Riset

Khalifatullah fil Ardh: Manusia sebagai Aktor Peradaban

3 Mins read

Sejenak kita mengernyitkan dahi, mencoba merawang jauh ke belakang ketika peradaban Islam sedang mencapai puncak kejayaan (abad pertengahan). Plato telah mendefinisikan manusia sebagai animal rational yang kemudian dialihbahasakan oleh para filosof muslim—di antaranya Ibnu Khaldun—dengan ungkapan Bahasa Arab, الإنسان حيوان ناطق, sesungguhnya makna di baliknya sangat kompleks. 

Secara bahasa, ungkapan tersebut berarti “hewan yang berkata-kata”. Tapi istilah ناطق yang berasal dari kata نطق (ن-ط-ق) lebih dari sekedar “berkata-kata” yang dalam istilah lain disebut كلم (ka-la-ma) atau حدث (ha-da-tsa). Kata na-tha-qa lebih dekat maknanya pada aktivitas “berfikir”. Tentu, siapa saja yang pernah mengenyam pelajaran atau ilmu manthiq paham bahwa istilah ini tidak hanya sekedar berkata-kata. Tetapi suatu aktivitas berfikir logis dengan menggunakan media artikulasi bahasa (logika). 

Jika Plato adalah al-muallim al-awwal (guru pertama), maka Ibnu Khaldun adalah al-muallim al-tsani (guru kedua). Ia memiliki peran yang besar dalam mentransfer (dari Bahasa Yunani ke Bahasa Arab) dan sekaligus memberikan pemaknaan baru atas teori ini.

Berbeda dengan para pemikir aliran Konservatif (almuhafidz), Ibnu Khaldun memiliki keyakinan yang kokoh tentang bagaimana konsep manusia menurut pandangan Islam yang diadopsi dan kemudian diadaptasi dari khazanah Hellenis ini. Ia juga berbeda konsep dengan para pemikir aliran Religious-Rasional (al-diniy al-‘aqlaniy) dalam memahami hakekat manusia. 

Manusia, dalam pandangan Ibnu Khaldun, adalah makhluk yang mendapat anugrah wahyu, akal, pancaindra, dan fu’ad dalam menjalankan fungsinya di muka bumi. Ibnu Khaldun dalam makalahnya, “Tentang Ilmu Pengetahuan dan Berbagai Jenisnya, Tentang Pengajaran Serta Metode-metode dan Aspek-aspeknya, dan Tentang Berbagai Hal yang Bersangkutan dengan Itu Semua” (Nurcholish Madjid, 1994: 307), berpendapat bahwa manusia adalah makhluk berfikir.

Baca Juga  Pengorbanan Ismail, Kelahiran Ishaq, dan Kisah Kaum Sodom-Gomoroh

Namun demikian, Ibnu Khaldun memberi sentuhan kreatif dengan memasukkan konsep-konsep Islam dalam sistem ontologi dan epistemologinya. Ibnu Khaldun tetap meletakkan wahyu sebagai sumber pengetahuan manusia yang utama—yang membedakan secara fundamental konsep metafisika dan epistemologi dalam aliran Filsafat Pragmatisme kontemporer. 

Dimensi fu’ad dalam perspektif Ibnu Khaldun, di sisi lain tampak menyerupai konsep “akal kategoris” dalam pragmatisme Aristoteles. Dengan ‘kemampuan’ (quwwah) untuk berfikir telah membedakan manusia dari jenis binatang. Kemampuan (quwwah), akal, dan fu’ad dalam konteks Filsafat Pragmatisme tampak menyerupai teori inborn—potensi bawaan sejak lahir (mind, kebebasan, curiousity). Sedangkan kecakapan hidup dan kemampuan mengetahui Tuhan lewat wahyu yang disampaikan kepada para Rasul menjadikan manusia (muslim) dapat menguasai dunia (Muqaddimah, 2000: 521). 

