Doa Mendengarkan Adzan - IBTimes.ID
Doa

Doa Mendengarkan Adzan

1 Mins read

Saat adzan sedang dikumandangkan, kita disunnahkan untuk menghentikan sejenak seluruh aktivitas. Bukan untuk berbincang satu-sama lain, melainkan untuk mendengarkan dan menjawab adzan. Lalu, bagaimana doa mendengarkan adzan yang dimaksud?

Doa Mendengarkan Adzan

Doa mendengarkan adzan sebenarnya cukup sederhana, tidak rumit, dan mudah dihapalkan. Doa ini disandarkan pada hadis tentang doa saat mendengarkan adzan, seperti tertera pada HR Muslim No. 385:

يَقُوْلُ مِثْلَ مَا يَقُوْلُ الْمُؤَذِّنُ إِلاَّ فِيْ (حَيََّ عَلَى الصَّلاَةِ وَ حَيََّ عَلَى الْفَلاَحِ) فَيُبْدِلُهُمَا: لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ

Artinya: “Seseorang yang mendengarkan adzan, hendaklah mengucapkan sebagaimana yang diucapkan oleh muadzin, kecuali dalam kalimat: Hayya ‘alash shalaah dan Hayya ‘alal falaah. Maka mengucapkan: ’Laa haula wala quwwata Illa billah’.

Dengan demikian, berdasarkan hadis di atas, lafal doa secara lengkap adalah sebagai berikut:

Allahuakbar
Doa: Allahuakbar

Asyhadu an laa ilaaha illallaah
Doa: Asyhadu an laa ilaaha illallaah

Asyhadu anna Muhammadan rasuulullaah
Doa: Asyhadu anna Muhammadan rasuulullaah

Hayya ‘alash shalaah
Doa: Laa hawla walaa quwwata illaa billaah

Hayya ‘alal falaah
Doa: Laa hawla walaa quwwata illaa billaah

Allahuakbar
Doa: Allahuakbar

Laa ilaaha illallaah
Doa: Laa ilaaha illallaah

Jika diterapkan secara rutin, doa ini dapat menjadi motivasi sekaligus pengingkat keimanan kita. Karena, sejatinya kalimat yang terdapat dalam doa ini merupakan kalimah thayyibah (kalimat yang baik). Maka akan sangat baik dan menjadikan kita pribadi yang positif jika dibiasakan menjawab adzan dengan doa ini.

***

Demikian doa yang telah dijelaskan. Doa ini disadur dari situs web Muhammadiyah.or.id. Semoga dapat diterapkan saat adzan berkumandang sehingga memberikan berkah dan ketenangan pada diri kita.

Editor: Nabhan

Baca Juga  Doa Ditolak? Introspeksi Dulu Yuk!
Redaksi
221 posts

About author
IBTimes.ID - Cerdas Berislam. Media Islam Wasathiyah yang mencerahkan
Articles
Related posts
Doa

Doa untuk Orang Meninggal Laki-Laki dan Perempuan

2 Mins read
Ketika seorang muslim meninggal, baik laki-laki maupun perempuan, kita hendaknya berbicara yang baik dan mendoakannya. Lalu, bagaimanakan doa untuk orang meninggal laki-laki…
Doa

Empat Doa Melancarkan Rezeki

1 Mins read
Sebelum membahas doa melancarkan rezeki/doa rezeki lancar, kita perlu memahami konsep rezeki terlebih dahulu. Rezeki adalah hal yang dinanti oleh siapapun. Ia…
Doa

Doa Shalat Dhuha dan Artinya

1 Mins read
Doa shalat dhuha yang digunakan seorang muslim dan muslimah setelah mengerjakan shalat dhuha. Adapun bacaan doa shalat dhuha dan artinya sebagai berikut….

Tinggalkan Balasan

Mari Kolaborasi
Mari Berkolaborasi bersama kami "IBTimes.ID - Cerdas Berislam" dan para kontributor lainnya untuk memproduksi narasi Islam yang mencerahkan.
Donasi dapat melalui Bank Mandiri 137-00-5556665-3 a.n Litera Cahaya Bangsa