Lazismu Jadi Solusi ZIS WNI di Malaysia - IBTimes.ID
Report

Lazismu Jadi Solusi ZIS WNI di Malaysia

1 Mins read

Lazismu sebagai ujung tombak zakat, infak, dan shadaqah (ZIS) Muhammadiyah telah diakui sebagai Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) dan terus membuktikan eksistensinya. Tidak berhenti di situ, Lazismu melanjutkan kiprahnya hingga negeri jiran Malaysia. Sejak November 2018, Lazismu bekerjasama dengan Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Malaysia membentuk Kantor Layanan Malaysia.

Lazismu Kantor Layanan Malaysia diketuai oleh Sutrisno, Dosen UMY yang sedang menempuh program Doktoral di Islamic Banking & Finance di Universiti Islam Antarabangsa Malaysia (UIAM) Kuala Lumpur, Malaysia. Selain itu, tim Lazismu yang dianggotai perwakilan dari aktivis Muhammadiyah dan Aisyiyah telah dibentuk.

Lazismu Malaysia menegaskan diri untuk berperan menangani penggalangan dana, ZIS, hingga pengelolaan daging kurban. Hal ini disampaikan dalam forum sosialisasi Lazismu Kantor Layanan Malaysia pada Ahad, 12 Mei 2019. Selain itu, Lazismu Malaysia juga bertekad membantu mencarikan solusi untuk mereka yang memerlukan bantuan biaya sekolah maupun akses pelayanan kesehatan.

Strategi pelayanan kesehatan akan melibatkan para dokter Indonesia yang sedang tinggal di Malaysia. Strategi lainnya adalah dengan mendatangkan mahasiswa kedokteran dan ilmu kesehatan yang berminat untuk menjalani KKN di Malaysia. Dengan strategi Lazismu akan bekerjasama dengan berbagai Perguruan Tinggi Muhammadiyah di Indonesia.

Lazismu perlu berkoordinasi dengan para PRIM, PRIA, juga MDMC dalam menjalankan tugasnya. Tak hanya itu,  dukungan diberikan pemerintah RI melalui Atase Pendidikan dan Kebudayaan Kedutaan Besar Republik Indonesia (Atdikbud KBRI) Mokhammad Farid Ma’ruf yang hadir dan memberikan sambutan dalam sosialisasi.

Kerjasama antara KBRI dan PCIM Malaysia pun diharapkan memperkuat upaya KBRI untuk menyediakan akses pendidikan bagi warga negara Indonesia di Malaysia. Atdikbud kemudian menyampaikan dukungannya bagi program-program Lazismu. Agenda sosialisasi ditutup dengan buka puasa bersama Warga Muhammadiyah dan Aisyiyah di Malaysia. (Tim Media PCIM Malaysia/nabhan)

Baca Juga  Staf Khusus Menkeu RI Sampaikan Strategi Pemulihan Ekonomi di UMM
Avatar
1023 posts

About author
IBTimes.ID - Cerdas Berislam. Media Islam Wasathiyah yang mencerahkan
Articles
Related posts
Report

Tolak Legalisasi Miras, PP Muhammadiyah: Cabut Perpresnya!

1 Mins read
IBTimes.ID – Pimpinan Pusat Muhammadiyah merasa keberatan dengan Perpres no 10 tahun 2021 tentang Bidang Usaha Penanaman Modal yang antara lain menyatakan…
Report

Investigasi: Kegiatan Bawah Tanah Eks HTI di UNESA Pasca Pembubaran

4 Mins read
Masuknya era reformasi pada tahun 1998 ternyata membuat organisasi masyarakat (Ormas) Islam semakin bangkit untuk muncul ke permukaan dengan lebih terbuka. Pada…
Report

Haedar Nashir: Duka Cita untuk Jalaluddin Rakhmat

1 Mins read
IBTimes.ID – Ketua Umum PP Muhammadiyah, Prof Haedar Nashir, menyampaikan duka cita atas meninggalnya Cendekiawan Muslim, Dr H Jalaluddin Rakhmat, M.Sc., pada hari Senin…

Tinggalkan Balasan

Mari Kolaborasi
Mari Berkolaborasi bersama kami "IBTimes.ID - Cerdas Berislam" dan para kontributor lainnya untuk memproduksi narasi Islam yang mencerahkan.
Donasi dapat melalui Bank Mandiri 137-00-5556665-3 a.n Litera Cahaya Bangsa