Khutbah Jumat: Rahmatan lil ‘Alamin, Dakwah Pembawa Perdamaian - IBTimes.ID
Khutbah

Khutbah Jumat: Rahmatan lil ‘Alamin, Dakwah Pembawa Perdamaian

2 Mins read

Khutbah Jumat Rahmatan lil ‘Alamin

Di bawah ini adalah teks khutbah Jumat tentang rahmatan lil ‘alamin dan sangat cocok untuk dipakai memberikan khutbah Jumat di masjid-masjid seluruh Indonesia. Tema yang dimuat dalam teks khutbah Jumat kali ini mengupas tentang rahmatan lil ‘alamin yang sangat didorong dalam ajaran Islam. Teks khutbah Jumat singkat ini lengkap karena memuat khutbah pertama dan kedua.

Khutbah Jumat: Rahmatan lil ‘Alamin,
Dakwah Sejuk Pembawa Perdamaian

Khutbah Jumat Rahmatan lil ‘Alamin: Khutbah Pertama

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَمَرَنَا بِالْإِصْلَاحِ، وَحَثَّنَا عَلَى الصَّلَاحِ، وَبَيَّنَ لَنَا سُبُلَ الْفَلَاحِ. وَأَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُ اللهِ وَرَسُولُهُ. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، وَعَلَى أَلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ أَمَّا بَعْدُ: فَأُوْصِيْكُمْ عِبَادَ اللهِ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ عَزَّ وَجَلّ، قَالَ تَعَالَى: فَاتَّقُوا اللَّهَ وَأَصْلِحُوا ذَاتَ بَيْنِكُمْ وَأَطِيعُوا اللَّهَ وَرَسُولَهُ إِنْ كُنْتُمْ مُؤْمِنِينَ

Hadirin Shalat Jumat yang Dirahmati Allah

Allah berfirman dalam QS. Al-Anbiya’ ayat 107: 

وَمَآ اَرْسَلْنٰكَ اِلَّا رَحْمَةً لِّلْعٰلَمِيْنَ

Artinya: “Dan Kami tidak mengutus engkau (Muhammad) melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi seluruh alam.”

Kata rahmatan lil’ alamin pada ayat di atas bisa kita tarik menjadi konsep dakwah. Dakwah rahmatan lil’ alamin adalah dakwah Rasulullah yang mengajak manusia ke jalan Allah dengan semangat dasar kelembutan dan kasih sayang. Dengan cara berpegang teguh dengan al- Quran dan mengikuti jalan hidup Nabi, agar mendapatkan barokah di dunia dengan rezeki yang cukup, hujan yang cukup, dan tanah yang subur serta mendapatkan nikmat surga di akhirat kelak. 

Rumusan di atas diramu dari tujuh makna rahmat dalam Al-Qur’an: pertama, kelembutan (riqqah), empati (ta’ aththuf), memberikan maaf (maghfirah), penyayang (hanan) yang merupakan lawan kata dari azab, kejahatan, kemudharatan, kekasaran. Kedua, rezeki. Ketiga, kenabian. Keempat, tanah yang subur. Kelima, al-Quran. Keenam, hujan. Ketujuh, surga.

Baca Juga  Teks Khutbah Jumat Singkat: Al-Quran untuk Kerukunan Manusia

Hadirin Shalat Jumat yang Dirahmati Allah

Dakwah rahmatan lil‘alamin mengajak manusia untuk menjadi manusia yang utuh dengan memperhatikan aspek fisik, psikis, akal, maupun fitrah, dan memperhatikan dengan seksama kehidupan orang-orang yang beriman. Untuk mewujudkan Islam rahmatan lil‘ alamin, Al-Qur’an dan hadis mengajarkan nilai keseimbangan antara hablun minallah dan hablun minannas. 

Hablun minallah tergambar dalam dua belas poin, yaitu: 1). Beriman kepada Allah dan berpegang teguh dengan keimanan; 2). Menaati Allah dan Rasul-Nya; 3). Mendirikan sholat; 4). Memakmurkan masjid; 5). Mengkaji ayat- ayat Allah di masjid; 6). Merasa diri banyak memiliki kekurangan dan berdoa supaya mendapatkan rahmat; 7). Istighfar, taubat, dan memperbaiki diri; 8). Mengikuti al-Quran dan mendengarkannya dengan seksama; 9). Bertaqwa; 10). Berjihad dengan harta dan jiwa; 11). Sabar ketika menghadapi musibah; 12). Tawakkal kepada Allah. 

Hadirin Shalat Jumat yang Dirahmati Allah

Sedangkan, ajaran tentang Hablun Minannas tergambar dalam dua belas berikut: 1). Profesional dalam bekerja; 2). Saling ber-wala’ dengan sesama mukmin; 3). Amr ma’ ruf nahi munkar; 4). Membayar zakat; 5). Berbuat baik kepada orang tua; 6). Ukhuwwah yang dibangun di atas dasar taqwa; 7). Hijrah; 8). Menjadi orang saleh; 9). Infaq fi sabilillah untuk mendekatkan diri kepada Allah; 10). Makan harta yang baik; 11). Berbuat baik kepada orang lemah, orang sakit, dan orang miskin; 12). Berlomba melakukan kebaikan di antara suami dan istri.

