Pimpinan MTA Ahmad Sukina Meninggal Dunia - IBTimes.ID
News

Pimpinan MTA Ahmad Sukina Meninggal Dunia

1 Mins read

IBTimes.ID – Ketua Umum Majelis Tafsir Al-Quran (MTA) Ahmad Sukina meninggal dunia, Kamis (25/2/2021), di RSUD dr. Moewardi Solo.

Innalillahi wainna ilaihi rojiun. Ust Sukina MTA telah wafat pagi ini Kamis 25 Februari 2021 sekitar pukul 04.05 WIB. Allahumaghfirlahu warhamhu waafihi wa’fu’anhu,” demikian pesan WhatsApp yang beredar Kamis pagi.

Dilansir dari Solopos, Sekretaris Ahmad Sukina, Adil Prasetyo membenarkan kabar bahwa Ustadz Ahmad Sukina meninggal dunia.

“[Wafat] Dini hari tadi pukul 03.47 WIB,” ujarnya lewat pesan Whatsapp.

Menurut Adil, pemakaman akan dilakukan pukul 14.00 WIB siang nanti.

Biografi Ustadz Ahmad Sukina

Ahmad Sukina lahir di Gawok, Sukoharjo pada 27 Oktober 1948. Ia merupakan anak dari pasangan Siti Sa’diyah dan Muhammad Bisri. Sebagai pegawai negeri sipil, orang tua Ahmad Sukina mendapat tugas untuk berdinas di luar kota dan akhirnya menetap di desa Pelok Sepur Kecamatan Ngrampal, Sragen. Kedua orang tuanya yang dikenal sebagai aktivis Masyumi dan Muhammadiyah yang bergiat dalam dakwah Islam.

Ustadz Ahmad Sukina juga belajar mengaji kepada kakeknya yang bernama Abdullah Manan, seorang aktivis Masyumi di Surakarta. Pendidikan dasar dan menengahnya diselesaikan di Surakarta. Cita-cita Ustadz Ahmad Sukina sejak kecil ingin menjadi guru agama sepenuhnya mendapat dukungan dari kedua orang tua.

Di Perguruan Tinggi, Ustadz Sukina menempuh pendidikan Tarbiyah di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Ketika menjadi mahasiswa di UMS, jiwa organisasi Ustadz Sukina mulai terlatih. Ia mulai aktif di Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Pelajar Islam Indonesia (PII), dan Pemuda Muhammadiyah Kartasura.

Setelah menamatkan pendidikan di UMS, ia menjadi guru di SD Muhammadiyah Kartasura selama tujuh tahun. Ia juga sempat mengajar di beberapa sekolah seperti SMPN 3 Kartasura, Sukoharjo, Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki Sukoharjo, MAN Sukoharjo, hingga SMA MTA Solo.

Baca Juga  Budi Setiawan: Klinik Anak Mestinya Tidak Campur Klinik Orang Dewasa

Ia menjadi Ketua MTA setelah menggantikan ketua pertama sekaligus pendiri MTA, Ustadz Abdullah Thufail Saputra yang meninggal pada tahun 1992. Ustadz Abdullah Thufail adalah guru yang sangat diidolakan oleh Ustadz Ahmad Sukina. Ustadz Ahmad Sukina tidak pernah absen dalam menghadiri pengajian Ustadz Abdullah Thufail sejak tahun 1974.

Reporter: Yusuf

Redaksi
221 posts

About author
IBTimes.ID - Cerdas Berislam. Media Islam Wasathiyah yang mencerahkan
Articles
Related posts
News

Menag Yaqut: Hukum Penista Agama Apapun di Indonesia!

1 Mins read
IBTimes.ID – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyerukan menghukum penista agama apapun di Indonesia. Hukuman penista agama diminta tidak pandang bulu. Gus Yaqut mendorong polisi…
News

3 Program Utama Lazismu di Ramadhan 1442 H

2 Mins read
IBTimes.ID – Ramadhan adalah bulan suci yang penuh berkah, di dalamnya terdapat energi positif untuk meningkatkan spiritual umat dalam melaksanakan berbagai kegiatan…
News

Diresmikan Benyamin Davnie, Kantor Layanan LazisMu Tangsel Siap Beroperasi

1 Mins read
Lazismu Berikan Sumbangsih yang Nyata IBTimes.ID, Tangerang Selatan – Sejak didirikan oleh PP Muhammadiyah tahun 2002, LAZISMU telah menjadi salah satu lembaga…

Tinggalkan Balasan

Mari Kolaborasi
Mari Berkolaborasi bersama kami "IBTimes.ID - Cerdas Berislam" dan para kontributor lainnya untuk memproduksi narasi Islam yang mencerahkan.
Donasi dapat melalui Bank Mandiri 137-00-5556665-3 a.n Litera Cahaya Bangsa