Salah Satu Tanda Jodoh adalah Bergetarnya Hati - IBTimes.ID
Report

Salah Satu Tanda Jodoh adalah Bergetarnya Hati

2 Mins read

IBTimes.ID – Jodoh dalam Bahasa Indonesia berarti pasangan. Sehingga jika ada orang yang kehilangan sandal sebelah kanan, ia bisa bertanya, “mana jodoh sandal saya yang kiri?”

Dalam Alquran, pasangan disebut dengan kata zauj. Dalam surat Adz-Dzariyat ayat 49 Allah SWT berfirman:

وَمِن كُلِّ شَىْءٍ خَلَقْنَا زَوْجَيْنِ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُونَ

Artinya: “Dan segala sesuatu Kami ciptakan berpasang-pasangan supaya kamu mengingat kebesaran Allah.”

Menurut Quraish Shihab dalam Narasi TV, ada jodoh yang sudah ditetapkan oleh Allah sehingga tidak bisa berubah. Allah telah menetapkan siang dan malam. Jodoh siang adalah malam, jodoh malam adalah siang.

Manusia diberikan kebebasan terbatas. Manusia tidak seperti daun yang dihembuskan oleh angin ke manapun angin pergi. Namun, dalam saat-saat tertentu, manusia tidak bebas sepenuhnya. Ada banyak yang tidak diminta oleh manusia, namun bisa diperoleh. Pada saat yang sama, ada banyak yang diharapkan, namun tidak diperoleh.

Quraish Shihab menjelaskan bahwa manusia memiliki kemampuan untuk berusaha. Adapun hasil usahanya ditentukan oleh Allah.

“Kita harus berusaha untuk menjemput jodoh dengan berbagai cara. Salah satu cara yang paling mudah adalah berdoa pada Tuhan. ‘Ya Allah, semoga apa yang saya kehendaki Kamu restui.’ Jadi usaha, jangan tidak berusaha. Siapa tau Tuhan menetapkan bahwa kita akan diberikan oleh jodoh jika kita berusaha,” ujar Quraish Shihab.

Hal tersebut sama dengan ketika seseorang yang sakit. Quraish Shihab mencontohkan bahwa ada orang yang ditetapkan oleh Allah akan meninggal dunia ketika tidak berobat. Namun, jika seseorang tersebut berobat, hidupnya akan berlanjut.

Jodoh yang diusahakan bisa jadi mudah, namun juga bisa jadi sulit. Bisa jadi tanpa usaha pun seseorang bisa mendapatkan jodoh. Jodoh adalah bagian dari rezeki. Rezeki adalah apa yang diperoleh oleh seseorang dan dapat dimanfaatkan.

Baca Juga  Percaya Kepada Allah, tapi Allah Yang Mana?

Maka ada doa-doa yang diajarkan untuk memperoleh jodoh. Contoh yang diberikan oleh Quraish Shihab adalah:

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَٰجِنَا وَذُرِّيَّٰتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ

Artinya : “Ya Allah, anugerahkan kepada kami pasangan dan anak keturunan yang menjadi buah mata kami.”

“Bisa dalam bahasa Indonesia, bisa dalam bahasa apa saja, bahkan bisa tanpa kata-kata. ‘Ya Allah, Engkau mengetahui keadaanku, aku butuh ini, atau aku tidak akan sampaikan kebutuhanku karena Engkau mengetahui kebutuhanku'” imbuhnya.

Menurut Quraish Shihab, dosa bisa menghambat segala sesuatu, termasuk jodoh. Karena dosa membuat seseorang jauh dengan Tuhan.

Ia menyebut bahwa salah satu tanda jodoh adalah ketika hati bergetar. Pikiran bisa memikirkan sesuatu. Akal bisa salah, dan akal memiliki pertimbangan yang berbeda dengan pertimbangan hati. Tidak ada seseorang pun yang luput dari kekurangan menurut akal.

“Maka kalau anda sudah senang dengan seseorang, jangan lagi tanya kepada akal anda. Karena kalau tanya akal, ada kekurangan. Tanya hati ada. Ketika hati anda bergetar, carikan pembenaran untuk akal anda. Jadi kalau hati sudah bergetar itu tanda jodoh,”

Reporter : Yusuf

Redaksi
277 posts

About author
IBTimes.ID - Cerdas Berislam. Media Islam Wasathiyah yang mencerahkan
Articles
Related posts
Report

Perokok di Muhammadiyah Makin Terasing dan Sedikit

1 Mins read
IBTimes.ID – Bertepatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia (HTTS) pada 31 Mei 2021, Muhammadiyah mendapatkan penghargaan South East Asia Region World No Tobacco Day…
Report

Pasang Surut Hubungan Indonesia - Palestina

2 Mins read
IBTimes.ID – Haji Agus Salim ada tahun 1936 sudah menulis tentang Arab dan Yahudi di Palestina. Ada juga Majalah Pancaran Amal yang…
Report

Inti Konflik Palestina Israel adalah Penjajahan

1 Mins read
IBTimes.ID – Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir menyebut bahwa inti konflik Palestina Israel adalah penjajahan Israel terhadap Palestina yang tak…

Tinggalkan Balasan