Review

Teologi Muslim Modern

7 Mins read

OLEH: MARTIN NGUYEN

Teologi Muslim adalah bidang kajian intelektual yang sangat luas dan kaya. Bagi saya itu merupakan bidang minat yang panjang dan abadi. Teologi Muslim modern, bagaimanapun, bukanlah survei atau analisis lapangan. Ini lebih tepat pemetaan kemungkinan. Sifatnya konstruktif.

Lalu, tentang apakah Teologi Muslim Modern itu? Ada beberapa cara yang ingin saya jawab untuk menjawab pertanyaan ini karena buku ini mewakili banyak hal sekaligus: intervensi disiplin, daya tarik untuk imajinasi religius, penegasan kembali wahyu di tengah-tengah manusia modern, dan pembingkaian ulang dari teologi sebagai praktik etis.

Intervensi Disiplin

Pertama, dari perspektif disiplin ilmu, Teologi Muslim Modern adalah karya yang mencoba mengukir ruang yang lebih besar untuk wacana teologis Muslim di dalam akademi Euro-Amerika. Ia berupaya menumbuhkan wacana yang sudah mulai terbentuk. Para sarjana Muslim lain yang menulis di dalam akademi telah memberikan kontribusi penting pada bidang teologis.

Sementara teologi Kristen -sebagai suatu disiplin- dapat memiliki jejak keilmuan yang lebih besar jika dibandingkan (karena alasan genealogis dan struktural), usaha Muslim dalam teologi kontemporer semakin meningkat di sejumlah bidang mulai dari etika biomedis dan lingkungan, metafisika, dan teologi komparatif hingga Hermeneutika Alquran, beasiswa feminis, dan teologi pembebasan.

Yang paling pasti, wacana teologis Muslim sudah ada. Dalam hal ini, Teologi Muslim Modern bukanlah sebuah karya yang bertujuan menghasilkan sesuatu yang baru dan juga tidak berusaha membenarkan apa yang telah terjadi sebelumnya. Yang menjadi perhatian saya adalah mendukung wacana secara konseptual dan menumbuhkan disiplin secara struktural.

“… dari perspektif disiplin ilmu, Modern Muslim Theology adalah sebuah karya yang mencoba mengukir ruang yang lebih besar untuk wacana teologis Muslim di dalam akademi Euro-Amerika. Ia berusaha untuk menumbuhkan wacana yang sudah mulai terbentuk ”

Sementara proyek semacam itu akan membutuhkan kerja jauh melampaui apa yang dapat dicapai dengan kata-kata tertulis, saya tetap membayangkan Teologi Muslim Modern, sebagai langkah penting ke arah itu. Saya ingin menyajikan sebuah karya yang secara teologis eksplisit baik dalam nama maupun isi untuk menarik perhatian yang lebih besar pada wacana pembentukan ini. Yang berbeda dari pekerjaan saya adalah bagaimana memasuki wacana teologis Muslim.

Banyak kontribusi sebelumnya telah muncul dari atau dioperasikan dalam batas-batas studi Islam antar disiplin ilmu. Sementara itu adalah langkah dengan keuntungan tertentu (dan juga kerugian), niat saya adalah untuk menciptakan sebuah karya yang menempati ruang ilmiah yang terpisah dari wacana konvensional studi Islam. Ini adalah sebuah karya dengan suara teologis yang jelas yang bekerja untuk membangun kerangka etis religius tentang iman dan tindakan.

Namun demikian, saya harus mengklarifikasi bahwa sementara tujuan menyeluruh saya mungkin untuk mendukung ruang teologis konstruktif yang berbeda dari wacana akademik studi Islam yang berlaku (seperti antropologi, sosiologi, sejarah, filologi, studi tekstual, dan sebagainya).

Teologi Muslim Modern tidak secara eksplisit memperdebatkan atau menggambarkan parameter wacana tersebut. Pendekatan saya lebih implisit. Saya menganggap keberadaan wacana dan menulis karya ini untuk bergabung dan semoga memperkaya pertukaran teologis yang sedang berlangsung. Karya ini ditulis untuk melihat ke depan di mana tulisan dalam nuansa akademik tentang teologi Muslim dapat tumbuh dan pergi.

Memang, penggambaran wacana teologis Muslim mungkin menjadi tugas yang lebih mudah untuk dilakukan mengingat keterusterangan tujuan tersebut. Alih-alih, Teologi Muslim Modern menanggapi keprihatinan penting lain yang ada dalam pikiran saya dan, sebagai hasilnya, buku ini memuat banyak gerakan – yang disebutkan di awal. Bergantung pada fokus pembaca, maka, buku dapat dibaca melintasi sejumlah busur naratif yang berbeda.

