Penulis berpendapat sejak awal bahwa Islam memiliki pandangan tersendiri tentang pendidikan, yang dapat mempengaruhi baik proses pendidikan maupun arah yang harus ditempuh dalam pendidikan.
Filsafat Pendidikan Islam
Mengenai Pendidikan Islam, buku ini dapat dimanfaatkan sebagai sumber oleh instruktur saat ini dan calon. Buku ini membahas beberapa keprihatinan tentang kegiatan reflektif ketika menangani pendidikan Islam dan teknik untuk memperkuat pemikiran filosofis Islam dalam upaya untuk membantu pendidik lebih memahami hakikat pendidikan Islam.
Dalam konteks Filsafat Pendidikan Islam, buku ini membahas berbagai kajian berdasarkan sumber-sumbernya. Pengantar buku menjelaskan pentingnya filsafat dalam perkembangan ilmu pengetahuan karena filsafatlah yang melahirkan disiplin ilmu.
Peran dan tujuan filsafat lebih tertuju pada metode, sedangkan ilmu lebih tertuju pada hasil akhir. Ilmu pendidikan Islam akan berkembang dengan cara yang sama dengan bidang-bidang ilmu lain di masa lalu ketika telah keluar dari rahim filsafat. Wahyu Al-Qur’an dan Hadits dijadikan sebagai landasan bagi ilmu pendidikan Islam.
Pada buku ini terdapat empat belas bab, diantaranya yaitu: pengertian dan ruang lingkup filsafat pendidikan Islam, sistem Pendidikan Islam, dasar-dasar pendidikan Islam, hakikat tujuan pendidikan Islam, pandangan Islam tentang alam, hubungan manusia dengan alam, pendidikan Islam dalam pemikiran para ahli, hakikat manusia, hakikat kedudukan manusia serta tugas dan tujuan hidupnya, hakikat pendidik, hakikat peserta didik, hakikat kurikulum dalam pendidikan Islam, hakikat alat dan pendidikan Islam, dan yang terakhir hakikat evaluasi dalam pendidikan Islam.
***
Penulis buku ini memaparkan metode dan jangkauan pendidikan Islam yang mencakup semua aspek kompetensi manusia dan prinsip-prinsip dasar pendidikan yang dapat mengembangkan kepribadian setiap siswa.
Pembahasan studi tentang pandangan filosofis sistem pendidikan serta aliran filsafat Islam tentang keberadaan masalah pendidikan dan bagaimana dampaknya terhadap pertumbuhan dan perkembangan manusia juga mencakup bagian tentang filsafat pendidikan Islam.
Selain itu, pembahasan kajian tentang aplikasi dan justifikasi teknik sistem filsafat Islam untuk menyelesaikan masalah pendidikan dapat memberikan pedoman dan tujuan yang tepat untuk pelaksanaan pendidikan Islam.
Tujuan pendidikan Islam adalah untuk menanamkan prinsip-prinsip moral yang tinggi kepada orang-orang yang sejalan dengan ajaran Islam. Sebab telah dibuktikan bahwa pendidikan Islam dapat memajukan umat manusia. Pendidikan Islam juga memiliki unsur-unsur yang terstruktur. Akibatnya, komponen-komponen penyusun struktur tersebut saling terkait dan terfokus pada konteks kehidupan lingkungan. Oleh karena itu, Al-Qur’an dan As-Sunnah (Hadis) dijadikan sebagai dasar pendidikan Islam. Adapun tujuan pendidikan Islam adalah agar sejalan dengan Allah, yaitu dengan menjadi hamba yang bertakwa kepada-Nya.
Manfaat buku ini adalah dapat sangat berguna bagi pembaca secara intelektual dan moral. Juga bermanfaat bagi para pendidik di bidang pendidikan, terutama jika menyangkut bahan-bahan dari penelitian ilmiah yang saling melengkapi dan relevan dengan sistem pendidikan Islam.
Selain itu, penulis berkomunikasi dengan cara yang jelas, sederhana, dan menyeluruh. Buku ini juga membahas secara rinci tentang Al-Qur’an dan As-Sunnah sebagai sumber pendidikan filsafat Islam (hadits).
Kelemahan Buku
Kelemahan dari buku ini adalah kurangnya keseriusan, karena topiknya benar-benar internasional, sama seperti manfaatnya. Perdebatan hanya memperkenalkan subjek pengetahuan dalam pendidikan Islam sebab lebih berorientasi pada ontologis daripada berorientasi ke epistemologis.
Selain itu, kurangnya fokus diskusi adalah kelemahan lain, yang dapat menyebabkan pembaca kehilangan minat baca. Mungkin sulit bagi pembaca pemula untuk memahami kata-kata asing yang ditulis dalam buku ini karena beberapa di antaranya jarang digunakan. Melalui pengalaman dan informasi yang sudah diketahui, buku ini dapat ditingkatkan lebih jauh lagi.
Terakhir, sebagai makhluk rasional, kita harus selalu menjaga hasrat kita akan pengetahuan tetap hidup dan berefleksi sebelum kita berbicara atau bertindak. Bagaimana pendidikan dibentuk selama lima sampai sepuluh tahun ke depan akan menjadi cerminan betapa hebatnya generasi muda saat ini.
Diharapkan dengan diterbitkannya buku “Filsafat Pendidikan Islam: Memahami Prinsip Dasar” ini mampu menjawab persoalan-persoalan di bidang pendidikan, khususnya pendidikan Islam, dan memberikan wawasan baru bagi kaum intelektual. Sebab kekuatan suatu bangsa terletak pada sistem pendidikannya.
Judul Buku : FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM MEMAHAMI PRINSIP DASAR
Pengarang : Dr. Afiful Ikhwan, M.Pd.I
Penerbit : Diandra Creative
Tahun Terbit : 2018
Tebal : 244 halaman
Ukuran : 15,5 x 23 cm
Cetak : Cetakan II Tahun 2022
ISBN : 9786023367269
Harga : 75.000
Editor: Saleh