Khutbah Jumat: Taat Kepada Pemerintah, Tidak Menuntut Kesempurnaan - IBTimes.ID
Khutbah

Khutbah Jumat: Taat Kepada Pemerintah, Tidak Menuntut Kesempurnaan

2 Mins read

Khutbah Jumat: Taat Kepada Pemerintah

Di bawah ini adalah teks khutbah Jumat tentang taat pada pemerintah dan sangat cocok untuk dipakai memberikan khutbah Jumat di masjid-masjid seluruh Indonesia. Tema yang dimuat dalam teks khutbah Jumat kali ini mengupas tentang perlunya taat pada pemerintah. Ternyata, taat kepada pemerintah didorong dalam ajaran Islam. Teks khutbah Jumat ini lengkap karena memuat khutbah pertama dan kedua.

Khutbah Jumat
Taat Kepada Pemerintah: Menerima Kebaikan, Tidak Menuntut Kesempurnaan

Khutbah Jumat Taat Pemerintah: Khutbah Pertama

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَمَرَنَا بِالْإِصْلَاحِ، وَحَثَّنَا عَلَى الصَّلَاحِ، وَبَيَّنَ لَنَا سُبُلَ الْفَلَاحِ. وَأَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُ اللهِ وَرَسُولُهُ. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، وَعَلَى أَلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ أَمَّا بَعْدُ: فَأُوْصِيْكُمْ عِبَادَ اللهِ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ عَزَّ وَجَلّ، قَالَ تَعَالَى: فَاتَّقُوا اللَّهَ وَأَصْلِحُوا ذَاتَ بَيْنِكُمْ وَأَطِيعُوا اللَّهَ وَرَسُولَهُ إِنْ كُنْتُمْ مُؤْمِنِينَ

Jamaah Rahimakumullah

Allah SWT memerintahkan untuk taat kepada imam, pemimpin, dan penguasa terhadap apa yang mereka perintahkan dan larang selama itu tidak mengandung maksiat. 

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اَطِيْعُوا اللّٰهَ وَاَطِيْعُوا الرَّسُوْلَ وَاُولِى الْاَمْرِ مِنْكُمْۚ 

“Wahai orang-orang yang beriman taatilah Allah dan taatilah Rasul dan ulil amri di antara kamu” (An-Nisa’: 59). 

Imam An-Nawawi mengatakan bahwa sebagian ulama berpandangan bahwa ulil amri dalam ayat ini adalah para pemimpin dan penguasa yang wajib ditaati. Ini adalah pandangan mayoritas ulama salaf dan khalaf, para mufasir dan ahli fikih. Namun ada juga yang berpandangan bahwa yang dimaksud ulil amri adalah pemerintah dan ulama.

Jamaah Rahimakumullah

Diriwayatkan dari Abu Umamah RA, dia mengatakan; aku pernah mendengar Rasulullah SAW berkhutbah pada Haji Wada’, “Bertaqwalah kepada Tuhan kalian, shalatlah lima waktu kalian, berpuasalah pada bulan kalian, dan tunaikanlah zakat harta kalian dan taatilah orang yang memerintah kalia, dengan begitu kalian akan masuk surga Tuhan kalian” (HR. At-Tirmidzi, 616 dan dinilai shahih oleh Albani). 

Baca Juga  Buletin Jumat: Pesan Taqwa dan Implikasi Sosial Tauhid

Imam An-Nawawi berkata “Karena Allah telah memerintahkan mentaati Rasul-Nya, dan beliau juga memerintahkan agar menaati pemimpin, sehingga ketaatan itu saling terkait satu sama lain”. Dalam hadis riwayat Muslim, Rasulullah SAW bersabda; “Hendaklah kamu mendengar dan taat dalam keadaan sulit dan lapang, dalam keadaan semangat dan benci serta mendahulukan atas dirimu” (HR. Muslim, 1835 dan 1836).

Hadis tersebut memotivasi kaum muslimin untuk mendengar dan taat kepada waliyul amri dalam semua keadaan, dengan begitu melahirkan persatuan kaum muslimin, sebab perselisihan hanya akan merusak urusan agama dan dunia mereka.

Jamah Rahimakumullah

Adz-Dzahabi berkomentar saat menulis biografi Al-Mustanjid Billah, “Seseorang apabila memiliki akal yang cerdas serta agama yang lurus dan kuat maka perkara kekuasaan akan ikut menjadi baik. Namun apabila akalnya lemah tetapi agamanya baik, maka agama akan membawanya untuk berdiskusi dengan orang-orang bijak, dengan begitu urusannya akan menjadi lurus.”

بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِيْ الْقُرْآنِ الْكَرِيْمِ، وَنَفَعَنِيْ وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ الْآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ، وَتَقَبَّلَ مِنِّيْ وَمِنْكُمْ تِلَاوَتَهُ إِنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ وَقُلْ رَبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَأَنْتَ أَرْحَمُ الرَّاحِمِيْنَ

Khutbah Jumat Taat Pemerintah: Khutbah Kedua

اَلْحَمْدُ للهِ عَلَى إِحْسَانِهِ, وَالشُّكْرُ لَهُ عَلَى تَوْفِيْقِهِ وَامْتِنَانِهِ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ, وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِى إِلَى رِضْوَانِهِ

Sidang Jumat yang Dirahmati Allah SWT

Di khutbah kedua ini, marilah kita bersama-sama berdoa, Semoga Allah melimpahkan bagi umat ini pemimpin yang banyak memiliki kebaikan.

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ, وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كَثِيْرًا. أَمَّا بَعْدُ, فَيَا أَيُّهَا النَّاسُ, اِتَّقُوا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ, وَاعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِهِ وَثَـنَّى بِمَلآئِكَتِهِ بِقُدْسِهِ, وَقَالَ تَعَالَى إِنَّ اللهَ وَمَلآئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّ يَآأَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا. اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى أَنْبِيَآئِكَ وَرُسُلِكَ وَمَلآئِكَتِكَ الْمُقَرَّبِيْنَ, وَارْضَ اللَّهُمَّ عَنِ الْخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ أَبِيْ بَكْرٍ وَعُمَرَ وَعُثْمَانَ وَعَلِيٍّ وَعَنْ بَقِيَّةِ الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ وَتَابِعِي التَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ, وَارْضَ عَنَّا مَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَاأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ.

Baca Juga  Khutbah Jumat: Kekuatan dan Amanah adalah Modal Utama

 اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَالْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ الأَحْيَآءِ مِنْهُمْ وَالأَمْوَاتِ, إِنَّكَ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ مَجِيْبُ الدَّعَوَاتِ. اللَّهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا الْبَلاَءَ وَالْوَبَاءَ وَالزَّلاَزِلَ وَالْمِحَنَ وَسُوْءَ الْفِتْنَةِ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ عَنْ بَلَدِنا إِنْدُوْنِيْسِيَا خَآصَّةً وَعَنْ سَائِرِ الْبُلْدَانِ الْمُسْلِمِيْنَ عَآمَّةً يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ. رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. عِبَادَ اللهِ! إِنََّ اللهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالإِحْسَانِ وَإِيْتَآءِ ذِي الْقُرْبَى وَيَنْهَى عَنِ الْفَحْشَآءِ وَالْمُنْكَرِ وَالْبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ, وَاذْكُرُوا اللهَ الْعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْهُ عَلَى نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَاسْئَلُوْهُ مِنْ فَضْلِهِ يُعْطِكم, وَلَذِكرُ اللهِ أَكْبَرُ, وَاللهُ يَعْلَمُ مَا تَصْنَعُوْنَ.

Khutbah Jumat Taat Pemerintah

Demikian teks khutbah Jumat taat kepada pemerintah dari IBTimes.ID. Semoga bermanfaat. Khutbah Jumat dengan tema lain dapat diakses dalam rubrik khutbah Jumat.

Editor: Nabhan

Nashir Efendi
2 posts

About author
Ketua Bidang Perkaderan PW Ikatan Pelajar Muhammadiyah Jawa Timur
Articles
Related posts
Khutbah

Teks Khutbah Jumat: Kriteria Pemimpin yang Ideal

3 Mins read
Teks Khutbah Jumat: Kriteria Pemimpin yang Ideal Di bawah ini adalah teks khutbah Jumat tentang pemimpin dan dapat dipakai untuk memberikan khutbah…
Khutbah

Meneguhkan Persaudaraan, Meminimalisir Pertikaian

4 Mins read
Masyarakat Jahiliyah: Latar Belakang Diturunkannya Nabi Manusia pada hakikatnya adalah umat yang satu. Kemudian Allah mengutus para nabi sebagai pemberi kabar gembira…
Khutbah

Khutbah Jumat: Rahmatan lil ‘Alamin, Dakwah Pembawa Perdamaian

2 Mins read
Khutbah Jumat Rahmatan lil ‘Alamin Di bawah ini adalah teks khutbah Jumat tentang rahmatan lil ‘alamin dan sangat cocok untuk dipakai memberikan…

Tinggalkan Balasan