Khalifatullah fil Ardh

Baik teori animal rationalnya Plato ataupun teori pragmatismenya Ibn Khaldun sesungguhnya adalah formula-formula teoritis yang ditawarkan untuk menjelaskan makna kedudukan manusia sebagai khalifatullah fil ardh. Ketika Al-Quran mengisahkan drama kosmis tentang penciptaan manusia pertama—Al-Baqarah: 30—terdapat satu kedudukan strategis yang dianugerahkan Allah SWT kepada Adam AS. Yaitu, kedudukan sebagai khalifah di bumi.  

Sejenak kita tengok literatur Islam Berkemajuan yang membahas tentang topik ini. Misalnya, dalam kitab Tafsir At-Tanwir (Juz 1) terbitan Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah, kedudukan Adam (manusia pertama) sebagai khalifah dalam surat Al-Baqarah ayat 30 mengisyaratkan kedudukan yang mulia dan terhormat bagi manusia. Kedudukan tersebut yang membedakan antara manusia dengan makhluk-makhluk lain ciptaan Allah SWT. 

Dalam Tafsir Ibnu Katsir, ditemukan suatu formula penting ketika menempatkan manusia sebagai “khalifah” Allah SWT. Bahwa ungkapan khalifah fil ardh yang dialamatkan kepada makhluk bernama Adam sebagai penempatan kedudukan yang amat mulia.

Baca Juga  Tentang Waktu, Masa Lalu yang Tak Mungkin Terulang Kembali

Disebutkan bahwa Adam dinilai lebih mulia di kalangan makhluk yang tertinggi, yaitu para malaikat. Perlu diketahui pula bahwa dalam Tafsir Ibnu Katsir, makna khalifah didefinisikan sebagai “suatu kaum yang sebagiannya menggantikan sebagian yang lain silih berganti. Abad demi abad, dan generasi demi generasi.” 

Nah, dari sini kita dapat mengikat makna bahwa terdapat dua karakter bagi makhluk bernama Adam yang mendapat julukan khalifatullah di muka bumi. Pertama, sebagai makhluk paling mulia dan terhormat yang mendapat anugrah besar untuk menjaga, merawat bumi, dan memakmurkan bumi.

Kedua, sebagai makhluk Allah SWT yang melangsungkan proses regenerasi dalam menjaga dan merawat kelestarian bumi. Inilah saya kira dua formula teoritis makna kedudukan manusia yang dalam konteks sejarahnya menjadi aktor peradaban. (Bersambung).

***

*)Tulisan ini merupakan seri keempat dari serial Fikih Peradaban Islam Berkemajuan yang ditulis oleh sejarawan Muhammadiyah, Muarif.

Seri 1 Fikih Peradaban Islam Berkemajuan: Ikhtiar Menulis Sejarah Pendekatan Budaya

Seri 2 Fikih Peradaban Islam Berkemajuan: Alquran, Wahyu yang Menyejarah

Seri 3 Fikih Peradaban Islam Berkemajuan: Kisah dalam Alquran: Tujuan dan Ragam Qashash

Editor: Yusuf

Avatar
157 posts

About author
Pengkaji sejarah Muhammadiyah-Aisyiyah, Anggota Majelis Pustaka dan Informasi PP Muhammadiyah.
Articles
Related posts
Riset

Membuktikan Secara Ilmiah Keajaiban Para Sufi

2 Mins read
Kita barangkali sudah sering mendengar kalau para sufi dan bahkan Nabi-nabi terdahulu memiliki pengalaman-pengalaman yang sulit dibuktikan dengan nalar, bahkan sains pun…
Riset

Lazismu, Anak Muda, dan Gerakan Filantropi untuk Ekologi

2 Mins read
“Bapak ini kemana-mana bantu orang banyak. Tapi di kampung sendiri tidak berbuat apa-apa. Yang dipikirin malah kampung orang lain,” ujar anak dari…
Riset

Pengorbanan Ismail, Kelahiran Ishaq, dan Kisah Kaum Sodom-Gomoroh

4 Mins read
Nabi Ibrahim as. yang tinggal Hebron mendapat berusaha menjenguk putra satu-satunya. Sebab pada waktu itu, Sarah sudah uzur dan belum juga hamil….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *