Tiga Kandungan Pokok Alquran: Tujuan, Cara, dan Bukti - IBTimes.ID
Report

Tiga Kandungan Pokok Alquran: Tujuan, Cara, dan Bukti

1 Mins read

IBTimes.ID – Ada tiga kandungan pokok di dalam Alquran. Pertama, tujuan kehadiran Alquran. Kedua, cara mencapai tujuan Alquran. Ketiga, bukti kebenaran Alquran berupa mukjizat.

Hal tersebut disampaikan oleh Quraish Shihab dalam kanal YouTubenya. Menurut Quraish Shihab, tujuan kehadiran Alquran ada tiga. Pertama, akidah. Akidah berarti mengikat. Akidah adalah ikatan batin seseorang terhadap sesuatu.

Kandungan Pokok Alquran: Tujuan Kehadiran

“Ada sesuatu dari kandungan Alquran yang mengikat anda. Anda tidak boleh tinggalkan sedikitpun. Kalaupun anda terpaksa, anda boleh mengucapkan kata-kata yang bertentangan dengan akidah, tapi hati anda tidak bergeser,” papar Quraish Shihab.

Ada banyak ayat yang berbicara tentang akidah. Namun, akidah tidak muncul ke luar kecuali buahnya saja. Percaya terhadap hari kiamat, percaya terhadap wahyu, percaya terhadap Tuhan Yang Esa, dan lain-lain termasuk dalam akidah.

Tujuan kedua Alquran adalah syariah. Syariah adalah pengaturan hubungan seseorang dengan Allah maupun dengan orang lain. Seperti aturan perang, aturan pernikahan, aturan perdagangan, dan lain-lain.

Semakin banyak syariat dijalankan, imbuh Quraish Shihab, semakin sempurna keislaman seseorang. Semakin sedikit syariat yang dijalankan, berarti semakin rendah keislaman seseorang.

“Ketiga, akhlak. Banyak sekali ayat-ayat yang berbicara tentang Akhlak. Dia mau kita berakhlak. Bahkan kata Nabi, ia diutus untuk menyempurnakan akhak. Akhlak dengan orang tua, akhlak dengan tetangga, dengan tumbuh-tumbuhan, dan lain-lain,” imbuhnya.

Menurutnya, akhlak akan menghiasi seseorang. Sedangkan syariat bertugas menerapkan keadilan. Misalnya, seseorang yang ditampar, secara syariat boleh membalas tamparan tersebut karena ada qishash. Namun, akhlak menganjurkan agar orang tersebut memaafkan orang yang menampar.

Alquran, imbuh Quraish Shihab, ingin agar umat Islam mencapai tiga tujuan tersebut. Percaya kepada akidah, melaksanakan syariah, dan menghiasi diri dengan akhlak. Itu adalah arti percaya kepada Alquran.

Baca Juga  Pengaruh Al-Qur'an terhadap Kinerja Otak

Cara untuk Mencapai Tujuan

Cara untuk mencapai tujuan kehadiran Alquran ada 4. Pertama, memperhatikan alam raya. Memperhatikan matahari, bulan, tumbuh-tumbuhan, dan lain-lain. Memperhatikan alam raya agar mempercayai adanya Tuhan.

“Cara kedua, memperhatikan manusia. Pikirkan dirimu. Kita ini berasal dari nutfah. Dalam bahasa Arab, nutfah berarti setetes bisa membasahi. Setetes apapun asalkan bisa membasahi, itu nutfah. Benar sekali ayat Alquran ini. Banyak sekali ayat-ayat Alquran yang berbicara tentang hal ini,” ujarnya.

Ketiga, dengan kisah. Ada banyak kisah dalam Alquran, baik kisah masyarakat maupun kisah perorangan. Keempat, janji dan ancaman. Janji berupa ketenangan dan surga bagi orang yang taat, sekaligus ancaman kegelisahan dan neraka bagi orang yang tidak taat.

Reporter : Yusuf

Redaksi
304 posts

About author
IBTimes.ID - Cerdas Berislam. Media Islam Wasathiyah yang mencerahkan
Articles
Related posts
Report

Tafsir Al-Manar: Takdzim Kepada Penguasa Bukan Ibadah

2 Mins read
IBTimes.ID – Rosyid Ridha menyebut bahwa bacaan ‘maliki’ dengan mim dibaca pendek dalam surat Al-Fatihah tersebut lebih tepat karena memiliki makna bahwa…
Report

10 Skill yang Diperlukan di Masa Depan

2 Mins read
IBTimes.ID – Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu’ti mengajak kader IPM untuk melakukan refleksi di Milad IPM yang ke-60. Milad IPM jatuh…
Report

Tafsir Al-Jawahir, Kitab Tafsir 'Ilmi Pertama Karya Thantawi Jauhari

2 Mins read
IBTimes.ID – Seiring berkembangnya ilmu pengetahuan, sebagian umat Islam berbondong-bondong untuk melakukan proses pengislaman ilmu pengetahuan. Hal ini kemudian sering disebut dengan…

Tinggalkan Balasan