Menerbitkan 10 Buku Sekaligus, Prodi Ilkom UMM Pecahkan Rekor

 Menerbitkan 10 Buku Sekaligus, Prodi Ilkom UMM Pecahkan Rekor
Sumber Foto: Hasnan Bachtiar            

IBTimes.ID-Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) memecahkan rekor. Sebab membikin 10 buku dalam sekali terbit.

Menerbitkan Buku Sebagai Tugas Akhir Kuliah

Kesepuluh buku itu merupakan proyek tugas akhir dari mata kuliah Media dan Masyarakat yang diampu dosen Ilmu Komunikasi, Nurudin, MSi. Itu karena, setiap mengawali perkuliahan, Nurudin selalu menawarkan kepada mahasiswa yang diajarnya untuk membuat proyek kepenulisan.

Hal itu tidak melulu menerbitkan buku. Tradisi literasi ini sudah dimulainya sejak tahun 2009. “Pokoknya harus ada publikasi. Kuliah jalan, nilai didapat, publikasi kampus juga ada. Pulang tidak hanya membawa ijasah tetapi juga kenang-kenangan buku,” terang Nurudin via daring, Senin (15/6/2020).

Menerbitkan Buku atau Kuliah Biasa: Sebuah Pilihan Demokratis

Tahun 2020 ini, dosen yang dikenal sebagai provokator menulis ini memberikan opsi menulis buku atau kuliah biasa saja. Empat kelas yang dia ampu memilih membuat buku, sementara sisanya memilih kuliah biasa. “Karena pandemi COVID-19, yang milih kuliah biasa saya sarankan tugas UAS-nya menulis di media. Boleh media cetak, online, atau paling ringan nulis di blog,” kata dosen yang telah menerbitkan puluhan buku ini.

Penentuan tugas akhir apa yang diambil pun dilakukan secara demokratis. Dimusyawarahkan oleh seluruh mahasiswanya di kelas. Kemudian mereka voting, lewat Line atau langsung memutuskan di kelas. “Saat memilih buku tentu saya, kan, harus memenuhi keinginan mereka. Lagian, itu sesuatu yang sangat baru bagi mereka. Ternyata mereka antusias dan bisa menulis,” ungkap Nurudin, Senin (15/6) siang.

“Ternyata setelah mereka menulis dan diterbitkan jadi kecanduan. Yang nulis buku semangat ingin nulis lagi. Yang tugas nulis di media ingin juga menulis lagi. Setidaknya data ini saya dapatkan dari komentar mereka saat saya tanya bagaimana kesan setelah membuat tulisan,” ungkap mantan Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi UMM yang baru-baru ini kembali menerbitkan buku berjudul Agama Saya adalah Uang.

Karya Sebagai Hasil Konkrit

Menerbitkan tulisan punya tempat tersendiri bagi Nurudin. Dengan menulis lantas menerbitkanya, justru punya hasil yang konkrit yakni karya. “Kalau tidak untuk apa? Paling naskah tulis itu dikumpulkan ke dosen, selesai. Kalau menerbitkan buku, kan ada manfaatnya. Lalu setelah mereka menulis di media, saya minta untuk mention akun twitter saya dan Prodi komunikasi UMM. Tugas saya me-retweetnya,” ujar Nurudin.

Sejak tradisi literasi ini pertama kali digulirkan pada tahun 2009, jumlah buku yang diterbitkan beragam. “Tidak tentu karena harus saya polling dulu saat pertama kali masuk kelas. Tahun 2019, ada 10 buku. Ini prestasi paling banyak jika dilihat dari jumlah judul. Tahun 2020 ada 9 judul buku. Juga artikel mahasiswa 3 kelas. Jika rata-rata, per kelas 50 orang akan ada publikasi 150 judul tulisan di media,” ungkap Nurudin.

