Temui Jokowi, Muhammadiyah Minta Tunda UU Cipta Kerja -
News

Temui Jokowi, Muhammadiyah Minta Tunda UU Cipta Kerja

1 Mins read

IBTimes.ID – Pada hari Rabu (21/10) siang, Pimpinan Pusat Muhammadiyah bertemu dengan Presiden Joko Widodo. Hadir dalam pertemuan ini Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir; Sekretaris Umum, Abdul Mu’ti; dan Ketua Majelis Hukum & HAM, Sutrisno Raharjo. Sementara Presiden Joko Widodo didampingi oleh Mensesneg, Pratikno dan Menko Perekonomian, Airlangga Hartanto.

Dalam pertemuan ini PP Muhammadiyah mengusulkan agar Presiden Jokowi menunda pelaksanaan UU Cipta Kerja yang belakangan mendapatkan penolakan dari berbagai lapisan masyarakat. Masukan ini dimaksudkan untuk menciptakan situasi yang tenang.

Menurut keterangan Mu’ti, Presiden Jokowi menjelaskan secara panjang lebar terkait latar belakang, materi, dan peran strategis dalam rangka peningkatan ekonomi di Indonesia.

“Presiden juga menegaskan sikap dan pandangan terkait banyaknya kritik dari masyarakat. Terhadap kritik tersebut Presiden menegaskan posisinya yang tidak akan menerbitkan Perppu, tetapi membuka diri terhadap masukan dari berbagai pihak, termasuk kemungkinan merevisi materi UU Cipta Kerja yang bermasalah,” ujar Mu’ti melalui pesan tertulis.

Mu’ti menyebut bahwa Presiden mengakui komunikasi politik antara pemerintah dengan masyarakat terkait UU Cipta Kerja memang kurang baik dan perlu diperbaiki.

Mu’ti juga menjelaskan bahwa Haedar mengapresiasi sikap Presiden dan keterbukaan berdialog dengan PP Muhammadiyah dan berbagai elemen masyarakat. Dalam hal ini PP Muhammadiyah menyampaikan catatan dan masukan tertulis yang diserahkan kepada Presiden.

“Di Indonesia terdapat beberapa UU yang ditunda pelaksanaannya karena berbagai alasan misalnya kesiapan, penolakan dari masyarakat, dan sebagainya. Terhadap masukan tersebut Presiden menyatakan akan mengkaji dengan seksama,” tutup Mu’ti.

Reporter: Yusuf

Baca Juga  Mendikbud Nadiem Mencederai Pendidikan Indonesia?
Redaksi
93 posts

About author
IBTimes.ID - Kanal Moderasi Islam. Sebuah media online yang berprinsip pada wasathiyah Islam dengan memadukan doktrin keislaman, perkembangan sains mutakhir, dan nilai keindonesiaan.
Articles
    Related posts
    News

    Profil KH. Miftachul Akhyar dan Struktur Lengkap MUI 2020-2025

    2 Mins read
    Kiai Haji Miftachul Akhyar terpilih sebagai Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) pada Musyawarah Nasional (Munas) X. Munas ini dilaksanakan Rabu –…
    News

    #TerimakasihMuhammadiyah Trending No. 1 Twitter, Ada Apa?

    1 Mins read
    IBTimes.ID — Trending Topics Indonesia di media sosial Twitter dipuncaki oleh tagar #TerimakasihMuhammadiyah sejak pukul 10.50 WIB dan ketika berita ini dimuat…
    News

    Tarjih Award Semarakkan Munas Tarjih Muhammadiyah XXXI

    1 Mins read
    IBTimes.ID-Tanggal 14 November 2020, Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengadakan sarasehan dan diskusi online bertajuk “Diseminasi Materi Munas Tarjih Muhammadiyah…

    Tinggalkan Balasan