Young Sustainable Initative: Program UMY Bantu Pemerintah Wujudkan SDGs Nasional - IBTimes.ID
Riset

Young Sustainable Initative: Program UMY Bantu Pemerintah Wujudkan SDGs Nasional

1 Mins read

Sustainable Development Goals (SDGs) adalah suatu program yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi dengan tetap menjaga kualitas lingkungan hidup. SDGs merupakan agenda internasional yang disusun oleh Persarikatan Bangsa-Bangsa (PBB) bersama 194 negara, termasuk  Indonesia. Berbagai upaya telah dilakukan oleh Pemerintah Indonesia untuk menyukseskan SDGs Nasional, mulai dari reformasi peraturan penambangan hingga perberdayaan ekonomi masyarakat melalui Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Namun demikian, upaya tersebut tidak akan berjalan maksimal apabila tidak didukung oleh seluruh lapisan masyarakat. Maka dari itu, SDGs mengusung prinsip inklusivitas, yaitu melibatkan seluruh elemen masyarakat, baik pemerintah maupun non pemerintah, organisasi masyarakat, para pelaku usaha hingga akademisi dan perguruan tinggi.

UMY Luncurkan Program Young Sustainable Initiative

Turut ambil bagian, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menyelenggarakan sebuah program bernama Young Sustainable Initiative. Mengusung tema “Tantangan dan Peluang Ekonomi Kreatif Desa Guna Tercapainya Capaian SDGs di Indonesia”, kegiatan peluncuran program Young Sustainable Initiative sekaligus seminar yang diselenggarakan pada Kamis (27/9) melalui Zoom dan kanal Youtube UMY ini dihadiri sebanyak 100 peserta.

Menurut Dr. Ir. Arifin Rudiyanto,M.Sc., selaku Deputi Bidang Kemaritiman dan SDM Kementrian PPN/Bappenas yang juga turut hadir dalam kegiatan ini, program Young Sustainable Initiative patut diapresiasi karena selaras dengan upaya peningkatan ekonomi kreatif yang merupakan salah satu capaian SDGs Nasional lima tahun ke depan.

Selain itu, peran generasi muda yang dirasa belum maksimal dalam proses pembangunan perekonomian berkelanjutan menjadi alasan kuat terselenggaranya kegiatan ini. Generasi muda seharusnya dapat ikut andil dalam mendukung tujuan SDGs Nasional melalui kegiatan yang bermanfaat seperti Young Sustainable Initiative ini.

Lebih lanjut, Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, M.P.,IPM selaku Rektor UMY berharap dari adanya kegiatan ini, bisa memunculkan mahasiswa serta alumni  alumni yang memiliki inisiatif yang tinggi dan dapat bergerak untuk membentuk komunitas yang menggerakkan perekonomian masyarakat. Sehingga dampaknya dapat dirasakan oleh masyarakat secara luas.

Baca Juga  Aksi BEM FAI UMY Mendongkrak Potensi Ekonomi Ubi Gembili

Melalui kegiatan ini, UMY berhasil membuktikan komitmennya untuk mendukung upaya pemerintah dalam mewujudkan SDGs Nasional. Kedepannya, masih banyak kegiatan lain yang akan dilakukan oleh UMY untuk terus mendukung pemerintah meningkatkan kesejahteraan masyarakat. UMY berharap langkah ini dapat mendorong perguruan lain untuk turut serta menciptakan wadah bagi mahasiswanya untuk ikut andil dalam pembangunan perekonomian.

Editor: Clean

Print Friendly, PDF & Email
Redaksi
573 posts

About author
IBTimes.ID - Cerdas Berislam. Media Islam Wasathiyah yang mencerahkan
Articles
Related posts
Riset

Memahami Peta-Peta Ilmu Keislaman

4 Mins read
Ilmu Keislaman | Ada sebuah guyonan masyhur di masyarakat kita, bahwa seorang ustadz akan selalu disuguhi pertanyaan dan permintaan apapun bahkan yang…
Riset

Empat Keistimewaan Semut yang Patut Kita Contoh

2 Mins read
Semut merupakan serangga anggota suku Formicidae, bangsa Hymenoptera. Ia memiliki lebih dari 12.000 spesies di dunia, semut dapat ditemukan hampir di mana…
Riset

Kurma, Buah dengan Sejuta Keistimewaan

3 Mins read
Sebagian masyarakat di nusantara mengenal “tamar” yang secara umum yaitu pohon tamar atau buah tamar. Atau yang biasanya dikenal dengan pohon kurma…

Tinggalkan Balasan