Jariah

 Jariah
Kopi Manis            

Oleh: M Husnaini

Jariah adalah istilah untuk suatu perbuatan yang ganjarannya terus mengalir ke kita, sekalipun kita sudah tiada. Jariah berlaku untuk perbuatan yang baik maupun yang buruk. Maksudnya, jika kita melakukan suatu perbuatan yang diikuti oleh banyak orang, balasannya akan mengalir ke kita.

Jika memelopori perbuatan mulia, kita akan terus dialiri pahala. Sebaliknya, jika yang kita tanam adalah tindakan tercela, dosalah yang akan kita tuai kendati sudah berkalang tanah. Dengan demikian, ada istilah jariah dosa, sebagaimana juga kita mengenal jariah pahala. Keduanya ada landasan dalilnya.

Jariah tidak ditentukan jenis dan bentuk perbuatannya. Bukan berarti kalau membangun masjid itu jariah sementara membangun sekolah bukan jariah. Bukan begitu cara berpikirnya. Bahkan, membangun rumah sakit juga bernilai jariah. Yang penting adalah untuk kemaslahatan umat dan dilakukan secara ikhlas.

Demikian pula jika yang kita bangun adalah fasilitas maksiat, misalnya. Sepanjang tempat tersebut masih difungsikan, kita akan terus mendapat kiriman dosa karena kita pelopornya. Benar bahwa kita tidak turut melakukan kemaksiatan itu, namun keberadaannya disebabkan oleh usaha kita.


IBTimes.ID - Dihidupi oleh jaringan penulis dan editor yang memerlukan dukungan untuk bisa menerbitkan tulisan secara berkala. Agar kami bisa terus memproduksi artikel-artikel keislaman yang mencerahkan, silakan sisihkan sedikit donasi untuk keberlangsungan kami.

Transfer Donasi ke
Mandiri 137-00-5556665-3
A.n Litera Cahaya Bangsa

Avatar

RedaksiIB

IBTimes.ID - Kanal Moderasi Islam

Related post

2 Comments

    Avatar
  • I simply want to tell you that I am newbie to blogging and really liked this blog site. More than likely I’m going to bookmark your blog . You absolutely come with fantastic article content. Thanks for sharing with us your web-site.

  • Avatar
  • Found this on MSN and I’m happy I did. Well written article.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.