Baca Juga  Perjumpaan Jawa dan Islam dalam Lokalitas Budaya Nusantara

Untuk keperluan esai ini, saya ingin membahas tiga cara tambahan yang dapat dibaca oleh Teologi Muslim Modern: 1) Teologi Muslim modern dapat dibaca sebagai karya tentang teologi dan imajinasi keagamaan, 2) buku ini dapat dibaca sebagai eksposisi teologis tentang hubungan manusia dengan ilahi untuk konteks modern, atau 3) buku dapat dibaca sebagai argumen untuk mendekati teologi sebagai praktik etis.

Teologi dan Imajinasi

“Bergerak melampaui konsepsi teologi klasik, yang utamanya memahaminya sebagai dogmatik (ʿaqīda) atau argumentasi skolastik (ʿilm al-kalām), saya berpendapat bahwa teologi harus ditata ulang sejauh lebih mencakup upaya keras.” Pada tingkat metodologi, saya mengajukan bahwa imajinasi keagamaan dapat berfungsi sebagai sarana yang kuat untuk mengejar teologi.

Bergerak di luar konsepsi teologi klasik, yang utamanya memahaminya sebagai dogmatik (ʿaqīda) atau argumentasi skolastik (ʿilm al-kalām), saya berpendapat bahwa teologi harus dibangun ulang sejauh lebih mencakup upaya seperti yang saya nyatakan dalam Bab 1 “The Language of Theology,” teologi adalah bagaimana manusia merespons Tuhan.

Konsepsi alternatif ini berbicara dengan cara di mana umat Islam sehari-hari menegosiasikan hubungan mereka dengan Tuhan, satu sama lain, dan ciptaan lainnya dalam terang sejarah masing-masing dan konteks pribadi. Dengan pemahaman yang lebih luas ini, saya lebih jauh berpendapat bahwa teologi membutuhkan kreativitas dan energi imajinasi.

Secara historis, para pemikir masa lalu tertarik pada nalar sebagai kemampuan yang membedakan manusia dari makhluk lain, terutama binatang buas di tanah, langit, dan laut. Dunia modern, semakin mekanis dan digital, adalah lingkungan yang sangat berbeda. Algoritma dan mesin, dengan desain, menjalankan kesetiaan yang lebih besar pada alasan daripada kita. Karena itu muncul kembali dalam arti dan perbedaan, adalah kemampuan manusia kita yang lain, terutama imajinasi. Imajinasi memiliki banyak hal untuk ditawarkan pada percakapan tentang iman hari ini.

Sementara pentingnya skripturalisme dan rasionalisme secara umum diakui untuk karya teologi, imajinasi sebagai perbandingan, terlalu sering diabaikan atau diabaikan. Sebagai tanggapan, Teologi Muslim Modern menghadirkan suatu teologi imajinasi di mana kitab suci, akal, dan imajinasi dimasukkan ke dalam konser. Saya bekerja di seluruh buku untuk menarik kembali imajinasi sebagai fakultas yang telah dan terus menjadi elemen penting dari iman Islam dan tradisi bersejarah yang lebih luas.

Apakah membaca wahyu atau dengan hati-hati menyisir produksi artistik dan ilmiah dari masa lalu dan sekarang Muslim (dan masa depan), imajinasi selalu dimainkan dan tidak dapat disangkal. Ketika membaca dari perspektif ini, Bab 4 “Imajinasi Agama,” menandai puncak dari busur naratif khusus ini. Di sanalah saya membahas sifat imajinasi, hubungannya dengan akal, dan kehadirannya yang gigih dalam sejarah Islam dimulai dengan Alquran dan tradisi kenabian sebelum melanjutkan melalui pemikiran tokoh-tokoh mani seperti ahli metafisika Sufi Ibn al-ʿArabī (wafat 638/1240) dan filsuf penyair Muhammad Iqbal (wafat 1938).

Meskipun bab-bab sebelumnya dan selanjutnya tidak membahas pertanyaan tentang imajinasi secara eksplisit, buku secara keseluruhan dirancang sebagai serangkaian demonstrasi yang dimaksudkan untuk menggambarkan seperti apa bentuk teologi imajinasi itu. Dari kehidupan Kaʿba hingga kehidupan Malcolm X (wafat 1965), setiap demonstrasi memberikan kepada pembaca simbol, struktur, atau kehidupan dengan makna ikonik bagi umat Islam dan kemudian secara kiasan menyusunnya kembali dengan cara yang bermakna dan inovatif yang relevan untuk proyek teologis yang ada.

