News

Petugas Haji Tunjukkan Profesionalisme, Bila Perlu Tidak Haji

1 Mins read

IBTimes.ID – Presiden Jokowi Widodo berpesan kepada para petugas haji Indonesia agar menunjukkan profesionalisme dalam memberikan pelayanan kepada jemaah haji Indonesia.

Pesan ini disampaikan oleh Muhadjir Effendy selaku Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan di Madinah, pada Sabtu (3/6/23).

“Kepada pendamping haji, para petugas haji, tunjukkan profesionalisme dalam memberikan pelayanan kepada jemaah haji lansia, terutama jangan sampai salah niat” kata Muhadjir saat mengunjungi dan mengecek kantor Daker Madinah.

Petugas haji berfungsi memberikan pelayanan kepada jemaah. “Tugasnya untuk menjadi pelayan haji, bila perlu tidak usah haji tidak apa-apa, karena pahalanya sama dengan haji,” ungkapnya.

Muhadjir mengatakan, bahwa petugas haji harus kerja keras tahun ini memberikan prioritas kepada lansia. “jemaah lansia semakin ditunda akan membebani kita” katanya.

Ia juga menyebut, sangat mendukung dan mengapresiasi langkah kerja Menteri Agama untuk melarang ada pendamping, sebab kebijakan itu bisa menciptakan keadilan.

“Kalau itu ditiadakan saya kira sangat bagus, hanya Kementerian Agama harus menyiapkan tim pendamping yang sungguh-sungguh jangan sampai ada lansia yang tidak terdampingi” tambahnya.

Di Makkah, kata Muhadjir, banyak jamaah yang sukarela menjadi pendamping bagi lansia walaupun bukan keluarga, dari itu saya mengusulkan kepada Kementerian Agama untuk memberikan apresiasi atau insentif lain pada mereka. Hal ini perlu menjadi dipertimbangkan bersama.

Selain itu, Menko PMK juga mengecek kesiapan wukuf di Arafah dan Mina bagi jemaah haji Indonesia tahun ini.

Pewarta: Azaki K

Editor: Soleh

Baca Juga  Peran Muhammadiyah: Penguatan Literasi Keagamaan Lintas Budaya
Avatar
1350 posts

About author
IBTimes.ID - Rujukan Muslim Modern. Media Islam yang membawa risalah pencerahan untuk masyarakat modern.
Articles
Related posts
News

Global Santri Fest 2024 Sukses Digelar, Peluang Pendidikan ke Amerika untuk Santri Indonesia Kian Terbuka

3 Mins read
IBTimes.ID, Jakarta, 12 Mei 2024 – USAID TEMAN LPDP bekerjasama dengan Santri Mengglobal sukses menyelenggarakan Global Santri Fest 2024, sebuah acara yang menjadi wasilah penting dalam membuka peluang pendidikan…
News

Perkenalkan Jargon Perempuan Berkemajuan Pada Dunia, Muhammadiyah-'Aisyiyah Adakan Konferensi Global Hak-Hak Perempuan dalam Islam

1 Mins read
IBTimes.ID, Yogyakarta – Muhammadiyah melalui Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah menjalin kerjasama dengan Universitas Al-Azhar dan Faith to Action Network (F2A) adakan Gender Conference…
News

GLOBAL SANTRI FEST 2024: Peluang Edukasi di Amerika Terbuka untuk Semua

3 Mins read
IBTimes.ID, Jakarta – Sukses dengan program-program pendidikan sebelumnya, USAID Teman LPDP berkolaborasi dengan Santri Mengglobal akan menggelar Global Santri Fest 2024. Acara ini…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *