Review

Post Khilafah dan Post Humanity

2 Mins read

Siapa sangka, teknologi gadget telah mengubah peta dunia dalam satu genggaman—dunia dalam satu perintah, dua kata yang sangat sakral, bukan sabda dari kitab suci, tapi kata : ‘terpasang’ dan ‘terhubung.’ Pada era inilah ‘khilafah’ diuji dan dipertaruhkan.

Dunia Baru

Dua jenis perkembangan sains dan teknologi—rekayasa genetik, biologi-quantum; dan teknologi-nano—diyakini telah menciptakan lompatan revolusioner berskala peradaban, sehingga memungkinkan tubuh manusia dan lingkungan-dunianya diredesain. Teknologi-teknologi mutakhir itu diyakini bisa membuat manusia mencapai umur ratusan hingga ribuan tahun, bahkan selama-lamanya. Di sebuah dunia baru yang juga akan didesain ulang oleh teknologi.

Buku-buku sains populer mutakhir sangat optimistik menceritakan bagaimana ‘kecerdasan buatan’ (AI, artificial intelligence) memungkinkan dunia sepenuhnya dikuasai komputer. Diperkirakan tinggal beberapa puluh tahun saja lagi percepatan perkembangan teknologi akan mencapai titik singularitas. Fase ketika jagad raya bisa dikontrol sepenuhnya oleh manusia-komputer yang sangat cerdas dan sudah menjadi imortal. Jenis manusia dengan kecerdasan-komputer itulah yang bakal menguasai dan mengatur jagad raya. Itulah yang disebut zaman ‘pasca-manusia.’

Digagas dan dipopulerkan oleh Ray Kurzweil, seorang utopianis yang meyakini bahwa titik singularitas itu akan terjadi pada tahun 2045. Manusia mampu melewati titik singularitas akan memperoleh manfaat sains dan teknologi untuk hidup abadi dengan tubuh yang tak tersentuh kematian—dikutip dari AE Priyono.

Jika khilafah dimaknai sebagai satunya tatanan, satunya perintah, New Order yang disebut ‘Kerajaan Tuhan’ tidak mengenal batas wilayah dan ruang, maka sesunguhnya sains pun juga sedang menyiapkan datangnya ‘khilafah artificial intelligence’ dengan bentuk dan perangkat yang berbeda.

Khilafah mendesakkan tegaknya seperangkat aturan yang disebut syariat dalam satu perinta—yang ‘terpasang’ dan ‘terhubung’ sehingga semua makhkuk di bumi mentaati syariat itu tanpa kecuali—yang berbeda mungkin saja adalah pada ‘konten.’ Perintah-perintah itu diisi apa dan oleh siapa yang berhak dan berkewenangan mengisi sebagai otoritas mutlak (absolut-order).

Baca Juga  Bukan AAC atau KCB, The Alchemist Bisa Memotivasi Kamu untuk Studi ke Mesir

Lantas, bagaimana dengan masa depan kemanusian itu? Apakah klaim semacam itu cukup meyakinkan? Banyak orang yang menilai, diskursus Kurzweilian sesungguhnya didasarkan pada ideologi ‘anti-manusia.’

Tantangan Khilafah

Khilafah dalam tantangan besar—bukan hanya karena diperdebatkan secara internal, tapi juga perlawanan sains eskatologi humanitas. Tapi di situlah menariknya. Bukankah manusia ditakdirkan untuk ‘menunggu.’ ‘Menunggu.’ Dan ‘menunggu’ itu selalu misteri—termasuk menunggu datangnya mati. Juga menunggu datangnya Imam Mahdi yang memimpin khilafah, atau menunggu datangnya kiamat.

Sikap oposisional yang keras terhadap diskursus Kurzwelian ini dikemukakan antara lain oleh Charles T. Rubin dalam bukunya, Eclipse of Man. Ironisnya, manusia suka pada rentang itu. Diana Schaub menilai, aspirasi radikal tentang ‘trans-humanisme’ ala Kurzweil untuk menciptakan masa depan dunia yang ‘beyond-human,’ adalah sebuah gagasan nihilistik untuk mempercepat kepunahan manusia.

Lantas, di manakah gagasan khilafah tegak?

Editor: Arif & Nabhan

Related posts
Review

Kumandang Dakwah Sang Pembaharu dari Paciran: Kiai Muhammad Ridlwan Syarqawi

3 Mins read
Muhammadiyah dikenal sebagai gerakan pembaharu (tajdid) sekaligus pemurnian akidah Islam. Sejak awal berdirinya di Yogyakarta, Kiai Ahmad Dahlan telah menancapkan pakem kokoh…
Review

Memahami Teks, Menyadari Konteks: Review Buku Interaksi Islam Karya Mun'im Sirry

5 Mins read
Buku ini, Interaksi Islam, karya terbaru Prof. Mun’im Sirry, mengusung tiga tema besar: Pertama, penelusuran aktivitas relasi antaragama di masa awal Islam,…
Review

Belajar Kehidupan dari Dilarang Mencintai Bunga-Bunga Karya Kuntowijoyo

4 Mins read
“Membaca karya Kuntowijoyo ini pembaca akan merasakan bagaimana sensasi imajinasi yang membuat pikiran merasa tidak nyaman.” (Buku Cerpen Dilarang Mencintai Bunga-Bunga, Kuntowijoyo)…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This will close in 0 seconds