Inspiring

Ketika Djazman Al-Kindi dan Amien Rais Beda Pandangan Politik

2 Mins read

Mohammad Djazman Al Kindi. Pendiri Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) ini dikenal dekat dengan aktivis muda hingga akhir hayatnya. Sering menjadi tempat berdiskusi. Dalam forum seminar maupun kunjungan ke rumahnya. Djazman Al Kindi selalu terbuka menerima tamu para aktivis. Bahkan dijamu makan segala.

Pernah saya bertamu ke rumahnya di Kaliurang Yogyakarta. Untuk mengundangnya ceramah di forum Silatnas Fokal IMM se-Indonesia di Kampus UMM tahun 1997.

Saat itu, kondisi Pak Djazman sedang sakit. Walaupun begitu bersedia menerima tamu setelah saya telepon dulu dari Malang. Saya tiba di Yogya lantas menghubungi Mas Husni Amriyanto yang saat itu menjabat Pembantu Dekan 3 Fisipol Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Kemudian sopirnya mengantarkan saya ke rumah Pak Djazman menggunakan mobil fakultas.

Sampai di rumah Pak Djazman, saya diantarkan asistennya masuk menuju kamarnya. Pak Djazman tampak sumringah. Tak ada guratan sakit. Hanya sesekali harus menghirup oksigen murni dari masker slang yang terhubung ke tabung di samping tempat duduknya. Lalu kami tenggelam dalam obrolan soal aktivitas mahasiswa, kehidupan kampus, pembangunan Perguruan Tinggi Muhammadiyah, dan perkembangan politik.

Posisi Muhammadiyah Repot

Dalam pandangan politik, Pak Djazman agak beda dengan Profesor Dr M. Amien Rais. Walaupun begitu dia meminta aktivis mahasiswa Muhammadiyah mengawal perjuangan Pak Amien.

Menjelang Reformasi 1998, Amien Rais membuat pernyataan panas perlunya mempersiapkan suksesi kepemimpinan nasional menggantikan Presiden Soeharto.

Pernyataan itu disampaikan dalam Sidang Tanwir Muhammadiyah di Surabaya  tahun 1993. Juga dalam Tabligh Akbar Kokam di Stadion Tambaksari Surabaya tahun 1996. Menurut Pak Amien, dukungan Muhammadiyah terhadap pemerintah bukan tanpa reserve. Maknanya, dukungan Muhammadiyah terhadap pemerintah bukan dukungan buta, melainkan dukungan bersyarat.

Baca Juga  Syafii Maarif: Sisi Lain yang Jarang Diketahui

”Kalau pemerintah masih tetap lurus, berorientasi kerakyatan, mengasah, dan mempertajam keberanian moralnya untuk memberantas korupsi, kolusi, otomatis dukungan Muhammadiyah akan terus. Namun kalau pemerintah tidak sanggup lagi menanggulangi korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN), maka Muhammadiyah hanya bisa mendoakan mudah-mudahan pemerintah dilindungi oleh Allah SWT,” begitu pernyataan Pak Amien waktu itu.

Tekanan Pak Amien terhadap rezim Orde Baru memang membuat posisi Muhammadiyah menjadi serba repot. Beberapa tokoh Muhammadiyah lainnya menjadi waswas dengan pernyataan Pak Amien yang keras seperti Lukman Harun dan Djazman Al Kindi.

Menurut Pak Djazman, posisi Pak Harto masih sangat kuat sehingga diprediksi dalam Pemilu Maret 1998 pasti akan terpilih lagi sebagai presiden untuk periode ketujuh. Dia melihat seruan reformasi Amien Rais tidak memiliki arti apa-apa, jika Muhammadiyah tidak memberikan dukungan secara total.

Menyarankan Amien Rais Mundur

Tanpa diminta pun, semua warga Muhammadiyah pasti akan mendukung. Apalagi posisi Pak Amien sebagai Ketua (Umum) Pimpinan Pusat Muhammadiyah. ”Namun, Pak Amien hendaknya bisa menjaga posisi Muhammadiyah sebagai organisasi sosial kemasyarakatan yang berdiri secara independen di atas kepentingan politik,” kata Djazman saat diskusi dengan mahasiswa usai Tabligh Akbar Kokam di Stadion Mandala Krida Yogyakarta tahun 1997.