Baca Juga  Film 13 Bom di Jakarta: Fakta Aksi Terorisme Tak Selalu Bermotif Agama

Metode demonstrasi figuratif yang diadopsi oleh buku ini didahulukan dari tradisi ajaran tasawuf, di mana arahan sering diberikan melalui serangkaian simbol, narasi, dan interpretasi. Dengan kata lain, saya lebih suka membimbing dan mengarahkan pembaca saya daripada berbicara secara membabi buta pada mereka.

Lebih jauh lagi, pencitraan ulang ini dimaksudkan untuk menyampaikan kemanjuran dan keserbagunaan yang dapat dimiliki oleh suatu pendekatan teologis imajinatif. Alih-alih domain eksklusif skolastik, teologi diperdebatkan di sini sebagai sesuatu yang harus terbuka untuk semua dan justru melalui imajinasi bahwa titik masuk yang menarik dan dapat diakses dapat ditawarkan.

Kemanusiaan dan Ketuhanan

Pada tingkat konseptual, saya menelusuri hubungan antara manusia dan ilahi untuk karya teologi Muslim modern. Pembingkaian ulang teologi sebagai responsif pada akhirnya mencerminkan bagaimana saya memahami hubungan ini. Meskipun demikian, sama pentingnya dengan respons yang dipupuk oleh orang beriman (teologi), perhatian yang cermat juga harus diambil terhadap respons yang diberikan masing-masing orang (wahyu) dan dasar dari mana masing-masing respons muncul (tradisi).

Maka, teologi harus dipahami sebagai negosiasi pewahyuan yang terus-menerus -pengungkapan yang terus-menerus dari Allah kepada umat manusia– dan tradisi – konstelasi komunitas dan sejarah yang terus berkembang dari mana dan dari mana seseorang yang beriman secara simultan muncul, berputar, dan beradaptasi.

Selain itu, proses ini berlangsung di setiap periode sejarah dengan cara yang berbeda. Untuk alasan ini, saya juga menghabiskan waktu mencari-cari konteks modern di mana umat Islam hidup hari ini dan juga beberapa tantangan teologis yang dihadapi di dalamnya, seperti kesalahan yang melekat pada konsepsi waktu modern dan cara-cara kematian tersembunyi dari pandangan sehari-hari.

“Pada tingkat konseptual, saya menelusuri hubungan antara manusia dan ilahi untuk karya teologi Muslim modern. Pembingkaian ulang teologi saya sebagai responsif pada akhirnya mencerminkan bagaimana saya memahami hubungan ini. ”

Setelah busur narasi khusus ini, titik pusat Teologi Muslim Modern bergeser ke Bab 5 “Wahyu dan Respon.” Sebelum dan sesudahnya, saya menggambarkan cara manusia melakukan, membangun, dan mengubah tradisi ketika mereka menavigasi konteks di mana mereka hidup. Tradisi ini lebih luas dan lebih kaya daripada yang biasanya dibayangkan. Alih-alih gudang pencapaian beberapa yang terpelajar, saya bekerja untuk berpendapat bahwa setiap praktisi iman memainkan peran penting dalam pembentukan dan kelanjutannya.

Fokus saya yang diperluas pada Malcolm X, misalnya, adalah upaya saya untuk menunjukkan bahwa bahkan di era kita sekarang kehidupan modern dapat dan memang berkontribusi pada pertumbuhan tradisi dengan cara yang bermakna secara substantif. Semua upaya konseptualisasi ulang ini dimaksudkan untuk membuat teologi lebih terjangkau dan relevan bagi umat Islam di sini dan bagaimana caranya. Bersamaan dengan upaya-upaya ini untuk menggali dimensi teologi manusia, saya bekerja untuk menunjukkan cara-cara paralel bahwa Allah hadir dan juga secara aktif terwujud.

Sementara teologi harus dengan tepat menjelaskan dimensi kehidupan manusia, Tuhan, saya pertahankan, harus tetap menjadi pusat dan keliling teologi. Bagi mereka yang akrab dengan teologi modern secara lebih luas, bab kelima dapat dipahami sebagai pemusatan kembali Barthian untuk pengungkapan hari ini. Dalam bab puncak ini, saya menjelajahi transendensi dan imanensi wahyu justru karena cakrawala modern sangat sering mengaburkan kontur ilahi. Maka, teologi bukanlah usaha yang dikejar sendiri, tetapi dikembangkan bersama dengan komunitas tradisi yang hidup dan dengan Allah yang aktif dan hadir paling utama dari semuanya.

