Potret Pembelajaran Islam di Rusia - IBTimes.ID
Humaniora

Potret Pembelajaran Islam di Rusia

1 Mins read

Dilansir dari World Population Review, jumlah pemeluk agama Islam di muka bumi ini pada tahun 2020 yakni sebanyak 1,91 miliar orang. Dengan jumlah penduduk sebanyak ini, menempatkan Islam sebagai agama kedua terbesar dengan jumlah pengikut terbanyak di dunia setelah agama Kristen.

Para pemeluk agama Islam pastinya tersebar ke berbagai belahan dunia ini. Tahukah kalian jumlah pemeluk agama Islam di Rusia?

Ternyata, jumlah pemeluk agama Islam di negara yang sekarang sedang berkonflik dengan Ukraina tersebut lumayan banyak. Melansir data dari The Moscow Times (5/3/2019), jumlah pemeluk agama Islam di negara tersebut di antara 14-20 juta orang atau 10-14% dari total penduduk Rusia yang berjumlah 146,8 juta di tahun 2018.

Jumlah tersebut menjadikan Islam sebagai agama kedua dengan pemeluk terbanyak di Rusia.

Ravi Gainutdin, sebagaimana dilansir dari Anadolu Agency, Ketua Dewan Mufti Rusia, mempredikasikan bahwa pada tahun 2019, ada sebanyak 30% dari jumlah penduduk Rusia akan memeluk agama Islam.

Perkiraan itu didasarkan pada tren demografis yang berlangsung di Rusia.

Karena, menurutnya, di beberapa wilayah yang penduduknya mayoritas muslim di Rusia seperti Kaukasus Utara dan Republik Tatarstan, mengalami intensitas kelahiran paling tinggi di negara tersebut.

Sekilas Potret Pembelajaran Islam di Rusia

Jika pembaca penasaran tentang bagaimana potret pembelajaran Islam di Rusia, para pembaca yang budiman bisa berkunjung ke kanal YouTube Barat Bersyahadat. Di kanal YouTube tersebut, terdapat video berdurasi 4.24 menit yang berjudul Mualaf Dunia Terbaru | Berkunjung ke Pesantren di Rusia.

Video tersebut merekam aktivitas pembelajaran agama Islam yang dilakukan oleh muslimah Rusia yang bertempat di sebuah ruangan yang ada di satu sudut masjid yang megah.

Baca Juga  Islam itu Bukan Negara, Titik!

Terlihat di sana para muslimah membawa buku berbahasa Arab dan begitu antusias mengikuti pembelajaran tersebut. Mereka berdiri satu per satu di tempat mereka yang kemudian melafalkan bacaan yang mungkin termasuk dalam materi pembelajaran saat itu.   

Nampak juga di sana seorang pengajar laki-laki berjubah yang dengan antusias mengajar para muslimah yang mengikuti proses pembelajaran tersebut.

Untuk lebih detailnya, sila saksikan video di bawah ini.

Penulis & Editor: Yahya FR

Print Friendly, PDF & Email
778 posts

About author
IBTimes.ID - Cerdas Berislam. Media Islam Wasathiyah yang mencerahkan
Articles
Related posts
Humaniora

Islam: Melebur dalam Seni dan Budaya Indonesia

4 Mins read
Islam Budaya | Indonesia dengan puluhan ribu pulau dari Sabang sampai Merauke memiliki beragam budaya dan adat istiadat. Keragaman budaya itu menghasilkan…
Humaniora

Empat Penyebab Intoleransi kepada Minoritas

3 Mins read
Dalam beberapa dekade terakhir, Indonesia sering kali dilanda oleh berbagai macam fenomena keagamaan, terutama pada umat Muslim. Intoleransi dan diskriminasi golongan tertentu…
Humaniora

Moderasi Beragama: Bukan Ekstrem Kanan dan Kiri

3 Mins read
Anugrah besar yang dimiliki Indonesia sebagai potensi luar biasa yang harus kita syukuri. Cara mensyukurinya yakni dengan menjaga dan merawatnya jangan sampai…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.