Perspektif

Apa Yang Salah dengan Lagu Aisyah?

3 Mins read

Saat ini sedang viral sebuah lagu yang isinya menceritakan tentang sosok isteri Nabi Saw., Sayidah Aisyah radlyallahun ‘anha. Lagu yang sesungguhnya hasil kecerdikan seniman tanah jiran ini disajikan dengan adaptasi di sini dengan menyesuaikan rasa bahasa dan musik orang Indonesia.

Salah satu kekuatan lagu Aisyah adalah detailnya yang relatif utuh menceritakan sosok fisik dan non fisik Sayidah Asiyah. Tentu saja tidak mungkin sebutkan Sang Humaera tanpa sebutkan Kekasihnya, Sang Musthafa Muhammad Saw.

Hal itu membuat syair lagu Aisyah begitu sangat manusiawi yang karenanya indah dan penuh pesona. Pilihan irama musik yang bergembira semakin menjadikan lagu Aisyah enak di telinga dan memapar jiwa yang mencinta. Luar biasa.

Lagu Aisyah Dipersoalkan

Di tengah masyhurnya lagu Asiyah sekarang di sini datang pertanyaan dari kalangan seniman Muslim tertentu. Pantaskah sosok isteri Nabi Saw didendangkan dalam syair lagu? Benarkah yang diceritakan dalam syair Aisyah itu sesuai hadis Nabi Saw? Ada tujuan bisnis dalam lagu Aisyah?

Saya jawab yang kedua dahulu. Secara umum syair lagu Aisyah itu merujuk riwayat tentang Aisyah. Untuk memastikannya silahkan dicek dengan cara membaca empat rujukan kitab. Pertama, buku yang berjudul Nisa an Nabiy karya Aisyah bint asy Syathi.

Kedua, Muhammad Rasulullah karya Muhammad ash Shadiq Ibrahim Arjun pada jilid dua dan tiga tentang Asiyah.

Ketiga, kitab ath Thabaqat Al Kubra yang lebih masyhur dengan tajuk Thabaqat ibn Sa’ad karena penulisnya bernama Muhammad bin Sa’ad bin Maniyi’ Al Hasyimi Al Basri.

Keempat, pastikan seluruh cerita dalam tiga kitab itu dengan membaca ulang semua cerita seluruh kitab hadis dengan entri Aisyah binti Abi Bakr atau Asiyah saja. Sosok Aisyah yang berani seberani saudarinya, Asma binti Abi Bakr, cerdas, cantik, pencemburu jika disebut nama Sayidah Khadijah, dan seterusnya terungkap terang benderang.

Baca Juga  Saintifikasi Agama: Dari Debat Pemikiran Hingga Debat Pemahaman

Selanjutnya bolehkah menceritakan sosok Aisyah dalam Syair lagu, lalu didendangkan ke Publik? Menjawab segera pertanyaan di atas perlu membandingkannya dengan sosok Sang Mushthafa Muhammad Saw. Secara manzilah sosok Nabi Saw tentu lebih “sakral” dari sosok Sayidah Aisyah.

Lebih dari tiga puluhan lalu dengan sangat apik Penyair Taufik Ismail dengan sangat cerdas berkolaborasi dengan memasok Bimbo narasi tentang Nabi Saw meskipun masih sangat kecil dari deposit fragmen hayat Nabi Saw yang melimpah itu.

Pendengar dan penikmat musik dan lagu-lagu Bimbo dibuat seolah Nabi Saw hadir di hadapannya. Seringkali saya meneteskan air mata karena dibuat rindu oleh keindahan susunan kata dan irama dalam lagu itu. Setiap tanggal 12 Rabiul awal saya termasuk yang seharian penuh mendengar berulang kali syair lagu itu untuk sedikit membayar kerinduan yang membuncah jiwa.

