Tafsir

Kebangsaan Menurut Al-Qur’an

3 Mins read

Oleh: Shamsi Ali*

Pada bagian lalu disampaikan bahwa ummatan wasathan atau masyarakat madani itu berakter “islah”.  Yaitu sebuah masyarakat yang selalu hadir dengan komitmen perubahan ke arah yang lebih baik.

Ummatan wasathan juga merupakan masyarakat yang menghadirkan ketauladanan (role model) kepada masyarakat lain. Bahkan masyarakat ini dengan karakter “al-Qudwah” atau ketauladanannya itu berada di baris terdepan memimpin manusia dalam kehidupan yang baik dan bermartabat.

Kali ini, saya akan sampaikan karakteristik terakhir dari ummatan wasathan (masyarakat madani atau Islami). Sengaja saya tuliskan karakter terakhir ini secara terpisah. Selain karena boleh jadi ciri ini khusus atau ekslusif berlaku dalam konteks Indonesia, juga karena boleh jadi sangat tepat waktu untuk diekspos secara luas.

Ketujuh, bahwa ummatan wasathan atau masyarakat madani itu juga berwawasan kebangsaan. Dalam bahasa Arab biasanya lebih dikenal dengan konsep “al-muwathonah”.

Al-muwathonah berasal dari kata “wathon” atau negara. Orang-orang yang tinggal dalam sebuah negara dikenal dengan “al-muwaathin” atau penduduk (resident). Maka “al-muwathonah” merupakan gambaran relasi antara negara dan penduduk.

Dengan kata lain, al-muwathonah adalah sikap loyalitas atau kecintaan para penduduk negara itu kepada negaranya.

Hal ini mengingatkan kita sebuah ungkapan Arab yang mengatakan: “hubbul wathon minal imaan” (cinta negeri itu adalah bagian dari iman).

Hal ini kemudian menjadi sangat penting bagi umat di berbagai belahan dunia. Bahwa di negara mana saja seorang Muslim bermukim, mereka akan menjadi bagian dari bangsanya. Loyal dan punya komitmen tinggi untuk ikut dalam membangun dan menjaga negerinya.

Hal ini menjadi sangat penting agar agama tidak harus dicurigai sebagai penyebab disintengrasi bangsa dan kesatuan negara. Juga agar umat Islam tidak perlu dicurigai sebagai kelompok masyarakat yang tidak loyal dan cinta negerinya.

Baca Juga  Fenomena Dua Laut yang Tidak Menyatu Perspektif Tafsir Fi Zhilalil Qur’an dan Fisika Modern

Konsep Kebangsaan ini kemudian menjadi lebih urgen dalam konteks keislaman dan Keindonesiaan umat di Indonesia. Hal itu karena umat Islam dan negara Indonesia sejak sebelum kemerdekaan sudah bagaikan ruh dan jasad. Dua entitas yang saling menghidupi dan bersifat integral.

Sejarah mengakui bahwa loyalitas umat ini kepada negara tidak lagi bisa diragukan. Peranan umat dalam perjuangan kemerdekaan, mempertahankan kemerdekaan, mengisi kemerdekaan dengan membangun negeri ini, tak terbantahkan oleh argumentasi apapun.

Mungkin, satu hal yang paling dikenal dalam sejarah dan memiliki dampak langsung dalam kehidupan bernegara hingga saat ini dan akan datang adalah tarik menarik yang terjadi di antara anggota tim perumus falsafah negara, Pancasila.

Bahwa walaupun kenyataannya mayoritas anggota tim perumus itu adalah para ulama, mereka sepakat untuk menanggalkan 7 kata pada sila pertama Pancasila. Kata-kata itu adalah penegasan bahwa syariat atau hukum Islam wajib dilaksanakan oleh pemeluk agama Islam.

Kerelaan para ulama itu tentunya karena sebuah pertimbangan matang akan kebangsaan dalam konteks Indonesia yang ragam. Sehingga, kata-kata yang menunjukkan ekslusifitas (hanya untuk orang Islam) dihapuskan. Sebaliknya sila pertama Pancasila dengan “ketuhanan yang mana esa” memang mewakili semua keyakinan agama-agama. Tentu dengan penafsiran unik masing-masing agama.

