Feature

Kang Jalal: Spiritualitas dan Akhlak adalah Ajaran Inti Agama

2 Mins read

Innalillahi wainna ilaihi rajiun. Prof. Dr. Jalaluddin Rakhmat (Kang Jalal) wafat, setelah 4 hari sebelumnya istri beliau Euis Katrini menghadap Allah. Kita ikut sedih dan kehilangan cendekiawan Muslim Indonesia yang sangat berjasa bagi kajian keislaman dan keberagamaan yang terbuka di kalangan kampus dan masyarakat pada umumnya.

Secara organisasi kemasyarakatan, Kang Jalal lahir dari kelurga Nahdiyyin, lalu ikut Persatuan Islam dan Muhammadiyah. Perjalanan keagamaan dan pemikirannya menguat mengikuti Ahlul Bait, dari mendirikan Yayaasan Muthahhari di Bandung, 1992. Lalu setelah mengalami pengalaman dan pembelajarn panjang, Kang Jalal mendidikan Ikatan Jama’ah Ahlul Bayt Indonesia (IJABI) tahun 2000 dan menyuarakan taqrib al-mazhahib Islam.

Dalam banyak tulisan setelah 2000-an, ia mengutip pandangan Ahlul Bait dan Ahlussunnah, dan mencari benang merahnya. Ia tekankan pentingnya nilai kemajemukan dan persaudaraan (ukhuwwah) umat Islam, dan menyuarakan pembelaan bagi kaum minoritas yang terpinggirkan di Indonesia dan di berbagai dunia. Aktivitasnya di bidang politik juga ia niatkan untuk membela kaum yang terpinggirkan.

Akhlak di Atas Perbedaan Teologis

Dalam salah satu tulisannya, ia mengajak semua untuk tidak berpolemik tanpa ilmu soal-soal identitas dan lahiriyah keagamaan dan melupakan dimensi agama yang fundamental: akhlak. Menurutnya, biarlah perbedaan teologis dan cara syariah itu Allah yang menjadi hakimnya di akhirat nanti.

“Kita tidak boleh mengambil alih Tuhan untuk menyelesaikan perbedaan agama dengan cara apa pun, termasuk dengan fatwa”, tulisnya, diakhiri dengan kalimat wallahu a’lam bishshawwab. Tugas manusia, dengan mengutip ayat Al-Qur’an fastabiqul khairaat, adalah berlomba dalam berbuat kebajikan.

Ujiannya adalah, “seberapa banyak kita memberikan kontribusi kebaikan kepada umat manusia” tulisnya. Kontribusi ilmiah dan amaliyah Kang Jalal banyak sekali, selain tulisan dan ceramah, juga beberapa yayasan pendidikan dan sekolah untuk anak-anak miskin.

Baca Juga  Satu Abad Majelis Tarjih dan Observatorium KH Wardan Diponingrat

Spiritualitas dan Akhlak adalah Ajaran Inti Agama

Perkenalan generasi kami denga Kang Jalal, adalah melalui buku-buku Kang Jalal, selain mendengar ceramah-ceramahnya. Sebagai mahasiswa dan aktivis kampus di era 1990an, Islam Aktual (Mizan, 1994) menjadi salah satu bacaan kita selain buku-buku Cak Nur, Gus Dur, Mas Dawam, selain buku-buku lain.

Karya-karya Kang Jalal, misalnya Psikologi Komunikasi, Belajar Cerdas: Belajar Berbasiskan Otak, Dahulukan Akhlak di Atas Fiqih, Do’a Bukan Lampu Aladin, Jangan Bakar Taman Surgamu, Membuka Tirai Kegaiban: Renungan-renungan Sufistik, dan banyak lagi. Benang merah karya-karya ini: spiritualitas dan akhlak adalah ajaran inti agama.

Ketika banyak sarjana dan umum mengalamatkan agama sebagai faktor kekerasan, salah satu sebab banyak orang menjadi ateis, Kang Jalal mengajak kita tidak berbicara “agama” secara umum, tapi fokus pada aktor-aktor agama. 

Apakah aktor-aktor agama melakukan kekerasan dan mengapa? Pada dasarnya, ia tulis, “aktor agama tidak cenderung menggunakan kekerasan, seperti yang dikumandangkan oleh kaum ateis. Faktor-faktor situasional seperti dominasi orientasi dan wacana keagamaan yang eksklusifis dan perlakuan tidak adil “memaksa” aktor agama untuk memilih kekerasan. Aktor-aktor agama sebetulnya lebih mudah menjadi agen-agen perdamaian ketimbang menjadi pelaku kekerasan.” 

Kontribusi Kang Jalal telah melahirkan karya-karya di Indonesia dan internasional. Karya-karya tentang Islam Indonesia tidak akan lengkap dan kuat jika tidak mengutip pandangan dan kiprah Kang Jalal, mulai dari Prof Martin van Bruinessen, C.W. Watson, John Bowen, Chiara Formichi, Julian Millie, dan lain-lain, selain sarjana-sarjana Indonesia seperti Zulkifi, Iim Halimatusa’diyah, dan lain-lain yang riset dan menulis tentang Islam Indonesia. Karya-karya mahasiswa dan dosen Indonesia tentang kiprah Kang Jalal meliputi aspek-aspek dakwah, komunikasi, pendidikan, Sufisme, kecerdasan spiritual, dan integrasi sains dan agama.

Baca Juga  Sarang Building dan Peluang Seni-Budaya di Muhammadiyah

Wafat adalah Mudik

Bagi Kang Jalal, wafat adalah mudik ke rabbul ‘alamin. Di tahun 1994, ia menulis, “Telah kita sampaikan doa buat mereka yang telah mendahului kita; buat mereka yang telah “mudik” ke tempat asal mereka. Tahun ini, mereka telah meninggalkan kita. Tahun depan boleh jadi kita memperoleh giliran meninggalkan karib kerabat dan sahabat-sahabat kita. Hari ini kita menangisi mereka. Esok hari kita yang akan ditangisi orang. Setiap hari, maut mengepakkan sayapnya di atas kepala kita.” 

Selamat jalan Kang Jalal dan istri, selamat kembali ke Maha Pencipta, Sang Kekasih! Terima kasih kami, anak-anak muda, yang terus belajar banyak dari karya dan seluruh amal jariah Kang Jalal. Al-Fatihah.

Editor: Yahya FR

15 posts

About author
Associate Professor, Jurusan Kajian Agama, Direktur Program Studi Timur Tengah dan Islam, University of California, Riverside.
Articles
Related posts
Feature

Rakernas dan Dinamika Dunia Wakaf

4 Mins read
Jogja, Jumat 1 November 2024. Pukul 05.30 pagi dengan sebuah mobil dari Ringrud Selatan Jogja kami menuju Kartasura. Di perjalanan ikut bergabung…
Feature

Perkuat Toleransi Sejak Dini: Cerita Pesantren Muhammadiyah Terima Kunjungan SMA Kristen

2 Mins read
Kunjungan studi yang dilakukan oleh para siswa Sekolah Kanisius Jakarta ke pesantren Muhammadiyah Al-Furqon, sejak Rabu, 30/10/2024 sampai Jum’at, 1/11/2024 merupakan sebuah…
Feature

Tasawuf di Muhammadiyah (1): Lahirnya Neo-Sufisme

4 Mins read
Ketika mendiskusikan tasawuf di Muhammadiyah, maka yang dibicarakan adalah tasawuf bentuk baru atau Neo-Sufisme. Muhammadiyah sendiri—dalam hal ini tokoh-tokohnya—tidak menolak sepenuhnya tentang…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This will close in 0 seconds