Teologi Sebagai Praksis

Pada tataran praktis, Teologi Muslim Modern mengembangkan suatu teologi untuk umat Muslim sehari-hari yang hidup di dunia modern. Seperti yang saya jelaskan di awal buku ini, karya ini juga dapat dipahami sebagai “teologi keterlibatan Muslim” (Muslim theology of engagement). Keterlibatan di sini berfungsi pada dua tingkat. Dalam satu hal, teologi harus dipahami sebagai keterlibatan orang beriman dengan Allah, yang mencerminkan lengkungan narasi yang saya gambarkan segera di atas – Allah berbicara melalui wahyu dan umat beriman dan yang mencari iman berusaha untuk merespons melalui teologi masing-masing.

Baca Juga  Kritik Wael Hallaq terhadap Negara Modern

Dalam hal lain, teologi juga merupakan keterlibatan orang beriman dengan dunia karena bagaimana seseorang menanggapi Tuhan menemukan ekspresi dalam bagaimana seseorang hidup di dunia, terutama sehubungan dengan bagaimana seseorang menanggapi semua masalah, krisis, dan tantangan yang bangkit di sana.

“Pada tataran praktis, Teologi Muslim Modern mengembangkan suatu teologi untuk umat Muslim sehari-hari yang hidup di dunia modern. Seperti yang saya jelaskan di awal buku ini, karya ini juga dapat dipahami sebagai the teologi keterlibatan Muslim. ‘”

Maka, teologi harus mencakup praksis. Bagi umat Islam yang mengejar kehidupan beriman, teologi lebih dari sekadar penghitungan keyakinan dan konsep yang dianggap benar. Ini lebih luas merupakan praktik etis dan diwujudkan menjadi gabungan dari kepercayaan dan etika. Tuhan berkomunikasi melalui wahyu kerangka kerja etis yang menuntut komitmen seluruh orang – pikiran dan tubuh. Tidak cukup bagi seseorang untuk percaya. Seseorang yang beriman menanggapi Tuhan juga harus mengekspresikan dan mewujudkan jawaban mereka melalui perilaku berkelanjutan mereka di dunia.

Ketika Teologi Muslim Modern dibaca di sepanjang poros khusus ini, busur buku ini adalah lintasan yang memuncak dengan dua bab terakhir. Sementara banyak pekerjaan konseptual dilakukan di bagian sebelumnya, kedua bab penutup ini adalah tempat saya beralih ke dimensi etis teologi. Pertama, saya berpendapat bahwa wahyu memperjelas bahwa iman dan kebenaran -istilah pilihan Al-Quran untuk berbicara tentang tindakan atau perbuatan benar- saling terkait erat. Kemudian, orientasi etis ini diterapkan pada doa untuk menyempurnakan dan menawarkan teologi praktik. Jika teologi memang dapat diakses dan terbuka bagi semua orang, maka praktik teologi harus dibuat untuk hidup dalam momen dan tindakan kehidupan sehari-hari.

Namun demikian, cara membaca Teologi Muslim Modern ini tidak mewakili batas kemungkinan penafsiran. Bahkan, sebagai penutup, saya akan menawarkan cara terakhir untuk memahami apa isi buku ini. Teologi Muslim modern juga bisa dianggap sebagai undangan. Ini adalah ajakan bagi umat Islam untuk memasuki percakapan teologis dengan perhatian, keberanian, dan imajinasi yang lebih besar sehingga tanggapan mereka masing-masing kepada Tuhan -kehidupan iman individu yang dibentuk dan diikuti oleh masing-masing- dapat terbukti transformatif untuk diri sendiri dan orang lain.

Selengkapnya di sini

1005 posts

About author
IBTimes.ID - Cerdas Berislam. Media Islam Wasathiyah yang mencerahkan
Articles
Related posts
Review

Ketika Agama Tak Berdaya di Hadapan Kapitalisme

4 Mins read
Globalisasi merupakan revolusi terbesar dalam sejarah kehidupan manusia. Dalam buku berjudul Beragama dalam Belenggu Kapitalisme karya Fachrizal A. Halim dijelaskan bahwa globalisasi…
Review

Kitab An-Naja, Warisan Filsafat Ibnu Sina

4 Mins read
Kitab An-Naja adalah salah satu karya penting dalam filsafat Islam yang berisi tentang gagasan besar seorang filsuf bernama Ibnu Sina, yang juga…
Review

Kitab Al-Fasl Ibnu Hazm: Mahakarya Filologi Intelektual Islam Klasik

3 Mins read
Ibnu Hazm (994–1064 M), seorang cendekiawan Andalusia, dikenal sebagai salah satu pemikir paling produktif dan brilian dalam sejarah intelektual Islam. Karya-karyanya mencakup…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This will close in 0 seconds