Doa

Doa Saat Menikmati Keindahan Sore Hari

1 Mins read

Sembari menikmati keindahan sore hari dan sambil menunggu matahari tenggelam di ufuk Barat, Rasulullah Saw juga mengajarkan sebuah doa yang bisa diamalkan oleh umatnya. Sehingga waktu sore hari menjadi berkah dan hati pun menjadi tenang sembari menikmati keindahannya. Berikut ini doa yang dianjurkan oleh Rasulullah Saw.

Doa Menikmati Sore Hari

Sebagaimana doa Nabi Muhammad Saw yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, kala sore hari Rasulullah membaca doa di bawah ini:

للَّهُمَّ بِكَ أَمْسَيْنَا، وَبِكَ نَحْيَا، وَبِكَ نَمُوْتُ، وَإِلَيْكَ النُّشُوْرُ

Allāhumma bika amsaina, wa bika nahya, wa bika namutu, wa ilaikan nusyur

Artinya: “Ya Allah, dengan-Mu aku bersore hari, dengan-Mu kami hidup, dengan-Mu kami mati. Hanya kepada-Mu (kami) kembali.”  (HR Abu Dawud, At-Turmudzi, Ibnu Majah, dan lainnya)

Adapun amalan-amalan kebaikan yang bisa kita lakukan untuk mengisi sore hari; misalnya, bersih-bersih linkungan rumah, pergi mengajar TPA, memperbanyak hafalan, berdzikir sore hari dan aktivitas-aktivas yang positif lainnya. Waktu sore hari kita pun berlalu dengan penuh keindahan dan kenikmatan, serta keberkahan di dalamnya. Terlebih jika segala aktivitas yang kita lakukan, ternyata membawa dampak yang baik dalam hidup kita dan orang lain.

Itulah beberapa bentuk usaha, ikhtiar yang bisa kita lakukan dalam memanfaatkan waktu sore hari kita,  sehingga tidak berlalu begitu saja. Semua itu bisa di mulai  dan dibiasakan dari diri pribadi. Sebagaimana firman Allah dalam al-Qur’an surah Ar-Rad ayat 11 berikut ini:

لَهٗ مُعَقِّبٰتٌ مِّنْۢ بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهٖ يَحْفَظُوْنَهٗ مِنْ اَمْرِ اللّٰهِ ۗاِنَّ اللّٰهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتّٰى يُغَيِّرُوْا مَا بِاَنْفُسِهِمْۗ وَاِذَآ اَرَادَ اللّٰهُ بِقَوْمٍ سُوْۤءًا فَلَا مَرَدَّ لَهٗ ۚوَمَا لَهُمْ مِّنْ دُوْنِهٖ مِنْ وَّالٍ

Baca Juga  Teladan Moderasi dari Rasulullah Saw

Artinya: Baginya (manusia) ada malaikat-malaikat yang selalu menjaganya bergiliran, dari depan dan belakangnya. Mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya dan tidak ada pelindung bagi mereka selain Dia”.

Demikianlah doa sore hari yang bisa kita sama-sama amalkan dari IBTimes.ID. Semoga bermanfaat.

Editor: Soleh

Print Friendly, PDF & Email
188 posts

About author
IBTimes.ID - Kanal Moderasi Islam. Sebuah kanal media online yang mempunyai prinsip moderasi Islam’ (Wasathiyah) yang memadukan doktrin keislaman, perkembangan keilmuan (sains), dan nilai keindonesiaan.
Articles
Related posts
Doa

Baca Doa Ini Ketika Hendak Bercocok Tanam

1 Mins read
Facebook Telegram Twitter Linkedin email Sebagian besar penghasilan di Indonesia berasal dari hasil pertanian. Proses awal untuk mendapatkan hasil panen dari tanaman…
Doa

Doa Ketika Mengaku Banyak Dosa dan Mohon Ampunan

1 Mins read
Facebook Telegram Twitter Linkedin email Sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa tidak ada manusia yang pernah luput dari salah dan dosa. Tak…
Doa

Bacaan Doa Saat Melihat Hilal Beserta Artinya

1 Mins read
Facebook Telegram Twitter Linkedin email Pertanda akan masuknya awal bulan Ramadhan adalah terlihatnya hilal. Bulan Ramadhan adalah bulan sangat mulia dan agung…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *