Amalan-Amalan yang Dapat Dilakukan pada Malam Lailatul Qadar - IBTimes.ID
Ibadah

Amalan-Amalan yang Dapat Dilakukan pada Malam Lailatul Qadar

1 Mins read

Malam Lailatul Qadar merupakan malam diturunkannya ayat-ayat Al-Qur’an yang menjadi wahyu pertama kepada nabi Muhammad SAW.

Surah Al-Qadr ayat 1-5 merupakan wahyu pertama yang diturunkan Allah Swt kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril.

Saat itu, Nabi Muhammad Saw sedang menyepi untuk menenangkan hati di Gua Hira pada tahun 610 M. Lalu malaikat Jibril menampakkan dirinya untuk menyampaikan wahyu dari Allah Swt. Allah SWT memerintahkan Nabi Muhammad SAW melalui ayat pertama surah Al-Qadr “Iqra!” yang berarti “Bacalah!”.

Malam Lailatul Qadar ini dirahasiakan oleh Allah SWT. Namun, umat Islam meyakini bahwa malam Lailatul Qadar terjadi pada salah satu malam ganjil di 10 hari terakhir bulan Ramadhan.

Rasulullah SAW bersabda:

“Carilah malam Lailatul Qadar di (malam ganjil) pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan” H.R. Bukhari 4/255 dan Muslim 1169.

Pada 10 hari terakhir di bulan Ramadhan, umat Islam dianjurkan untuk melakukan amalan yang sebanyak-banyaknya. Karena pada malam Lailatul Qadar, dipercaya bahwa para malaikat turun ke bumi dan mengaminkan doa yang dipanjatkan oleh umat Islam di malam tersebut. Selain itu, pada malam Lailatul Qadar pahala akan dilipat gandakan oleh Allah SWT.

***

Berikut ini beberapa amalan yang dapat dilakukan pada malam ini:

  • Shalat malam

Shalat malam merupakan amalan yang paling utama pada malam Lailatul Qadar. Shalat malam yang dimaksud disini adalah shalat sunah yang dilakukan setelah shalat isya, baik itu shalat tarawih, shalat tahajud, shalat witir, dll.

  • Membaca Al-Qur’an

Amalan kedua adalah membaca Al-Qur’an. Pada 10 hari terakhir di bulan Ramadhan, hendaknya kita sempatkan untuk memperbanyak membaca Al-Qur’an. Jika pada hari-hari sebelumnya kita hanya membaca 1 juz dalam satu hari, pada 10 hari terakhir bisa diperbanyak menjadi 3 juz dalam sehari.

  • Itikaf
Baca Juga  Tuntunan Khutbah Jum'at

Itikaf merupakan berdiam diri di masjid untuk tujuan beribadah. Itikaf dilakukan untuk menjernihkan hati dnegan bermuraqabah kepada Allah SWT, dan memfokuskan diri dan berkonsentrasi untuk beribadah kepada Allah SWT. Di masa pandemi ini, kita bisa mengganti itikaf dengan amalan-amalan lain yang dapat dilakukan di rumah. Namun, jika tetap ingin melakukan itikaf di masjid hendaknya tetap menerapkan protokol kesehatan yang berlaku.

  • Amalan-amalan lainnya

Selain ketiga amalan yang telah disebutkan diatas, kita bisa melakukan amalan-amalan soleh lainnya seperti bersedekah, berpuasa, berdoa, dan amalan soleh lainnya.

Malam Lailatul Qadar ini sangat istimewa bagi umat muslim dan merupakan malam yang lebih baik dari seribulan bulan. Perbanyaklah ibadah di 10 malam terakhir di bulan ramadhan ini, mengingat malam ini hanya satu kali dalam setahun dan belum tentu kita dapat bertemu dengan bulan Ramadhan lagi di tahun depan.

Editor: Yahya FR

Nurul Fauziyah
2 posts

About author
Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Articles
Related posts
Ibadah

Enam Fakta Unik Ramadhan di Hadhramaut

2 Mins read
Ramadhan merupakan momen spesial bagi umat Islam, maka dari itu berbagai cara unik digunakan untuk mengisi dan merayakannya. Hal tersebut juga berlaku…
Ibadah

Mengapa Doa dan Dzikir Dianjurkan dalam Islam?

3 Mins read
Ibadah adalah Rasa Syukur Ibadah merupakan salah satu bentuk rasa syukur kita sebagai hamba kepada Allah atas segala nikmat yang telah diberikan-Nya….
Ibadah

Kiat Menyambut 10 Hari Terakhir Ramadhan

4 Mins read
10 Hari Terakhir di Bulan Ramadhan Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh dengan keistimewaan dan keberkahan. Bulan ini dapat diibaratkan kebun atau…

Tinggalkan Balasan