Dalam konteks inilah, saya berani mengatakan bahwa konsep ummatan wasathan atau masyarakat madani dengan wawasan kebangsaannya menjadi karakter unik bagi umat Islam Indonesia. Karena memang kenyataannya, di negara inilah nilai-nilai keislaman dan kebangsaan itu tidak harus ditabrakan. Bahkan keduanya menjadi senyawa dan bergandengan tangan dalam mewujudkan masyarakat yang makmur dan berkeadilan.

Oleh karenanya, sangat disesalkan jika kedua hal itu, keislaman dan kebangsaan, harus dilihat sebagai dua entitas yang saling berseberangan. Apalagi jika ada kecenderungan untuk membangun kecurigaan bahkan tuduhan seolah umat semakin beragama juga semakin kurang loyalitasnya kepada negara.

Baca Juga  Dua Macam Hak Fakir Miskin atas Harta Si Kaya

Atau sebaliknya seolah semakin merasa  cinta atau loyal kepada negara, seseorang harus dilihat sebagai orang yang kurang atau tidak punya komitmen keagamaan.

Akibatnya, terjadi sikap ekstrem kepada salah satu dari keduanya. Ada yang merasa paling berislam tapi merasa negara ini hanya tempat menumpang sementara. Rasa kepemilikan (sense of belonging) menjadi minim.

Sebaliknya, ada juga yang merasa paling cinta dan loyal kepada bangsa. Tapi Pada sisi lain, agama kerap kali tidak lagi penting. Bahkan agama seringkali dicurigai dan dituduh sebagai motivasi/dorongan untuk tidak loyal kepada negara.

Dalam konteks umat Islam Indonesia, hal ini sangat berbahaya. Karena mayoritas penduduk negeri ini adalah umat Islam. Jika umat Islam dianggap tidak loyal kepada nagaranya, maka mayoritas penduduk negeri ini menjadi ancaman negara. Lalu bagaimana negara akan membangun dan terjaga?

Saya pribadi mendorong umat Islam Amerika untuk membangun wawasan kebangsaan Amerika. Ungkapan yang selalu saya sampaikan di mana-mana adalah “we can be the best Muslims and Americans at the same time”.

Semoga Umat Islam Indonesia dalam upaya membangun ummatan wasathan atau masyarakat madani (Islami) sekaligus juga terus membangun wawasan kebangsaan yang solid.

Sebab, sekali lagi, komitmen Islam dan wawasan kebangsaan adalah dua entitas yang saling merangkul. Dan itu pula keunikan sekaligus kekuatan umat dan bangsa Indonesia. Semoga!

*Presiden Nusantara Foundation/Pesantren Nur Inka Nusantara Madani USA.

Editor: Yahya FR
Admin
185 posts

About author
IBTimes.ID - Rujukan Muslim Modern. Media Islam yang membawa risalah pencerahan untuk masyarakat modern.
Articles
Related posts
Tafsir

Kontroversi Tafsir Ayat Pernikahan Anak dalam Qur’an

4 Mins read
Pernikahan, yang seharusnya menjadi lambang cinta dan komitmen, kerap kali terjebak dalam kontroversi. Salah satu kasus terbaru yang menarik perhatian publik adalah…
Tafsir

Sepintas Sejarah Gagasan Tafsir Modern di Indonesia

4 Mins read
Pada subbab yang ditulis oleh Abdullah Saeed berjudul “The Qur’an, Interpretation, and the Indonesian Context” merupakan bagian dari bukunya Saeed sendiri, yaitu…
Tafsir

Dekonstruksi Tafsir Jihad

3 Mins read
Hampir sebagian besar kesarjanaan modern menyoroti makna jihad sebatas pada dimensi legal-formal dari konsep ini dan karenanya menekankan pengertian militernya. Uraiannya mayoritas…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This will close in 0 seconds