Hadirin Shalat Jumat yang Dirahmati Allah

Baik aspek hablun minallah maupun aspek hablun minannas sudah dipraktekkan oleh Rasulullah dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, bernegara. 

Dengan dipraktekkannya kedua unsur itu secara seimbang maka seluruh makhluk, manusia, hewan, maupun tumbuhan merasakan kasih sayang dan sentuhan kenyamanan dan rahmatan lil’ alamin dari ajaran Islam.

Baca Juga  BULETIN JUMAT: Membina Kerukunan Umat Beragama

بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِيْ الْقُرْآنِ الْكَرِيْمِ، وَنَفَعَنِيْ وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ الْآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ، وَتَقَبَّلَ مِنِّيْ وَمِنْكُمْ تِلَاوَتَهُ إِنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ وَقُلْ رَبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَأَنْتَ أَرْحَمُ الرَّاحِمِيْنَ

Khutbah Jumat Rahmatan lil ‘Alamin: Khutbah Kedua

اَلْحَمْدُ للهِ عَلَى إِحْسَانِهِ, وَالشُّكْرُ لَهُ عَلَى تَوْفِيْقِهِ وَامْتِنَانِهِ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ, وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِى إِلَى رِضْوَانِهِ

Sidang Jumat yang Dirahmati Allah SWT

Dakwah rahmatan lil ‘alamin harus dilakukan oleh umat Muslim di dunia. Dakwah rahmatan lil’alamin bukan lah dakwah parsial yang hanya menyayangi dan mencintai sesama muslim saja, tapi juga sayang dan cinta kepada semua ciptaan Allah yang ada di bumi ini. Semoga kita menjadi hamba Allah yang selalu menyerukan dakwah rahmatan lil’alamin. Ammin YRA. 

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ, وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كَثِيْرًا. أَمَّا بَعْدُ, فَيَا أَيُّهَا النَّاسُ, اِتَّقُوا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ, وَاعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِهِ وَثَـنَّى بِمَلآئِكَتِهِ بِقُدْسِهِ, وَقَالَ تَعَالَى إِنََّ اللهَ وَمَلآئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّ يَآأَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا. اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى أَنْبِيَآئِكَ وَرُسُلِكَ وَمَلآئِكَتِكَ الْمُقَرَّبِيْنَ, وَارْضَ اللَّهُمَّ عَنِ الْخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ أَبِيْ بَكْرٍ وَعُمَرَ وَعُثْمَانَ وَعَلِيٍّ وَعَنْ بَقِيَّةِ الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ وَتَابِعِي التَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ, وَارْضَ عَنَّا مَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَاأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ. اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَالْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ الأَحْيَآءِ مِنْهُمْ وَالأَمْوَاتِ, إِنَّكَ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ مَجِيْبُ الدَّعَوَاتِ. اللَّهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا الْبَلاَءَ وَالْوَبَاءَ وَالزَّلاَزِلَ وَالْمِحَنَ وَسُوْءَ الْفِتْنَةِ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ عَنْ بَلَدِنا إِنْدُوْنِيْسِيَا خَآصَّةً وَعَنْ سَائِرِ الْبُلْدَانِ الْمُسْلِمِيْنَ عَآمَّةً يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ. رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. عِبَادَ اللهِ! إِنََّ اللهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالإِحْسَانِ وَإِيْتَآءِ ذِي الْقُرْبَى وَيَنْهَى عَنِ الْفَحْشَآءِ وَالْمُنْكَرِ وَالْبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ, وَاذْكُرُوا اللهَ الْعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْهُ عَلَى نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَاسْئَلُوْهُ مِنْ فَضْلِهِ يُعْطِكم, وَلَذِكرُ اللهِ أَكْبَرُ, وَاللهُ يَعْلَمُ مَا تَصْنَعُوْنَ.

Baca Juga  Buletin Jumat: Berdamai Dengan Covid-19

***

Demikian teks khutbah Jumat rahmatan lil ‘alamin dari IBTimes.ID. Semoga bermanfaat. Khutbah Jumat lain dapat diakses dalam rubrik khutbah Jumat.

Editor: Nabhan

Related posts
Khutbah

Teks Khutbah Jumat: Kriteria Pemimpin yang Ideal

3 Mins read
Teks Khutbah Jumat: Kriteria Pemimpin yang Ideal Di bawah ini adalah teks khutbah Jumat tentang pemimpin dan dapat dipakai untuk memberikan khutbah…
Khutbah

Meneguhkan Persaudaraan, Meminimalisir Pertikaian

4 Mins read
Masyarakat Jahiliyah: Latar Belakang Diturunkannya Nabi Manusia pada hakikatnya adalah umat yang satu. Kemudian Allah mengutus para nabi sebagai pemberi kabar gembira…
Khutbah

Khutbah Jumat: Taat Kepada Pemerintah, Tidak Menuntut Kesempurnaan

2 Mins read
Khutbah Jumat: Taat Kepada Pemerintah Di bawah ini adalah teks khutbah Jumat tentang taat pada pemerintah dan sangat cocok untuk dipakai memberikan…

Tinggalkan Balasan