Perspektif

Agama Hanya untuk Negara Miskin

2 Mins read

Dalam hal beragama, setiap negara memiliki falsafahnya masing-masing. Di berbagai negara, pengertian agama atau kepercayaan terhadap tuhan memiliki makna yang berbeda beda. Namun, ada satu polemik dan beberapa riset pada tahun ini. Adanya suatu pernyataan bahwa negara yang memiliki tingkat religius tertinggi adalah negara yang memiliki ekonomi dan pendidikan yang rendah. Lalu adakah kaitannya antara tingkat religiusitas dengan tingkat kesejahteraan suatu negara?

Apakah Negara Miskin karena Agama?

Dalam salah satu riset yaitu the global god divide, negara-negara yang memiliki tingkat PDB (produk- domestik bruto) rendah, memiliki kepercayaan terhadap agama atau tuhan sebagai pengatur kehidupan memiliki persentase mencapai 75%. Sedangkan negara-negara yang meyakini bahwa tidak perlu beragama dan bertuhan untuk bermoral memiliki tingkat PDB tinggi hingga 9%.

Hal itu bukanlah suatu masalah. Akan tetapi dalam membangun suatu generasi, nilai-nilai agama menjadi hal yang fundamental. Bila kita renungkan, silih bergantinya antara kejayaan dengan runtuhnya suatu kerajaan atau negara terdapat hubungan dengan hilangnya rasa kepercayaan terhadap sang pencipta. Pola tersebut selalu terjadi jika kita mengkaji sejarah peradaban. Dalam buku Dirosah lisuqutil tsalatsatil daulah islamiyah karya Dr. Abdul Halim Uwais, beliau berkata bahwa, “karakter generasi penerus yang hilang kepercayaan dalam beragama terhadap pencipta-Nya adalah faktor kehancuran suatu peradaban.”

Akan tetapi, beberapa pandangan mengatakan bahwa rata-rata negara yang memiliki tingkat religius tinggi itu, memiliki konflik secara internal maupun secara eksternal. Hal ini juga diperparah dengan keadaan negara religius yang memiliki tingkat pendidikan dan perekonomian yang rendah. Kejadian tersebut banyak terjadi di negara-negara semenanjung Arab, Afrika, Asia, termasuk juga Indonesia.

Riset tersebut tidaklah salah, namun hal ini menjadi suatu polemik bagi saya pribadi. Apakah agama itu memiliki pengaruh terhadap tingkat kesejahteraan negara? atau sebenarnya kesejahteraan yang di dapat oleh negara yang memilki tingkat religius yang rendah itu hanyalah kesejahteraan yang semu?

Baca Juga  Bicara di Konferensi Antaragama G20, Menag Sampaikan Prinsip Universal Pendiri Bangsa

Inilah yang menjadi suatu polemik baru bagi dunia saat ini. Realitanya, masyarakat agama yang paling sengsara saat ini adalah Islam. Mungkin hal ini yang menjadikan suatu individu dan kelompok di dalam suatu negara memiliki anggapan bahwa agama adalah hambatan maupun halangan dalam sebuah negara untuk maju dan sejahtera. Lalu siapakah sebenarnya yang salah? Agamanya atau negaranya? Ataukah penyebabnya adalah lantaran praktik dalam beragama yang sudah tidak lagi dijalankan oleh sebuah negara?

Negara Sekuler tapi Menerapkan Beragama

Ada suatu ungkapan dari seorang ulama turki, Said Nursi Badiuzzaman mengatakan, “Eropa saat ini sedang mengandung ajaran Islam dalam tubuhnya dan negara arab sedang mengandung ajaran Eropa dalam tubuhnya. Dari kata-kata tersebut terdapat titik terang, bahwa agama yang seharusnya memiliki peran sentral untuk meningkatkan kesejahteraan dan memajukan suatu individu atau kelompok di dalam suatu negara, malah menjadikan negara yang religius jadi terbelakang.

Realita sekarang menunjukkan bahwa negara dengan tingkat kebersihan, kesejahteraan, atau keamanan yang baik merupakan negara dengan tingkat religius yang rendah. Kemudian bila melihat negara dengan tingkat religius yang tinggi, keberhasilan ini masih jauh panggang dari api atau bisa dibilang belum berhasil untuk meraih keberhasilan tersebut.

Bila ditelaah lebih lanjut, hal ini disebabkan karena mereka mengamalkan ajaran-ajaran agama namun tidak mengetahui esensi dari amal yang dilakukan. Keadaan itu berbanding terbalik dengan yang terjadi pada negara religius yang rendah, mereka sekedar mengetahui namun kurang dalam hal pengamalan.

Ketika ajaran Islam datang di suatu negeri yang memiliki banyak kerusakan pada berbagai sektor kehidupannya, seharusnya Islam dapat mengubahnya hingga menjadi diperhitungkan keberadaannya dan kekuasaannya. Hal ini pernah terjadi di masa lalu bagaimana digdaya dan adikuasanya peradaban saat itu dari Romawi atau Persia bukanlah apa-apa. Itulah yang sekarang tidak dimiliki oleh negara religius mana pun, di mana keadaan negara religius tersebut saat ini malah mengagumi suatu negara yang sebenarnya banyak meniru gaya hidup Islam.

Baca Juga  Hikmah dari Gerhana Bulan

Maka sudah sepatutnya kita kembali pada ajaran yang sudah terbukti keberhasilannya dalam membangun peradaban, terutama konsep dan pengaplikasian agama Islam yang saat ini sedang di pojok dan diasingkan dengan isu-isu perpecahan. Memang agama ini asing dan akan kembali dengan keterasingan, maka sungguh mulialah orang yang dianggap asing.

Pada akhirnya seperti kata orang, malam akan berlalu, dan badai pun akan berhenti. Semoga saja!

Editor: Shidqi Mukhtasor
Avatar
2 posts

About author
Nama : Devan Muhammad Firdaus alamat : Bandung, jawa barat status : Mahasiswa di Universitas syah kuala
Articles
Related posts
Perspektif

Ketika Ustadzah Ba’alawi Bangun Otoritas Keagamaan Baru di Ruang Publik

2 Mins read
Di tengah-tengah perdebatan tentang nasab para habaib keturuan Ba’alawi, nyatanya tidak menyurutkan semangat untuk melihat sisi lain dari kehadiran kaum hadrami di…
Perspektif

Ternyata Ada 8 Madzhab Fiqih, 4 Diantaranya Jarang Diketahui!

4 Mins read
Dalam agama Islam, dikenal istilah mufti yang sering diartikan sebagai seorang mujtahid. Istilah yang dimaksud cukup masyhur khususnya pada konteks fiqih, dengan…
Perspektif

Moderasi Hilirisasi Haji

3 Mins read
Dalam beberapa tahun terakhir, hilirisasi haji telah menjadi sorotan penting di Indonesia. Berangkat dari visi untuk memberikan pelayanan haji yang berkualitas dan…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This will close in 0 seconds