Perdana Menteri Jepang Anugerahkan Gelar Bintang Jasa Kepada Din Syamsuddin - IBTimes.ID
News

Perdana Menteri Jepang Anugerahkan Gelar Bintang Jasa Kepada Din Syamsuddin

2 Mins read

IBTimes.ID Ketua Umum PP Muhammadiyah 2005-2015 Din Syamsuddin dianugerai gelar bintang jasa oleh Perdana Menteri Jepang. Pemberian bintang jasa atas kiprah Din Syamsuddin dalam memudahkan komunikasi antara Jepang dan masyarakat Islam Indonesia. Humas Kedutaan Besar Jepang untuk Indonesia, Aya Kumakura mengatakan bahwa Din Syamsuddin memiliki peran dalam dialog antar agama. Juga berperan dalam menjalin hubungan antar tokoh agama dan politisi Jepang. Hal ini menurutnya, meningkatkan rasa saling mengerti antara masyarakat Jepang dan masyarakat Islam Indonesia.

“Bapak Din Syamsuddin, berkiprah dalam dialog antaragama dan peradaban demi mewujudkan perdamaian. Menjalin interaksi mendalam dengan para tokoh agama dan politisi Jepang. Sehingga beliau turut berperan dalam meningkatkan saling pengertian antara masyarakat Jepang dan masyarakat Islam di Indonesia,” kata Aya dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (3/11/2018).

“Selain itu, Bapak Din Syamsuddin juga memberikan dukungan secara terus-menerus terhadap program kunjungan para guru pesantren Indonesia ke Jepang, yang dilakukan oleh pemerintah Jepang. untuk meningkatkan saling pengertian antara masyarakat Jepang dan masyarakat Islam di Indonesia sejak tahun 2004,” sambungnya.

Peran Din Syamsuddin

Tidak hanya itu, Din Syamsuddin juga turut aktif dalam pelayanan wisatawan asing dari negara Islam yang berkunjung ke Jepang. Yaitu dengan cara mensosialisasikan makanan halal di Jepang.

“Bapak Din Syamsuddin telah membantu Jepang untuk menyosialisasikan makanan halal di Jepang, dengan pengalaman beliau sebagai Ketua Umum MUI yang merupakan sebuah lembaga sertifikasi halal di Indonesia. Sehingga beliau berkontribisi agar Jepang memberikan fasilitas, kepada para wisatawan asing dari negara-negara Islam di Jepang,” tuturnya.

Gelar ini tidak terlepas dari kontribusi beliau selama ini. Setidaknya di tahun 2012, Din yang saat itu menjabat sebagai Ketua Umum PP Muhammadiyah telah melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri Jepang Yoshihiro Noda selama empat hari di Kyoto dan Tokyo. Pada pertemuan saat itu, Din mendorong investasi Jepang di Indonesia, dan mengajak pengusaha Jepang untuk bekerjasama dengan pengusaha Muhammadiyah. PM Noda menyambut baik ajakan tersebut, dan sepakat kedua Negara dan bangsa meningkatkan kerjasama.

Baca Juga  Nanang Sutedja: Jangan Sampai Guru Tidak Melek IT

Kemudian di tahun 2015, Din Syamsuddin bertemu dua tokoh Jepang, masing-masing mantan Perdana Menteri (PM) Yoshihiko Noda dan Yutaka Iimura, utusan khusus PM Jepang untuk Asia Tenggara. Pada kesempatan tersebut, Din berdiskusi dengan kedua tokoh tersebut tentang kebangkitan Asia Timur.

Sebelum mendapatkan gelar Bintang Jasa ini, pada tahun 2016 Din juga memperoleh penghargaan dari Menteri Luar Negeri Jepang Fumio Khisida atas kontribusinya dalam meningkatkan persahabatan Jepang dan Indonesia. Dan terakhir di tahun 2017, Din memimpin delegasi tokoh lintas agama se Asia menemui Chairman of China’s Political Consultative Conference (CPPCC), Yu Zhengsheng di kantornya di Beijing untuk membawa misi perdamaian dan kerjasama di Asia Timur terutama dalam sektor ekonomi. (A’yun/nabhan)

Avatar
1023 posts

About author
IBTimes.ID - Cerdas Berislam. Media Islam Wasathiyah yang mencerahkan
Articles
Related posts
News

Menag Yaqut: Hukum Penista Agama Apapun di Indonesia!

1 Mins read
IBTimes.ID – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyerukan menghukum penista agama apapun di Indonesia. Hukuman penista agama diminta tidak pandang bulu. Gus Yaqut mendorong polisi…
News

3 Program Utama Lazismu di Ramadhan 1442 H

2 Mins read
IBTimes.ID – Ramadhan adalah bulan suci yang penuh berkah, di dalamnya terdapat energi positif untuk meningkatkan spiritual umat dalam melaksanakan berbagai kegiatan…
News

Diresmikan Benyamin Davnie, Kantor Layanan LazisMu Tangsel Siap Beroperasi

1 Mins read
Lazismu Berikan Sumbangsih yang Nyata IBTimes.ID, Tangerang Selatan – Sejak didirikan oleh PP Muhammadiyah tahun 2002, LAZISMU telah menjadi salah satu lembaga…

Tinggalkan Balasan