Menag Yaqut Bertemu Menteri Haji Saudi, Tanda Kabar Baik Pemberangkatan Haji - IBTimes.ID
News

Menag Yaqut Bertemu Menteri Haji Saudi, Tanda Kabar Baik Pemberangkatan Haji

1 Mins read

IBTimes.ID – Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas membagi kabar baru dari Arab Saudi. Menag mengatakan, pembicaraan dengan otoritas haji dan umrah Saudi mengalami kemajuan yang menggembirakan.

Melansir dari Monitortoday, Hal ini disampaikan Menag Yaqut usai bertemu dengan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi H.E Taufiq F. Al-Rabiah di Makkah, Senin (22/11/2021).

“Alhamdulillah, hari ini saya bertemu dengan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Taufiq F. Alrabiah di Makkah. Menteri Taufiq mengatakan bahwa Indonesia adalah prioritas dalam masalah haji dan umrah,” tegas Menag Yaqut usai melakukan pertemuan.

Gus Yaqut, sapaan akrab Menag, berharap jemaah Indonesia bisa segera melepas kerinduannya untuk menunaikan ibadah umrah. “Kita sangat berharap semoga hal itu tidak lama lagi,” ujarnya.

Menurut Menag, hasil pertemuannya dengan Menteri Haji Saudi cukup progresif dan efektif. Hal itu tidak terlepas dari diskusi awal (Senior Official Meeting) yang dilakukan Wakil Menteri Haji Saudi dengan tim Kementerian Agama yang dikomandoi Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU), Staf Khusus Menteri Agama, dan tim Konsul Haji Jeddah.

Diskusi kedua pihak akan terus dilakukan secara intensif. Kementerian Agama akan menyusun skenario dan timeline pemberangkatan jemaah umrah. Penerapan protokol kesehatan atau prokes akan menjadi aspek paling penting dalam pengaturan penyelenggaraan umrah. Rumusan itu selanjutnya disampaikan kepada Kementerian Haji Saudi untuk dipelajari.

“Menteri Haji tadi mengapresiasi progress pembahasan awal yang sudah dilakukan Wakil Menteri Haji dengan tim Kemenag. Kita berharap semoga persiapan lanjutan baik di Saudi dan Tanah Air bisa segera selesai sehingga penyelenggaraan umrah bisa segera dibuka,” harapnya.

Selain membahas penyelenggaraan umrah, pertemuan dua menteri ini juga mendiskusikan upaya peningkatan kerja sama bilateral dalam bidang haji dan umrah.

Baca Juga  Milad ke-11: RS PKU Gamping Resmikan Klinik Keluarga Sakinah

“Kami memiliki visi yang sama dalam meningkatkan kerja sama seperti di bidang manasik haji atau penyuluhan secara terpadu,” tandasnya.

Turut hadir dalam pertemuan ini, Ketua Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto, Sekjen Kemenag Nizar, Dirjen PHU Kemenag Hilman Latif, Konjen RI Jeddah Eko Hartono, Konsul Haji, dan Kuasa Usaha ad interim KBRI Riyadh Arief Hidayat.

Editor: Yahya FR

Print Friendly, PDF & Email
Admin
168 posts

About author
IBTimes.ID - Kanal Moderasi Islam. Sebuah kanal media online yang mempunyai prinsip moderasi Islam’ (Wasathiyah) yang memadukan doktrin keislaman, perkembangan keilmuan (sains), dan nilai keindonesiaan.
Articles
Related posts
News

Komunikasi UMM Latih Narapidana Perempuan Menulis Buku

1 Mins read
IBTimes.ID – Narapidana yang keluar dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) umumnya tidak meninggalkan kenang-kenangan yang unik. Tetapi para penghuni Lapas Perempuan II A,…
News

Laku Toleransi Otentik di Segitiga Emas Kampung Sawah Bekasi

2 Mins read
IBTimes.ID – Daerah metropolitan seperti Jabodetabek memang sering menyisakan masalah pelik. Banyak kasus-kasus kekerasan berbasis agama hidup dan berkembang di kota-kota besar….
News

Kisah Pendeta Menuntun Tuna Netra Muslim untuk Shalat

2 Mins read
Para cerdik cendekia mengatakan bahwa satu teladan lebih baik daripada seribu nasehat. Sebagian dari kita lebih senang mendengar kisah-kisah inspiratif daripada mendapatkan…

Tinggalkan Balasan