Doa Mendengarkan Adzan - IBTimes.ID
Doa

Doa Mendengarkan Adzan

1 Mins read

Saat adzan sedang dikumandangkan, kita disunnahkan untuk menghentikan sejenak seluruh aktivitas. Bukan untuk berbincang satu-sama lain, melainkan untuk mendengarkan dan menjawab adzan. Lalu, bagaimana doa mendengarkan adzan yang dimaksud?

Doa Mendengarkan Adzan

Doa mendengarkan adzan sebenarnya cukup sederhana, tidak rumit, dan mudah dihapalkan. Doa ini disandarkan pada hadis tentang doa saat mendengarkan adzan, seperti tertera pada HR Muslim No. 385:

يَقُوْلُ مِثْلَ مَا يَقُوْلُ الْمُؤَذِّنُ إِلاَّ فِيْ (حَيََّ عَلَى الصَّلاَةِ وَ حَيََّ عَلَى الْفَلاَحِ) فَيُبْدِلُهُمَا: لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ

Artinya: “Seseorang yang mendengarkan adzan, hendaklah mengucapkan sebagaimana yang diucapkan oleh muadzin, kecuali dalam kalimat: Hayya ‘alash shalaah dan Hayya ‘alal falaah. Maka mengucapkan: ’Laa haula wala quwwata Illa billah’.

Dengan demikian, berdasarkan hadis di atas, lafal doa secara lengkap adalah sebagai berikut:

Allahuakbar
Doa: Allahuakbar

Asyhadu an laa ilaaha illallaah
Doa: Asyhadu an laa ilaaha illallaah

Asyhadu anna Muhammadan rasuulullaah
Doa: Asyhadu anna Muhammadan rasuulullaah

Hayya ‘alash shalaah
Doa: Laa hawla walaa quwwata illaa billaah

Hayya ‘alal falaah
Doa: Laa hawla walaa quwwata illaa billaah

Allahuakbar
Doa: Allahuakbar

Laa ilaaha illallaah
Doa: Laa ilaaha illallaah

Jika diterapkan secara rutin, doa ini dapat menjadi motivasi sekaligus pengingkat keimanan kita. Karena, sejatinya kalimat yang terdapat dalam doa ini merupakan kalimah thayyibah (kalimat yang baik). Maka akan sangat baik dan menjadikan kita pribadi yang positif jika dibiasakan menjawab adzan dengan doa ini.

***

Demikian doa yang telah dijelaskan. Doa ini disadur dari situs web Muhammadiyah.or.id. Semoga dapat diterapkan saat adzan berkumandang sehingga memberikan berkah dan ketenangan pada diri kita.

Editor: Nabhan

Redaksi
93 posts

About author
IBTimes.ID - Kanal Moderasi Islam. Sebuah media online yang berprinsip pada wasathiyah Islam dengan memadukan doktrin keislaman, perkembangan sains mutakhir, dan nilai keindonesiaan.
Articles
    Related posts
    Doa

    Doa Keluar Rumah dan Artinya

    1 Mins read
    Dari masa ke masa, manusia adalah makhluk yang berevolusi soal rumah. Dahulu, manusia purba tinggal di goa, seiring berjalannya waktu dan adanya…
    Doa

    Doa Shalat Istikharah Lengkap dan Artinya

    1 Mins read
    Pernahkah anda berada dalam keadaan yang membingungkan dan dilematis untuk memilih satu pilihan? Keadaan ini mungkin kita jumpai saat berada di antara…
    Doa

    Doa Minta Hujan Lengkap dan Artinya

    1 Mins read
    Cuaca sedang panas-panasnya dan jarang hujan dalam kemarau panjang? Atau sudah musim hujan namun jarang hujan? Tentu kita mengharapkan hujan yang membawa…

    Tinggalkan Balasan