Motivasi untuk Menulis

Dari segi kualitas tulisan, Nurudin tak begitu mempermasalahkannya. Ia selalu mengapresiasi setiap mahasiswanya yang berani memulai memiliki karya. Dalam bentuk apapun. “Menurut saya tulisannya bagus. Tentu dengan kemampuan mereka sebagai mahasiswa. Tentu saya tidak bisa memakai tolok ukur diri saya sendiri. Produk mahasiswa dan dosen itu kan karya? Menulis buku salah satunya,” tegas Nurudin.

Karya terbaik menurutnya terbitan awal, yakni tahun 2009. “Merintisnya waktu itu susah sekali. Saya serahkan ke mahasiswa untuk diterbitkan. Nggak jalan. Akhirnya saya harus naik bis waktu itu ke Yogyakarta untuk mencari penerbit. Setelah diterbitkan, akhirnya bisa di-launching. Launching itu banyak diliput media. Setelah itu, memotivasi mahasiswa menulis buku lebih mudah karena sudah ada contohnya,” lanjutnya.

Lebih jauh, memotivasi mahasiswanya untuk menulis akan terus dilakukannya. “Mungkin ini yang bisa saya lakukan. Minimal memaksimalkan kemampuan diri saya karena punya keahlian menulis. Sudah saatnya saya memberikan atmosfer menulis di tempat saya bekerja. Buku memang bukan pilihan satu-satunya. Tetapi sivitas akademika dituntut untuk punya karya, buku hanya salah satu pilihan,” tandasnya.

Reporter: Hasnan Bachtiar
Editor: Yahya FR

IBTimes.ID - Dihidupi oleh jaringan penulis dan editor yang memerlukan dukungan untuk bisa menerbitkan tulisan secara berkala. Agar kami bisa terus memproduksi artikel-artikel keislaman yang mencerahkan, silakan sisihkan sedikit donasi untuk keberlangsungan kami.

Transfer Donasi ke
Mandiri 137-00-5556665-3
A.n Litera Cahaya Bangsa

Avatar

RedaksiIB

IBTimes.ID - Kanal Moderasi Islam

Related post

10 Comments

    Avatar
  • What’s Happening i’m new to this, I stumbled
    upon this I’ve discovered It absolutely helpful and it has helped me
    out loads. I’m hoping to give a contribution & help different customers like its helped
    me. Good job.

  • Avatar
  • I just want to say I am just all new to blogging and site-building and really savored you’re blog. Likely I’m want to bookmark your blog . You amazingly have impressive articles and reviews. Bless you for revealing your blog site.

  • Avatar
  • Hello! I could have sworn I’ve been to this blog before but after browsing through some of the
    articles I realized it’s new to me. Regardless, I’m certainly happy I
    came across it and I’ll be book-marking it and
    checking back regularly!

  • Avatar
  • Asking questions are genuinely fastidious thing if you are
    not understanding anything completely, however this article gives good understanding even.

    Feel free to surf to my homepage – 먹튀

  • Avatar
  • Hi there, this weekend is good in favor of me, as this occasion i am reading this enormous educational
    paragraph here at my residence.

  • Avatar
  • I don’t know if it’s just me or if perhaps everyone else experiencing problems with your site.
    It appears like some of the written text in your posts are running off the
    screen. Can somebody else please comment and let me know if this is
    happening to them as well? This might be a
    problem with my browser because I’ve had this happen before.
    Many thanks

  • Avatar
  • Great delivery. Outstanding arguments. Keep up the
    good effort.

    my web site: 토토사이트

  • Avatar
  • Do you have any video of that? I’d want to find out more details.

    my blog 메이저사이트

  • Avatar
  • There are some intriguing moments in this write-up but I don?t know if I see every one of them center to heart. There is some legitimacy but I will take hold opinion till I check into it even more. Good short article, thanks as well as we desire more! Included in FeedBurner as well

  • Avatar
  • Simply a smiling visitor here to share the love (:, btw outstanding design . “Audacity, more audacity and always audacity.” by Georges Jacques Danton.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.