Akal Membedakan Manusia dengan Makhluk Lain

 Akal Membedakan Manusia dengan Makhluk Lain

Oleh: KH Mas Mansur

Sebuah perumpamaan: di sana, di dalam suatu lapangan aku sedang melihat dua makhluk yang berlainan. Yang satunya manusia dan yang satunya lagi binatang. Keduanya sama-sama sedang makan. Kulayangkan pandanganku yang sepintas lalu kepada kedua makhluk tadi.

Ah, seakan-akan keduanya tak berbeda. Yang satunya makan rumput dengan mengunyah-ngunyah makanan itu. Setelah kenyang, ia pun berhenti. Yang satunya pun demikian pula, ia makan sebuah pisang dan dikunyah-kunyahnya. Dan setelah kenyang, ia pun berhenti pula.

Kemudian aku pun mengambil sebuah senapan. Aku tembak kedua makhluk tadi,  tar… tar... Keduanya sama rebah dengan terguling, tak bernyawa lagi. Kembali kuperhatikan, tapi… Ah, tak berbeda kedua-duanya. Sama-sama mati dan kehilangan roh.

Kalau kita lihat perumpamaan di atas, maka seolah-olah timbul dalam hati kita bisikan yang mengatakan bahwa manusia dan binatang itu tak ada perbedaannya. Akan tetapi, bilamana kita perdalam penglihatan kita, memperhatikan pada kehidupan dua makhluk tadi, maka barulah kita ketahui bahwa yang menjadi perbedaan antara keduanya (manusia dan binatang) hanyalah “akal.” Hal ini dapat kita buktikan setelah kita lihat bahwa binatang tadi dapat ditarik dan hidup diperintah oleh manusia ke sana kemari menurut kehendak hatinya. Hidupnya pun begitu saja, tak berubah-ubah, semenjak dari dahulu kala sampai sekarang ini.

Tapi, bila kita lihat kehidupan manusia, kita sendiri merasa kagum. Bagaimanakah ia dapat menundukkan makhluk yang lain yang lebih besar, jauh lebih kuat daripadanya? Bagaimana ia dapat mendirikan gedung-gedung yang besar tinggi, yang mana kalau dilihat dari kekuatannya saja tak akan dapat ia mengadakan yang demikian itu? Ba­gaimanakah ia dapat mengubah-ubah dan mempergunakan segala macam benda yang keras dan lembek, diperintahkannya, disuruhkannya berjalan, berlari, terbang, dan lain-lainnya?

Semuanya, kalau dipandang dari ukuran tubuh dan kekuatannya, manusia tak akan dapat mengadakan yang demikian itu. Akan tetapi, rupanya di balik itu ada suatu suatu rahasia yang tersimpan. Rahasia yang dapat menimbulkan kekuatan dan kekuasaan yang luar biasa untuk memerintah dan menundukkan makhluk dan benda yang di alam ini. Rahasia mana tak lain dari “akal.”

Karena akal tadi yang dari hari ke hari semakin tajam, mengeluarkan kekuatan yang tak sedikit dari zaman ke zaman. Akal semakin kuat menimbulkan kekuasaan manusia melebihi kekuasaan lain-lain makh­luk. Maka manusia yang berakal inipun makin lama makin memuncak naik ke alam kecerdikan. Ia mempunyai kekuatan yang luar biasa sehingga segala makhluk yang melata di atas dunia ini, dari kecil sampai yang sebesar-besarnya, semuanya tunduk dan bertakluk di bawah kekuasaannya.

Jadi, seumpama manusia ini hidup dengan tak mempunyai akal, tentu tak ubahnyalah ia dengan binatang. Kekuatan dan kecerdikannya hanyalah menurut kadar ukuran tubuh dan keadaannya, tak akan bertingkat-tingkat dan naik menurut aliran masa dan peredaran alam.

Akan tetapi, setelah ia dihinggapi oleh tetesan akal, maka ia pun mempunyai kesanggupan yang luar biasa menerima bumi ini dan menundukkan isi-isinya turut di bawah perintahnya. Sebab, kalau dilihat dari ukuran tubuhnya tak akan sanggup ia berakal demikian, karena beberapa makhluk yang lain yang lebih besar daripada dia dan lebih kuat daripada dia tentu dapat mengalahkan dan menundukkannya, sebagaimana gajah, harimau dan lain-lainnya. Sekarang, dengan akal ia dapat menghadapi semuanya, walaupun bagaimana besar dan kuatnya itu binatang.

Dengan hal demikian, maka nyatalah bagi kita tentang perbedaan manusia dan binatang ialah akal. Akal yang disimpan oleh ruh. Tentangjisim-nya tak adalah bedanya. Demikian pun hidupnya sama-sama hidup. Sama-sama punya ruh. Hanya saja, ruh manusia itu menyimpan rahasia, yakni akal. Sedang ruh binatang kosong, tak ada apa-apanya. Maka dengan akal itulah manusia berjuang menundukkan isi bumi ini.

Disusun oleh M. Arsjad Al-Donggalawy
Sumber: Adil no. 31 Tahun VIII/4 Mei 1940
Editor: Arif

IBTimes.ID - Dihidupi oleh jaringan penulis dan editor yang memerlukan dukungan untuk bisa menerbitkan tulisan secara berkala. Agar kami bisa terus memproduksi artikel-artikel keislaman yang mencerahkan, silakan sisihkan sedikit donasi untuk keberlangsungan kami.

Transfer Donasi ke
Mandiri 137-00-5556665-3
A.n Litera Cahaya Bangsa

Avatar

RedaksiIB

IBTimes.ID - Kanal Moderasi Islam

Related post

7 Comments

    Avatar
  • Good info. Lucky me I discovered your website by chance (stumbleupon).
    I have bookmarked it for later!

  • Avatar
  • I’ll immediately clutch your rss as I can’t in finding your e-mail subscription link or newsletter service.

    Do you have any? Kindly allow me recognise in order
    that I could subscribe. Thanks.

  • Avatar
  • Hello there, I found your blog by the use of Google even as searching for a similar topic, your
    site came up, it appears great. I’ve bookmarked it in my google bookmarks.

    Hi there, simply turned into aware of your blog via Google, and
    located that it’s really informative. I’m going to watch out for brussels.
    I’ll appreciate if you happen to continue this
    in future. A lot of other folks will likely be benefited out of your writing.
    Cheers!

  • Avatar
  • If you desire to take a great deal from this paragraph then you have to apply these strategies
    to your won blog.

  • Avatar
  • New Books Debbie Macomber Robinson Crusoe Questions
    And Answers Class 5

    Review my web page :: bog (danceree.shoppy.pl)

  • Avatar
  • I just want to tell you that I am just all new to blogging and seriously liked this web-site. Very likely I’m going to bookmark your site . You absolutely come with good writings. Appreciate it for sharing with us your web-site.

  • Avatar
  • Howdy! I simply would like to give a huge thumbs up for the good data you have here on this post. I will probably be coming again to your weblog for more soon.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.