Upaya UMY Membentuk Karakter Mahasiswa Unggul Berjiwa Kompetitif - IBTimes.ID
News

Upaya UMY Membentuk Karakter Mahasiswa Unggul Berjiwa Kompetitif

2 Mins read

Peran perguruan tinggi dalam membentuk karakter mahasiswa unggul berjiwa kompetitif sangatlah besar. Di era revolusi industri 4.0 yang semakin berkembang dan terus maju, unggul dalam bidang akademi saja tidak cukup bagi mahasiswa. Perlu ada modal berupa karakter dan skill yang terus diasah untuk mengoptimalkan kemampuan diri. Salah satu karakter penting yang banyak dibutuhkan saat ini adalah berjiwa kompetitif. Dengan memiliki jiwa kompetitif, mahasiswa akan terbiasa untuk berpikir inovatif, belajar mengontrol emosi, dan melakukan perubahan diri menuju ke arah yang lebih baik.

Sayangnya, kebutuhan akan karakter berjiwa kompetitif ini belum banyak disadari oleh perguruan tinggi sebagai tempat bernaung bagi mahasiswa. Mahasiswa yang memiliki jiwa kompetitif pastinya memerlukan dukungan berupa fasilitas dan sarana yang memadai. Di situlah seharusnya perguruan tinggi turut andil dalam menyediakannya.

Peran UMY Membentuk Karakter Mahasiswa Berjiwa Kompetitif

Berbeda dengan perguruan tinggi lain, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menyadari pentingnya membentuk karakter mahasiswa berjiwa kompetitif ini. UMY turut ambil peran melalui Lembaga Pengembangan Kemahasiswaan dan Alumni (LPKA) dan Divisi Pengembangan Minat dan Bakat untuk membentuk karakter mahasiswa berjiwa kompetitif. UMY memberikan fasilitas penuh bagi mahasiswanya yang hendak mengikuti berbagai ajang perlombangaan dan kompetisi. Mulai dari memberikan fasilitas dana, perlengkapan dan pearalatan, mengontrak pelatih hingga memberikan bimbingan dan pelatihan secara penuh.

Tak sampai disitu, UMY juga memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya pada mahasiswanya yang berhasil memenangkan kompetisi dan perlombaan. Apresiasi tersebut berupa fasilitas klaim prestasi pada website LPKA untuk kemudian menerima reward dari prestasi yang diperolehnya. Upaya ini dilakukan untuk mendorong mahasiswa UMY agar tidak ragu mengikuti berbagai ajang perlombaan sekaligus membentuk jiwa kompetitif di kalangan mahasiwa.

Baca Juga  Luar Biasa! Pengabdian UMY Perkuat Desain Digital Capaian SDGs Lazismu

UMY Memborong Kejuaraan Disporseni 2021

Buah dari upaya yang dilakukan dalam membentuk karakter mahasiswa berjiwa kompetitif membuat UMY dibanjiri mahasiswa yang aktif dalam mengikuti perlombaan. Bahkan pada tahun 2021 ini, mahasiswa UMY berhasil memenangkan berbagai ajang perlombaan baik akademik mau pun non-akademik. Salah satunya, ajang bergengsi Diskusi Ilmiah, Pekan Olahraga, dan Seni Nasional (Disporseni) yang diadakan oleh Universitas Terbuka (UT). Kegiatan ini merupakan perlombaan rutin tahunan yang diikuti seluruh universitas baik negeri mau pun swasta di Indonesia.

UMY sendiri berhasil memborong kejuaraan pada 7 cabang dari total 16 cabang lomba yang ada. Kejuraan yang diperoleh UMY diantaranya Juara 1 Lomba Seni Suara Kategori Solo, Juara 3 Lomba Seni Suara Kategori Solo, Juara Harapan 1 Seni Suara Kategori Duet, Juara 1 Lomba Seni Suara Kategori Vocal Group, Juara 3 Kisah Inspiratif, Juara 3 Video Pendek Kategori Individu, Juara 2 Video Pendek Kategori Kelompok, Juara 3 Lomba MC Kategori Formal, Juara 2 MC Kategori Informal, Juara 2 Lomba Debat Bahasa Inggris Kategori Best Speaker, Juara 2 Lomba Debat Bahasa Inggris, Juara 1 Lomba Debat Bahasa Indonesia dan Juara 2 Lomba Pidato. Bahkan, UMY juga berhasil menyabet gelar Juara Umum Disporseni Nasional 2021.

Torehan prestasi yang membanggakan ini merupakan bukti pentingnya peran perguruan tinggi terutama UMY dalam membentuk karakter mahasiswa berjiwa kompetitif. Dengan membangun karakter jiwa kompetitif maka diharapkan kedepannya generasi muda Indonesia akan lebih tangguh menghadapi kompetisi di era revolusi industri 4.0.

Editor: Clean

*) Artikel ini didukung oleh UMY

Redaksi
365 posts

About author
IBTimes.ID - Cerdas Berislam. Media Islam Wasathiyah yang mencerahkan
Articles
Related posts
News

Islam Wasathiyah Sebagai Solusi dari Tantangan Keindonesiaan

1 Mins read
IBTimes.ID – Permasalahan intoleransi, ekstrimisme, dan kekerasan seringkali menjadi tantangan dan penyebab umum rusaknya hubungan antara agama dan negara. Seolah-olah agama tidak…
News

Temukan Model Toleransi, Mahasiswa UNY Lolos PIMNAS ke-34

1 Mins read
IBTimes.ID – Perbedaan paham menjadi sebuah keniscayaan. Penelitian studi kasus yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) di Masjid Agung Mataram,…
News

Cari Peneliti Muda, Maarif Institute Gelar Maarif Fellowship

2 Mins read
IBTimes.ID – MAARIF Institute tahun ini kembali menggelar launching dan diskusi MAARIF Fellowship (MAF) 2021 dengan tema, “Muhammadiyah dan Penguatan Semangat Keindonesiaan;…

Tinggalkan Balasan