Mengapa sosok Sayidah Aisyah dipermasalahkan sementara sosok Tuhan pun di sini dinyanyikan sejak awal 1980an. Karena tingkat objektivikasi kata dalam syair lagu Tuhan itu sedemikian inklusif ia diterima dan dinyanyikan oleh berbagai ummat beragama.

Tuhan Maha Tahu Segalanya. Hanya Tuhan yang tahu tentang manusia sejak awalnya hingga akhirnya. Seluruh hajat yang diperlihatkan manusia ada di kedipanNya. Diantara kesukaan manusia adalah gandrung mendengar membaca cerita tentang dirinya yang diperankan oleh manusia manusia pilihannya.

Karena itu jika mendendangkan lagu tentang Sayidah Aisyah dipersoalkan lalu buat apa Tuhan ceritakan romansa antara Yusuf dengan Zulaikha dan antara Musa dengan Gadis Syuaib.

Ada Bisnis dalam Lagu Aisyah?

Soalan ketiga yang dicuatkan adalah tentang berbisnis lagu dengan sosok Aisyah? Menjawab pertanyaan ini mesti meletakannya dalam bingkai berkesenian. Sejauh bacaan saya Nabi Saw sangat menghargai kesenian dan karena itu orang berkesenian diapresiasi dan diberi tempat oleh Nabi Saw. Itu terbaca saat Nabi Saw membayar secara profesional dua orang perempuan Habasyah yang mainkan alat perkusi di depan pintu kamar Nabi Saw.

Baca Juga  Fenomena Plagiarisme dan Potret Literasi Kita

Bahwa kesenian diberi tempat oleh Nabi Saw itu terungkap dari fakta bahwa penyajian musik di tengah walimah pernikahan bagian dari keutuhan acara pernikahan. Nabi Saw sempat menegur Sayidah Aisyah saat alpa tidak menyiapkan perangkat musik dalam suatu acara pernikahan orang Ansar.

Salah satu ekspresi berkesenian adalah menyusun dan mengubah syair. Syi’ir dalam bahasa Arab dan syair dalam bahasa Indonesia adalah wahana berkesenian yang sudah dikenal sejak era Jahiliyah. Tersebutlah al-muallaqat yang disebut sebagai syair syair pilihan yang ditempel di dinding Ka’bah.

Pada masa perjuangan dakwah Islam syair difungsikan Nabi Saw sebagai pamplet, koran, majalah atau telivisi untuk menjawab dan mengimbangi bahkan mendelegitimasi propaganda anti Islam. Tersebutlah nama Abdullah bin Ruwahah, Hassan bin Tsabit dan lain-lain.

Jika untuk ke medan perang para sahabat diganjar ghanimah. Perang dengan kata-kata yang tidak banyak orang yang bisa tentu saja bukan sesuatu yang “murah dan mudah” yang tidak diganjar sama sekali.

Semoga bermanfaat.

Avatar
15 posts

About author
Alumni Angkatan Pertama Ponpes Darul Arqam Muhammadiyah Garut (1978-1984)
Articles
Related posts
Perspektif

Secara Historis, Petani itu Orang Kaya: Membaca Ulang Zakat Pertanian

3 Mins read
Ketika membaca penjelasan Profesor Yusuf Al-Qaradawi (rahimahullah) tentang zakat profesi, saya menemukan satu hal menarik dari argumen beliau tentang wajibnya zakat profesi….
Perspektif

Apa Saja Tantangan Mengajarkan Studi Islam di Kampus?

4 Mins read
Salah satu yang menjadi persoalan kampus Islam dalam pengembangan kapasitas akademik mahasiswa ialah pada mata kuliah Islamic Studies. Pasalnya baik dosen maupun…
Perspektif

Bank Syariah Tak Sama dengan Bank Konvensional

3 Mins read
Di masyarakat umum, masih banyak yang beranggapan bahwa Bank Syari’ah tidak memiliki perbedaan nyata dengan Bank Konvensional. Mereka percaya bahwa perbedaan hanya…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *