Tafsir

Janganlah Sok Semuci-Suci

2 Mins read

Sikap sok suci, atau lebih populer lagi sering dikatakan sok semuci-suci, meski saya tidak berani mengatakan sudah setua umur manusia, setidaknya sudah ada sejak lama sekali. Lihat saja buktinya larangan bersikap “Sok semuci-suci” itu sudah masuk dan disebutkan dalam kitab suci Al-Quran. Ini berarti, setidaknya sejak 1440-an tahun yang lalu, sikap sok semuci-suci itu telah lama ada dan dipraktikkan oleh banyak orang, atau setidaknya oleh beberapa orang. Justru karena itulah Allah SWT menyampaikan larangan-Nya melalui wahyu-Nya di dalam kitab suci Al-Quran.

Mengaku Suci

Dalam Al-Quran Surat An-Najm ayat 32, Allah melarang kaum beriman bersikap sok suci, apalagi sok semuci-suci. Fa la tuzakku anfusakum ( فلا تزكوا أنفسكم), yang artinya: “Maka janganlah kamu mengatakan dirimu suci!” Sebab, lanjutnya, هو أعلم بمن اتقى, “Dia (Allah) lebih tahu siapa yang benar-benar memelihara diri dari kejahatan.”

Allah Maha Mengetahui apa yang tersurat dan apa yang tersirat, apa yang lahir dan apa yang batin, apa yang kita tampakkan dan apa yang kita sembunyikan, dan last but not least apa yang eksoterik dan apa yang esoterik! Tidak ada tempat dan kesempatan bersembunyi dari Allah Yang Maha Mengetahui.

Ayat ini sendiri semula berbicara tentang orang-orang yang mengerjakan kebaikan dan kemudian meningkatkan lagi kebaikan-kebaikannya dengan amalan-amalan yang lebih baik lagi (الذين أحسنوا بالحسنى). Nah, ciri dari orang-orang ini adalah “Mereka yang menjauhi dosa-dosa besar dan perbuatan keji, kecuali kesalahan-kesalahan kecil. Tuhanmu sungguh luas memberikan ampunan, dan Dia lebih tahu tentang kamu ketika Ia mengeluarkan kamu dari bumi, dan ketika kamu masih tersembunyi dalam rahim ibumu. Karenanya, janganlah kamu menganggap diri kamu suci. Dia lebih tahu siapa yang memelihara diri dari kejahatan.”

Baca Juga  Mengenal Ridho, Berkah, dan Rahmat Allah

Abdullah Yusuf Ali dalam tafsirnya The Holy Quran: Text, Translation dan Commentery (1968) menerjemahkan frase فلا تزكوا أنفسكم  tersebut dengan kalimat berikut: Therefore justify not yourselves.  Dan kemudian Ali Audah menerjemahkan ke bahasa Indonesia dengan:  “Karenanya, janganlah kamu menganggap diri kamu suci.”

Harap dan Cemas

Yusuf Ali kemudian memberikan komentar atas potongan ayat tersebut dalam catatan no 5107 sebagai berikut: As Allah knows our inmost being, it is absurd for us to justify ourselves either by pretending that we are better than we are or by finding excuses for our conduct. We must offer ourselves unreserverdly such as we are: it is His Mercy and Grace that will cleanse us. If we try, out of love for Him, to guard againts evil, our striving is all that He ask for. 

Artinya, ini terjemahan Ali Audah lagi: “Karena Allah mengetahui lubuk hati kita, maka akan menggelikan sekali jika kita mau berlagak suci, baik dengan pura-pura bahwa kita lebih baik dari keadaan kita, atau dengan mencari-cari alasan buat perilaku kita. Kita harus mempersembahkan diri kita secara terbuka, seperti apa adanya. Kasih dan karunia-Nya juga yang akan membersihkan kita. Kalau kita berusaha demi cinta kepada-Nya, untuk menjauhi dosa, maka usaha kita itulah yang diminta-Nya.” 

Dalam kitab Tafsir Al-Imam Al-Ghazali halaman 301 dikatakan, “Jika kamu melakukan amal kebaikan maka janganlah sekali-kali kamu mengatakannya telah melakukannya”:  قال ابن جريج: معناه إذا عملت خيرا فلا تقل عملت (Lihat Tafsir al-Imam al-Ghazali, Jam’u wa taustiq wa taqdim Doktor Muhammad Raihani, Daru l-Salam, Fez, Al-Maghrib, 1439 H/2018, hal. 301). Maksudnya: jangan suka pamer dengan menceritakan amal kebaikan kepada orang lain.

Baca Juga  Luthf dan Qahr: Nama-Nama Tuhan dalam Pandangan Jalaluddin Rumi

Pasalnya, manusia itu tidak bisa memastikan apakah amal ibadahnya diterima oleh Allah, demikian juga dengan tobatnya. Manusia hanya bisa berdoa mudah-mudahan ibadah dan tobatnya diterima oleh-Nya serta mendapatkan ridha-Nya. Jadi, seorang mukmin selalu penuh dengan ‘sikap harap’ (raja’) dengan disertai perasaan optimisme, tetapi juga ada tersembul ‘perasaan cemas’ (khauf), yakni khawatir tertolak. Tentu bukan berarti pesimistis atas Maha Pemurah-Nya. Makanya di situ ada dimensi raja’: harapan atau optimisme.

***

Walhasil, manusia itu nisbi belaka. Maka jangan merasa amalnya sudah banyak, dan mengklaim dirinya bersih lagi suci karena merasa dosanya sudah diampuni semuanya. Singkatnya, jangan sok semuci-suci! Wong kita itu, sekali lagi, tidak tahu dengan pasti apakah amal-amal kebaikan kita diterima oleh Allah.

Pasalnya, bisa jadi amal kebaikan kita kurang ikhlas dan karena itu tidak diterima sebagai amal kebaikan. Mungkin saja niat kita beramal sekadar untuk pamer atau biar mendapatkan pujian dari orang alias riya’! Kita hanya bisa berharap dan berdoa saja: penuh harap, penuh cemas.

Wallahu a’lam

Editor: Nabhan

Related posts
Tafsir

Kontroversi Tafsir Ayat Pernikahan Anak dalam Qur’an

4 Mins read
Pernikahan, yang seharusnya menjadi lambang cinta dan komitmen, kerap kali terjebak dalam kontroversi. Salah satu kasus terbaru yang menarik perhatian publik adalah…
Tafsir

Sepintas Sejarah Gagasan Tafsir Modern di Indonesia

4 Mins read
Pada subbab yang ditulis oleh Abdullah Saeed berjudul “The Qur’an, Interpretation, and the Indonesian Context” merupakan bagian dari bukunya Saeed sendiri, yaitu…
Tafsir

Dekonstruksi Tafsir Jihad

3 Mins read
Hampir sebagian besar kesarjanaan modern menyoroti makna jihad sebatas pada dimensi legal-formal dari konsep ini dan karenanya menekankan pengertian militernya. Uraiannya mayoritas…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This will close in 0 seconds