Doa Naik Kendaraan Lengkap dan Artinya - IBTimes.ID
Doa

Doa Naik Kendaraan Lengkap dan Artinya

1 Mins read

Sejatinya, seluruh usaha menuju kebaikan dan aktivitas kita tanpa terkecuali perlu disertai dengan doa. Salah satu aktivitas tersebut yang sering kita lakukan adalah naik kendaraan. Berikut doa naik kendaraan lengkap dan artinya.

Doa Naik Kendaraan Lengkap Beserta Artinya

Terdapat beberapa doa naik kendaraan yang cukup populer dan dapat kita ucapkan saat akan naik kendaraan, di antaranya sebagai berikut:

سُبْحَانَ الَّذِىْ سَخَّرَلَنَا هَذَا وَمَاكُنَّالَهُ مُقْرِنِيْنَ وَاِنَّآ اِلَى رَبّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ

Subhaanalladzii sakhkhoro lanaa haadzaa wa maa kunnaa lahuu muqriniin, wa innaa ilaa robbinaa lamunqolibuun.

Artinya: “Maha suci Allah yang memudahkan ini (kendaraan) bagi kami dan tiada kami mempersekutukan bagi-Nya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami.” (Q.S. Az-Zukhruf: 13)

Selain itu, untuk perjalanan laut, doa ini dapat dibaca sebelum perjalanan:

بِسْمِ اللهِ مَجْرَهَا وَمُرْسَهَآ اِنَّ رَبّىْ لَغَفُوْرٌرَّحِيْمٌ

Bismillaahi majrehaa wa mursahaa inna rabbi laghafuururrahiim

Artinya :
“Dengan nama Allah yang menjalankan kendaraan ini berlayar dan berlabuh sesungguhnya Tuhanku Maha Pemaaf lagi Pengasih.” (Q.S. Hud: 41)

Doa Keluar Rumah

Secara umum, ketika keluar rumah untuk pergi kita dapat mengucapkan doa keluar rumah. Doa keluar rumah berdasarkan hadist riwayat At-Tirmidzi nomor 3348, dari Anas bin Malik, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِذَا خَرَجَ الرَّجُلُ مِنْ بَيْتِهِ فَقَالَ بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ قَالَ « يُقَالُ حِينَئِذٍ هُدِيتَ وَكُفِيتَ وَوُقِيتَ فَتَتَنَحَّى لَهُ الشَّيَاطِينُ فَيَقُولُ لَهُ شَيْطَانٌ آخَرُ كَيْفَ لَكَ بِرَجُلٍ قَدْ هُدِىَ وَكُفِىَ وَوُقِىَ .

Artinya: Jika seseorang keluar rumah, lalu dia mengucapkan ‘Bismillahi tawakkaltu ‘alallah, laa hawla wa laa quwwata illa billah‘, maka dikatakan ketika itu: ‘Engkau akan diberi petunjuk, dicukupkan dan dijaga’. Setan pun akan menyingkir darinya. Setan yang lain akan mengatakan: ‘Bagaimana mungkin engkau bisa mengganggu seseorang yang telah mendapatkan petunjuk, kecukupan dan penjagaan?’

Baca Juga  Doa Shalat Dhuha dan Artinya

Arti doa: “Dengan nama Allah aku bertawakal pada Allah, tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan izin Allah.

Versi Lain

بِسْمِ اللهِ، الْحَمْدُ لِلَّهِ

الْحَمْدُ لِلَّهِ الْحَمْدُ لِلَّهِ الْحَمْدُ لِلَّهِ اللهُ أَكْبَرُ اللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ إِنِّيْ ظَلَمْتُ نَفْسِيْ فَاغْفِرْ لِيْ، فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ

Bismillah, alhamdulillah (3x), Allahu akbar (3x), Subhaanakallahumma inni dzolamtu nafsii faghfirlii fa innahu laa yaghfirudzdzunuuba illaa anta

Artinya: “Dengan nama Allah, segala puji bagi Allah, Segala puji bagi Allah (3x), Maha Suci Engkau, ya Allah! Sesungguhnya aku menganiaya diriku, maka ampunilah aku. Sesungguhnya tidak ada yang dapat mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau.”

Demikian doa naik kendaraan lengkap beserta artinya. Semoga bermanfaat, membuat perjalanan kita selamat dan penuh berkah.

Editor: Nabhan

Admin
133 posts

About author
IBTimes.ID - Kanal Moderasi Islam. Sebuah kanal media online yang mempunyai prinsip moderasi Islam’ (Wasathiyah) yang memadukan doktrin keislaman, perkembangan keilmuan (sains), dan nilai keindonesiaan.
Articles
Related posts
Doa

Doa untuk Orang Meninggal Laki-Laki dan Perempuan

2 Mins read
Ketika seorang muslim meninggal, baik laki-laki maupun perempuan, kita hendaknya berbicara yang baik dan mendoakannya. Lalu, bagaimanakan doa untuk orang meninggal laki-laki…
Doa

Empat Doa Melancarkan Rezeki

1 Mins read
Sebelum membahas doa melancarkan rezeki/doa rezeki lancar, kita perlu memahami konsep rezeki terlebih dahulu. Rezeki adalah hal yang dinanti oleh siapapun. Ia…
Doa

Doa Shalat Dhuha dan Artinya

1 Mins read
Doa shalat dhuha yang digunakan seorang muslim dan muslimah setelah mengerjakan shalat dhuha. Adapun bacaan doa shalat dhuha dan artinya sebagai berikut….

Tinggalkan Balasan

Mari Kolaborasi
Mari Berkolaborasi bersama kami "IBTimes.ID - Cerdas Berislam" dan para kontributor lainnya untuk memproduksi narasi Islam yang mencerahkan.
Donasi dapat melalui Bank Mandiri 137-00-5556665-3 a.n Litera Cahaya Bangsa