Pak Djazman waktu itu menyarankan Pak Amien harus berani mundur dari jabatan Ketua (Umum) Pimpinan Pusat Muhammadiyah agar posisi Muhammadiyah tidak riskan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Menurut dia, Muhammadiyah selalu mengambil peran secara arif dan bijaksana. Sikap inilah yang kemudian melahirkan gagasan high politics dalam fungsi kontrolnya terhadap pemerintah.

Djazman menilai, seruan Amien Rais hanya bernilai secara moral. Seruan itu tidak memiliki kekuatan apa-apa terhadap perubahan perilaku politik rezim Orde Baru yang dalam beberapa hal dinilai telah jauh dari tuntunan nilai Islam.

Baca Juga  H.M. Rasjidi (1): Tokoh Muhammadiyah, Menteri Agama Pertama

Djazman lebih memilih berkooperasi dengan pemerintah bahkan masuk kekuasaan untuk meluruskan praktik kekuasaan Orde Baru yang melenceng karena diisi para birokrat korup. ”Birokrasi didominasi permainan politik yang kotor dengan praktik KKN, maka pilihan lain bagi Muhammadiyah untuk kader-kader elite Persyarikatan berjuang mewujudkan high politics dengan cara masuk ke dalam struktur kekuasaan,” ujarnya.

Saat itu beberapa kader Muhammadiyah sudah masuk dalam struktur kekuasaan. Misalnya, Dr Ahmad Watik Pratiknya menjadi Sekretaris Wakil Presiden BJ Habibie. Padahal Pak Watik adalah sahabat terdekat Pak Amien yang menjadi sekretarisnya di Pesantren Budi Mulia serta Pusat Pengkajian Strategi dan Kebijakan (PPSK) Yogyakarta. Pak Watik juga menjabat Sekretaris Majelis Tabligh PP Muhammadiyah.

Artikel ini pernah diterbitkan di PWMu.co
Avatar
11 posts

About author
Santri Pengelana kelahiran Lamongan ini telah lama menyepikan dirinya dari dunia jurnalisme. Ia yang merupakan Kandidat Doktor Program Studi Ilmu Perencanaan Pembangunan Wilayah & Perdesaan Sekolah Pascasarjana IPB ini, meniti karir sebagai Konsultan berbagai Project Bidang Pertanian, Perikanan dan Kelautan, serta Program-program Pengembangan Kawasan Perdesaan dan Kawasan Perbatasan Republik Indonesia. Ia mengasah jiwa leadershipnya sejak IPM Sekolah Kader Lamongan. Pernah menjabat Ketua Umum DPD IMM Jawa Timur 2002-2004. Dan menjadi Wakil Sekretaris Bidang Kebijakan Publik LHKP PP Muhammadiyah 2010-2015. Kini, ia aktif sebagai Penasehat PRM Legoso-Ciputat.
Articles
Related posts
Inspiring

Kenal Dekat dengan Abdul Mu'ti: Begawan Pendidikan Indonesia yang Jadi Menteri Dikdasmen Prabowo

3 Mins read
Abdul Mu’ti merupakan tokoh penting dalam dunia pendidikan dan organisasi Islam di Indonesia. Ia dikenal sebagai Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah periode…
Inspiring

Beda Karakter Empat Sahabat Nabi: Abu Bakar, Umar, Utsman, dan Ali

4 Mins read
Ketika berbicara tentang sosok-sosok terdekat Nabi Muhammad SAW, empat sahabat yang paling sering disebut adalah Abu Bakar ash-Shiddiq, Umar bin Khattab, Utsman…
Inspiring

Spiritualitas Kemanusiaan Seyyed Hossein Nasr

3 Mins read
Islam memiliki keterikatan tali yang erat dengan intelektual dan spiritual. Keduanya memiliki hubungan yang sangat dekat dan merupakan dua bagian realitas yang…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This will close in 0 seconds