di kampung Riang Bao sebagai desa yang pernah memberi arti kehidupan bagi mereka.

Editor: Yusuf

Muhammad Alif Al-Gadri
1 posts

About author
Mahasiswa Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Jakarta
Articles
Related posts
Ar Rasikhuna fil Ilmi

Azyumardi Azra dan Personal Account-nya

4 Mins read
Jika ada cendekiawan muslim dari Indonesia yang begitu produktif menulis, itulah Azyumardi Azra. Karya tulis guru besar UIN Syarif Hidayatullah kelahiran Lubuk…
Ar Rasikhuna fil Ilmi

Kemurahan Hati Buya Hamka terhadap Pramoedya Ananta Toer

3 Mins read
Pramoedya Ananta Toer merupakan sastrawan yang fenomenal pada zamannya. Begitu pula dengan Buya Hamka, beliau juga merupakan seorang ulama yang termasyhur di…
Ar Rasikhuna fil Ilmi

Al-Baghawi, Ulama yang Menghidupkan Sunnah

2 Mins read
Al-Baghawi merupakan seorang fakih, muhaddis, dan mufassir yang banyak mengkaji tentang Al-Qur’an, hadis, dan sunnah nabawiyyah. Nama lengkapnya adalah Abu Muhammad al-Husayn…

Tinggalkan Balasan